Manfaat Buah Matoa Untuk Tubuh

Buah matoa adalah jenis tanaman yang memiliki pokok yang tingginya bisa mencapai 18 dengan diameter batang bisa mencapai 100 cm. Pada umumnya, jenis tanaman ini hanya bisa berbuah sekali dalam setahun.

Manfaat Buah Matoa Untuk Tubuh

Asal Buah Matoa


Tanaman matoa ini adalah tanaman buah khas dari Papua Barat. Tanaman yang memiliki nama latin Pometia Pinnata ini memiliki sangat terkenal. Di daerah Papua, tanaman jenis ini di kenal dengan 2 macam jenis, yaitu matoa Papeda dan matoa kelapa.

Untuk membedakan tanaman ini bisa di lihat dari bentuk buahnya. Matoa Papeda bisa kita lihat dari bentuk daging buahnya, yaitu memiliki daging buah yang agak sedikit lembut dan lengket. Sendangkan matoa kelapa bisa kita lihat dari bentuk daging buahnya yang sedikit kenyal. Hal ini yang dapat membedakan keduan jenis matoa terssebut.

Selain dari keunikannya, buah matoa ini juga memiliki banyak kandungan Vitamin, seperti Vitamin C, Vitamin E, dan lain sebagainya. Seihingga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk yang kita ketahui, tumbuahan mato ini termasuk kedalam jenis buah-buahan yang memiliki bau yang enak dan wangi serta rasa yang manis

Manfaat Buah Matoa Untuk Kesehatan


Seperti yang sudah di jelaskan di atas, buah matoa ini banyak mengandung Vitamin yang sangat baik untuk tubuh, selain itu buah matoa ini juga di percaya dapat memberikan manfaat untuk mengatasi berbagai macam jenis keluhan terhadap penyakit. Adapun manfaatnya sebagai berikut :

  • Dapat Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Gaya serta pola hidup yang kurang sehat seperti mengkonsumsi minuman yang berakhol serta mengkonsumsi makanan yang berkolestrol tinggi dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit jantung. Untuk dapat mencegah hal ini terjadi, kita bisa mengkonsumsi buah mato ini sebagai makanan ringan sehari-hari.
Baca juga : Cara Menjaga dan Merawat Jantung Dengan Baik

  • Dapat Meningkatkan Stamina

Bagi kita yang sering beraktifitas yang umumnya menguras energi, salah satu jenis makanan ringan yang bisa mengembalikan tubuh kita tetap segar adalah dengan mengkonsumsi buah matoa ini. Karena buah matoa ini sangat baik untuk dapat memberikan energi pada tubuh yang sudah kelelahan.

  • Sebagai Sumber Antioksidan Alami

Dengan kayanya kandungan anntioksidan yang terdapat pada buah matoa ini, bisa kita jadikan sumber asupan antioksidan yang alami bagi tubuh. Daripada kita mengkonsumsi suplemen antioksidan yang ada di pasaran yang belum kita ketahui kulitasnya, lebih baik kita mengkonsumsi buah matoa ini yang sudah jelas dengan manfaatnya, selain itu hal ini juga alami.

  • Baik Untuk Kesehatan Kulit

Untuk menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari ancaman polusi yang terjadi di sekitar kita, bisa dengan mengkonsumsi buah mato ini. Karena kandungan yang terdapat di dalam buah matoa dapat membantu regenerasi kulit, sehingga sel kulit mati dapat segera tergantikan dengan sel kulit yang baru.
Baca juga : 4 Tanda Gangguan Kulit Pada Wanita

  • Dapat Mencegah Perkembangan Radikal Rebas

Kandungan antioksidan yang terdapat pada buah matoa ini dapat bermanfaat untuk membantu serta menghambat perkembangan radikal bebas di dalam tubuh.

  • Dapat Melancarkan Pencernaan

Buah matoa juga sudah sejak lama di percaya dapat membantu untuk melancarkan pencernaan. Dengan mengkonsumsi buah matoa dapat memberikan efek untuk membantu membuang zat sisa makanan, penyerapan sari makanan, serta dapat memberikan asupan nutrisi yang maksimal.

  • Dapat Mengatasi Stress

Buah matoa juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengatasi stress, karena buah matoa ini di percaya tidak hanya untuk kesehatan Fisik saja, akan tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan mental

  • Dapat Menjadikan Kulit Lebih Kenyal

Kandungan Vitamin E yang terdapat pada matoa dapat memberikan kelembapan serta dapat menjadikan kulit lebih kenyal. Kerena hal ini di bantu oleh kemampuan dari Vitamin E untuk bisa menjaga kadar cairan pada kulit sehingga kulit selalu kelihatan awet muda.

  • Dapat Mencerahkan kulit

Kulit yang terlihat kusam karena polusi yang tidak baik di sekitar kita sudah tentu dapat mangganggu penampilan kita. Nah, untuk dapat mengembalikan kulit agar kelihatan cerah, dapat kita atasi dengan manfaat buah matoa ini.

  • Mempercepat Penyembuhan Luka

Mengkonsumsi buah matoa juga dapat memberikan manfaat untuk mempercepat penyembuahan terhadap luka. Hal ini karena buah matoa memiliki efek yang sangat baik untuk bisa membuat luka cepat kering dan sembuh.

Sebagai Tambahan baca juga : Cara Mengatasi Kanker Dengan Makanan Alami

Dari penjelasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa buah matoa benar-benar sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Untuk itu sering-seringlah mengkonsumsi buah matoa ini.

Tapi yang perlu kita ingat adalah, jangan terlalu berlebihan untuk mengkonsumsi buah matoa ini, karena buah matoa juga memiliki efek samping. Adapun efek samping dari buah matoa ini adalah dapat membuat kita merasa pusing dan mabuk. Untuk sementara ini hanya itu saja efek samping yang bisa kita ketahui. Semoga ini memberikan manfaat bagi teman-teman…

Postingan terkait:

"Manfaat Buah Matoa Untuk Tubuh "

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.