Manfaat Daun Sirsak Untuk Mengatasi Macam Jenis Penyakit

Sirsak adalah jenis tumbuhan yang berasal dari negara luar seperti di Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di Indonesia Sirsak ini di kenal dengan berbagai sebutan berdasarkan area masing-masing. Sirsak ini di datangkan oleh pemerintah Kolonial Hindia Belanda ke Nusantara, yaitu sekitar pada abad ke-19.

Sirsak juga tumbuhan yang memiliki pokok bisa mencapai ketinggian 9 meter. Sedangkan di Indonesia tumbuhan sirsak ini bisa tumbuh dengan sangat baik pada ketinggian 1000 meter dari permukaan laut.

Selain itu, buah sirsak ini juga memiliki ukuran yang cukup besar hingga bisa mencapai 20-30 CM dengan memiliki berat bisa 2,5 Kg. Buah Sirsak ini bisanya banyak yang mengkonsumsinya secara langsung, ada juga yang mengolahnya menjadi jus, dan lain sebagainya. Akan tetapi selain dari buahnya yang sangat baik untuk kesehatan, daun dari tumbuhan sirsak ini juga tak kalah hebatnya untuk kesehatan.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan


Di Indonesia, manfaat dari daun sirsak ini sudah sangat terkenal, terutama sejak di lakukan penelitian terhadap daun sirsak dan sudah terbuktikan bahwa daun sirsak ini dapat mengatasi penyakit yang berbahaya, seperti salah satu contoh penyakit kanker. Selain itu, manfaat dari daun sirsak ini juga memiliki banyak manfaat yang katanya bisa mengatasi berbagai macam jenis penyakit. Adapun diantaranya sebagai berikut :

  • Dapat Mengatasi Diabetes

Adapun nutrisi ataupun kandungan yang terdapat di dalam daun sirsak, telah di yakini dapat memberikan atau dapat menstabilkan kadar gula darah dalam kisaran normal. Selain daripada itu, ekstak dari daun sirsak ini juga dapat di gunakan sebagai salah satu solusi obat herbal yang dapat mengatasi penyakit diabetes secara alami.

Baca juga :

  • Dapat Melawan Kanker

Manfaat yang paling sering di akui keampuhannya adalah dapat mengatasi atau menghambat sel kanker serta dapat menyembuhkan kanker lebih cepat dan efektif daripada kemotrapi. Hal ini telah di buktikan oleh penelitian bahwa sirsak memiliki bahan aktif yang 10.000 x lebih kuat dari kemotrapi untuk melawan sel-sel kanker. Dengan demikian, daun sirsak di percaya dapat mengobati berbagai jenis kanker termasu kanker prostat, kanker payudara, dan kanker paru-paru.
Baca juga :


Pada saat sekarang ini, banyak orang-orang mengkonsusmi daun sirsak sebagai obat-obatan alternatif untuk mengatasi penyakit Asa Urat yang katanya banyak menyerang orang-orang Indonesia. Di dalam hal ini juga, para masyarakat Indonesia banyak meyakini bahwa daun sirsak sangat efektif dalam mengatasi penyakit Asam urat.
Baca juga : Makanan Yang Tidak Baik Untuk Penderita Asam Urat 

  • Dapat Mengatasi Sakit Di Bagian Punggung

Sakit pada bagian punggung sering kali kita alami, terutama ketika saat olahraga serta dengan bertambahnya usia. Hal ini sudah menjadi salah satu penyakit yang sering di alami oleh orang-orang. Untuk dapat mengatasi hal yang demikian, kita bisa mengkonsumsi obat herbal dari daun sirsak ini, karena banyak yang sudah membuktikan bahwa ramuan dari daun sirsak ini sangat baik untuk mengatasi masalah tersebut.

  • Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan Nutrisi yang terdapat pada daun sirsak ini telah di yakini dapat memberikan peningkatan sistem kekebalan tubuh dan sekaligus berfungsi untuk menghindari seranga dari infeksi dalam tubuh. Maka dari itu mengkosumsi herbal dari daun sirsak ini sudah terkenal di seluruh penjuru Indonesia.

Nah bagi Anda yang ingin mengguankan daun sirsak sebagai obat herbal, hal ini bisa anda lakukan untuk mengolah daun sirsak tersebut. Adapun caranya bisaka kita lakukan dengan cara sebagai berikut :

Cara Mengolah Daun Sirsak


Untuk mengolah daun sirsak menjadi teh herbal, kita bisa menggunakan daun segar yang baru diambil, datau bisa juga dengan daunnya yang sudah kering yang sebelumnya sudah kita jemur selama 3 hari. Untuk cara mengolahnya yaitu, dengan merebus daun sirsak sampai air rebusannya berubah warna menjadi kecoklatan. Sedangkan untuk mengkonsumsinya, tinggal menambah bahan pemanis seperti gula batu atau madu dengan takaran yang sesuai dengan selera kita masing-masing.

Menurut dari penelitian dari hasil studinya mengungkapkan bahwa manfaat dari daun sirsak bagi kesehatan terbukti ampuh membunuh sel kanker serta menyembuhkan berbagai macam penyakit ganas lainnya yakni seperti kista, diabetes dan lain-lain seperti yang sudah di jelaskan diatas.

Efek Samping Daun Sirsak


Daun sirsak memang sangat baik untuk di jadikan obat herbal alami untuk kesehatan, namun di sisi lain ternyata daun sirsak ini juga memiliki efek samping yang katanya juga berbahya bagi kesehatan. Di dalah hal ini ada beberapa resiko dari pemakaian obat dari daun sirsak ini, diantaranya yaitu :

  • Gangguan Terhadap Asam Lambung

Kandungan senyawa yang terdapat di dalam duan sirsak ternyata memiliki efek terhadap asam lambung yang bisa membuat asam lambung menjadi naik hingga ke-kerongkongkan.

  • Dehidrasi

Mengkonsumsi ramuan dari daun sirsak ini juga memiliki efek yang bisa menyebabkan tubuh mengalami kekurangan cairan, sehingga dapat membuat kita merasa lemah bahkan bisa pingsan.

  • Merasa Tubuh Tidak Nyaman

Efek yang sering terjadi ketika mengkonsumsi teh rebusan dari daun sirsak ini juga bisa menyebabkan panas tubuh yang berlebihan. Kondisi yang seperti ini di sebabkan oleh senyawa yang terdapat di dalam daun sirsak banyak merubah proses metabolisme tubuh.

  • Sembelit

Mengkonsumsi ramuan teh herbal dari daun sirsak juga dapat menyebabkan terjadinya sembelit. Hal ini di sebabkan oleh senyawa yang terdapat didalam daun sirsak banyak mempengaruhi lendir pada usus, sehingga ussu tidak dapat menyerap sari makanan dengan baik.
  • Rasa Sakit Otot dan Sendi
  • Gangguan Fungsi Ginjal
  • Gangguan Fungsi Hati
  • Memperburuk Komplikasi Penyakit

Mengkonsumsi air dari rebusan daun sirsak yang berlebisah juga dapat menyebabkan gangguan terhadap metabolisme tubuh. Hal yang seperti ini sudah tentu dapat mempengaruhi berbagai enzim dan hormon yang sehrusnya bekerja dengan baik

Diketahui bahwa efek samping dari daun sirsak ini katanya bisa berbeda-beda pada tiap-tiap orang, bahkan ada juga yang merasakan efeknya dan bisa sembuh. Jadi tiap-tiap orang bisa menerima dampak yang berbeda. Untu itu sebelum mengkonsumsi ramuan dari daun sirsak ini, sebaiknya bagi Anda mengkosultasikannya dulu kepada dokter atau kepada orang yang ahlinya, agar supaya tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Itulah beberapa tentang daun sirsak untuk kesehatan tubuh, semoga ini bisa menjadi manfaat dan pembelajaran bagi Anda.

Postingan terkait:

"Manfaat Daun Sirsak Untuk Mengatasi Macam Jenis Penyakit"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.