Sunnah Yang Dianjurkan Rasulullah Pada Hari Jumat

Didalam agama Islam, hari Jumat ialah merupakan salah satu hari besar. Di hari ini juga para kaum laki-laki sholat dzuhur yang 4 rakaat di ganti dengan sholat Jumat yang 2 rakaat dan di sertai dengan mendengarkan khotbah. Selain itu, ada juga manfaat yang bisa kita lakukan di hari Jumat ini, baik itu laki-laki maupun perempuan. Adapun manfaat yang bisa kita lakukan sesuai dengan yang di anjurkan oleh Rasulullah adalah sebagai berikut :

Memperbanyak Shalawat Nabi


Rasulullah SAW bersabda :
“sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyakanlah sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan ditujukan kepadaku,”

para sahabatpun berkata : “Bagaimana di tunjukan kepadamu sedangkaan engkau telah menjadi tanah?”

Nabi bersabda : “Sesungguhnya Allah mengharamkan bum untuk memakan jasad para Nabi.” ( Shohih. HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An-Nasai )
Nah, untuk itu jikalau ada waktu yang senggang, maka perbanyakanlah bersholawat kepada Nabi, baik itu laki-laki maupun perempuan.

Mandi Jumat


Rasulullah SAW bersabda :
“Barang siapa yang berwudhu pada hari Jumat maka itu baik, dan barang siapa yang mandi pada hari Jumat maka mandi itu yang lebih utama. “ ( HR. Abu Daud No. 354, At-Tirmizi No. 497, An-Nasai No. 1363, dan dinyakan shahih oleh Al-Albani dalam Shahih Al-jami )

Dari Abdullah bi Umar Rasghiallahu ‘anhu bahwa,
Rasulullah SAW bersabda :
“Jika salah seorang di antara kalian mendatangi sholat Jumat maka hendaknya dia mandi.” ( HR. Al-Bukhari No. 877 dan Muslim No.844 ).

Memakai Minyak Wangi


Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya . “Barang siapa yang mandi pada hari Jumat dan bersuci dengan semampunya, lalu dia memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke Masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu dia sholat sesuai dengan apa yang telah di tentukan baginya dan ketika khatib memulai khotbah, dia diam dan mendengarkannya, maka akan di ampuni dosanya mulai dari Jumat ini sampai Jumat berikutnya.” ( HR. Bukhari dan Muslim ).

Melakukan Sholat Sunnah


Abu Huroiroh Radhiallahu ‘anhu mengatakan bahwa, Nabi Muhammad SAW bersabda :

“Barang siapa yang mandi kemudian datang sholat Jumat, lalu dia sholat Sunnah semampunya dan dia diam mendengarkan khotbah hingga selesai, kemudian sholat bersama imam maka akan di ampuni dosanya mulai jumat ini sampai dengan jumat berikutnya di tambah tiga hari.” ( HR. Muslim ).

Duduk Dengan Tidak Memegang Lutut


“Sahl bin Muad bin Anas mengatakan bahwa Rasulullah SAW melarang Al Habwah ( Duduk Sambil Memegang Lutut) pada saat sholat Jumat ketika Khatib sedang berkhotbah.” (Hasan. HR. Abu Dawud, Tirmidzi).

Duduk dengan memegang lutut juga mencirikan seseorang itu memiliki sikap pemalas dan pesimis dalam menghadapi hari.

Membaca Surat Al-Kahfi


Nabi SAW bersabda yang artinya :
“ Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka Allah akan meneranginya di antara dua Jumat.” ( HR. Imam Hakim dalam Mustadrok, dan beliauu menshahihkannya ).

Itulah sedikitulasan tentang  Sunnah yang di anjurkan Nabi Pada hari Jumat, mungkin masih ada banyak lagi sunnah yang lainnya yang belom saya sebutkan. Kalau ada dari teman-teman yang ingin menambahkannya, silah tambah di kolom komentar yang ada di bawah. Semoga ini memberikan manfaat bagi kita semua. Amin…

Postingan terkait:

"Sunnah Yang Dianjurkan Rasulullah Pada Hari Jumat "

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.