Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Alami

Temulawak sudah lama diketahui sebagai bahan obat tradisional asli di Indonesia. Sejak dari zaman nenek moyang , temulawak ini sudah dikenal memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai macam jenis penyakit.Temulawak juga merupakan salah satu tanaman yang berbentuk akar dan memiliki batang di bawah tanah ( Rimpang ). Temu lawak ini biasanya hidup di daerah yang memiliki ketinggian 5-750 meter di atas permukaan laut.

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Alami
Manfaat temu lawak sebagai tanaman herbal tradisional, tentunya tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Biasanya, bagian yang sering dimanfaatkan oleh orang-orang yaitu akarnya yang berada di dalam tanah ( Rimpang ).  Batang inilah yang di olah menjadi obat herbal tradisional yang memiliki segudang manfaat.

Sebelum kita beralih kepada pembahasan apa saja manfaat yang di miliki temulawak ini untuk kesehatan, ada lebih baik kita bahas dulu tentang kandungan apa saja yang terdapat pada temulawak ini. Karena tanaman yang memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza ini di ketahui banyak memiliki kandungan senyawa kimia. Adapun kandungannya sebagai berikut :

  • Fellandrean
  • Turmerol
  • Minyak atsiri
  • Kamfer
  • Glukosida
  • Foluymetik karbinol
  • Kurkuminoid terdiri atas kurkumin dan desmetoksikurkumin.

Itu adalah beberapa kandungan senyawa yang terdapat pada temulawak yang memiliki manfaat mampu menetralkan racun, meningkatkan sekresi empedu, menghilangkan rasa nyeri sendi, anti bakteri, menurunkan kadar kolestrol, dan sebagai antioksidan.

Adapun manfaat yang bisa kita dapatkan dari temulawak untuk sebagai obat herbal tradisional yang dapat mengatasi berbagai macam jenis penyakit adalah sebagai berikut :

Manfaat Temulawak Untuk kesehatan


Temulawak Dapat mengurangi radang sendi

Temulawak Dapat menjaga kesehatan hati

Temulawak Dapat Menurunkan lemak darah

Temulawak Dapat Mengatasi penyakit maag

Temulawak Dapat Melancarkan pencernaan

Temulawak Dapat Menyehatkan jantung

Temulawak Dapat Mengatasi kanker

Temulawak Dapat Mengatasi gangguan ginjal

Temulawak Dapat Menyembuhkan bisul


Untuk mengatasi atau menyebuhkan bisul dengan ramuan temulawak, bisa kita lakukan dengan cara yaitu : rebus temulawak dengan dua gelas air dan sedikit gula aren, kemudian biarkan sampai mendidih sampai air tinggal setengah, kemudian angkat air tersebut, dan tambahkan asam jawa lebih kurang sebesar ibu jari, tunggu sedikit agak dingin, keudian saring air tersebut dan minum air tersebut sekaligus.

Temulawak Dapat Mengurangi kelelahan otot


Untuk mengolah temulawak menjadi ramuan herbal tradisional bisa kita lakukan dengan cara sebagai berikut : ambil satu ripang temulawak cuci hingga benar-benar bersih, kemudian buang kulitnya dan iris menjadi tipis-tipis kemudian rebus dengan menggunakan air sebanyak lebih kurang 5 gelas, biar sampai mendidih, setelah itu angkat dan dinginkan. Konsumsi air rebusan tersebut secara rutin.

Dibalik dari manfaat nya yang begitu banyak, jangan salah kalau temulawak juga memiliki efek samping, maka dari itu, sebelum mengkonsumsi obat herbal temulawak ini, ada lebih baik konsultasi dulu dengan yang ahlinya. Adapun efek samping yang dari temulawak ini adalah sebagai berikut :

Efek Samping Temulawak


Gangguan Terhadap Lambung


Efek samping yang bisa di temukan dari temulawak ini adalah gangguan terhadap lambung, karena temulawak bisa menyebabkan iritasi lambung dan mual. Oleh karena itu temulawak tidak di anjurkan untuk ibu yang lagi hamil dan menyusui.

Risiko Terhadap gangguan empedu


Selain dari ganggun lambung, temulawak juga sebaiknya di hindari oleh orang yang menderita penyakit batu empedu. Karena temulawak bisa meransang produksi terhadap empedu, sehingga penderita penyakit empedu berisiko mengalami kondisi semakin parah atau bahkan bisa keracunan empedu sendiri akibat peroduksi yang berlebihan.

Dosis kurkuma yang berlebihan


Mengkonsumsi temulawak yang di kombinasikan dengan tanaman herbal yang lain yang mengandung kurkuma, seperti kunyit, juga perlu untuk kita ketahui dan di lakukan dengan hati-hati. Karena jika berlebihan dosis akan membahayakan.

Risiko pendarahan


Tips yang paling penting jika Anda ingin mengkonsumsi temulawak sebagai obat herbal tradisional adalah jangan sembarangan mengkonsumsi temulawak bersamaan dengan obat pengencer darah. Karenanya temulawak sudah bekerja membantu menurunkan kadar lemak darah dalam tubuh.

Demikianlah ulasan singkat tentang manfaat dan efek samping dari temu lawak untuk kesehatan. Sekiranya artikel ini bermanfaat, jangan sungkan untuk membagikan dengan yang lainnya. Semoga bermanfaat…

Postingan terkait:

  1. Saya rasa temulawak bisa bermanfaat juga untuk menambah nafsu makan...
    Itu juga termasuk kesehatan
    Thanks, kumbal ya��

    ReplyDelete

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.