Manfaat Matahari Pagi Bagi Manusia

Matahari adalah merupakan salah satu karunia yang sangat di butuhkan oleh semua makhluk hidup yang ada di muka bumi ini. Matahari juga berperan sebagai menjaga bumi agar tetap hangat, serta mencegah dunia dari kebekuan. Akan tetapi, jika tubuh terlalu sering terkena sinar matahari, juga dapat meningkatkan resiko terkena kanker.

Manfaat Matahari Pagi Bagi Manusia

Manfaat dari sinarmatahari di waktu pagi hal yang sangat di sayangkan bila terlewatkan. Karena sinar matahari di waktu pagi dapat membuat indahnya suasana di pagi hari. Tidak itu saja, sinar matahari juga banyak berperan sebagai kepentingan untuk kesehatan tubuh kita. Selain itu matahari adalah sumber dari segala bagi kehidupan bagi planet ikita ini. Sebenarnya banyak sekali peran matahari terhadap palanet ini, salah satunya yaitu proses fontosintesis pada tanaman, dan masih banyak yang lainnya.
Baca Juga : Bahaya Tidur Waktu Pagi

Sinar matahari banyak terdapat kandungan Vitamin D, maka bersyukurlah karena kita bisa menikmati Vitamin D secarat gratis. Di samping itu sinar matahari juga memiliki manfaat membunuh mikro bakteria, oleh karena itu banyak dari para ahli kesehatan menyarankan untuk mendirikan rumah yang di saktu pagi rumah bisa terkena sinar matahari.

Kebelakangan ini, kita sering mendengar informasi tentang dampak buruk atau bahaya dari sinar matahari sehingga banyak dari orang-orang berhati-hati untuk melindungi diri mereka dari bahaya sinar Ultraviolet matahari. Ini di sebabkan oleh UVB yang terlalu tinggi, dan radiasi ini juga dapat menyebabkan kerusakan terhadap DNA.

Meski demikian, jika kita memanfaatkan sinar matahari ini secara tepat, sinar matahari bahakan bisa membuat kita menjadi lebih sehat. Sejumlah dari penelitian membuktikan bahwa paparan sinar matahari sebenarnya memeberikan begitu banyak manfaat untuk kesehatan.

Adapun beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari sinar matahari untuk kesehatan adalah sebagai berikut :

Mengandung Vitamin D


Pada waktu ketika berkas sinar Ultraviolet di saring di kulit, sinar tersebut merubah simpanan kolestrol di kulit menjadi vitamin D. menerima terpaan dari sinar matahari selama lima menit, sama artinya Anda memberikan 400 uni vitamin D pada tubuh Anda.

Dapat Mengurangi Gula Darah


Sinar matahari adalah insulin yang alami yang dapat memeberikan kemudaha penyerapan glukosa masuk kedalam sel tubuh. Hal yang seperti ini yang meransang tubuh untuk mengubah gula darah menjadi glycogen, yang kemudian di simpan di hati dan otot. Proses yang seperti inilah yang bisa membuat  turunnya gula darah.

Dapat Meredam Kolesterol Darah


Setelah kolestrol di bawah kulit di rubah menjadi Vitamin D, otak dan tubuh kemudina memberikan sinyal terhadapa kolestrol yang ada berada dalam darah untu keluar, dari darah menuju kulit. Dari proses ini lah kadar kolestrol di dalam darah dapat di kontrol dengan baik.

Dapat Membentuk Serta Memperbaiki Tulang


Dengan meningkatnya vitamin D yang ada di dalam tubuh karena terpaan sinar matahari, dapat meningkatkan penyerapan kalsium di dalam tubuh Anda. Kondisi yang seperti ini adalah solusi dalam pembentukan dan perbaikan tulang dan mencegah penyakit seperti rakhitis dan osteomalacia.
Baca juga : 4 Jenis Penyakit Tlang Yang Jarang Kita Ketahui

Dapat Meningkatkan Kebugaran Kernafasan


Dengan adanya peningkatan kapasitas darah untik membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan organ tubuh adalah salah saru kegunaan dari sinar matahari. Selain dari pada itu, sinar matahari juga mampu meningkatkan kebugaran pernapasan, ini di sebabkan oleh jumlah glikogen akan bertambah setelah berjemur di bawah trik matahari.

Dapat Memberikan Kekebalan


Ketika kulit terkena terpaan sinar matahari, maka ketika itu terjadipenambahan sel darah putih, terutama limfosit, yang kegunaannya untuk menyerang penyakit. Secara tidak langsung antibodipun akan ikut menjadi meningkat. Kondisi yang seperti ini akan bertahan hingga 3 minggu. Menurut dari penelitian, 10 menit di bawah sinar matahari satu atau dua kalai dalam seminggu dapat mengurangi resiko terkena flu hingga 30 hingga 40 persen.
   

Sebagai Penawar Infeksi Dan Pembunuh Bakteri


Sinar matahari telah dipercaya mampu membunuh bakteri penyakit, jamur, dan juga virus. maka dari itu banyak dari orang-orang untuk melakukan terapi matahari untuk mengobati serta perawatan berbagai macam penyakit seperti penyakit TBC, keracunan darah, Erysipelas, pneumonia, peritonisis, asma, dan mumps. Bahkan beberapa dari virus penyebar penyakit kaner dapat di bunuh oleh sinar ultraviolet. Termasuk juga dengan bakteri yang beraksi di udarapun dapat di bunuh oleh sinar matahari.

Dapat Perbaiki Sistem Pencernaan


Sinar matahari juga merupakan cara untuk pengobatan terbaik untuk meningkatkan nafsu makan. Selain itu juga dapat memperbaiki sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Bagaiman menurut Anda, sangat banyak bukan manfaat dari sinar matahari ini, maka dari itu jangan lewat sinar matahari ini, terutama yang di anjurkan diwaktu pagi hari.
Baca Juga : Manfaat Daun Senna Untuk Kesehatan

Akan tetapi yang perlu harus kita ingat, meskipun sinar matahari ini memiliki banyak berbagai macam manfaat bagi tuguh, namun para ahli juga mengingatkan bahwa terpaan dari sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan mata, kanker kulit, dan melanoma. Jadi pastikan untuk memiliki waktu yang tepat untuk mendapatkan terpaan dari sinar matahari, serta melindungi kulit dengan mengenakan topi atau pakaian yang bisa melindungi kulit.

Itulah informasi singkat tentang Manfaat matahri pagi bagi manusia, semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Postingan terkait:

"Manfaat Matahari Pagi Bagi Manusia"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.