Manfaat Madu Hitam Untuk Kesehatan & Kecantikan

Madu pada umumnya sudah di kenal sejak zaman dahulu sebagai obat tradisional dalam mengatasi berbagai macam jenis penyakit. Keampuhannya dalam menjaga kesehatan sudah tidak perlu di ragukan lagi, bahkan juga sangat bermanfaat memelihara kecantikan. Dari mulai usia anak-anak hingga orang dewasa bisa mengkosumsi madu.

Manfaat Madu Hitam Untuk Kesehatan & Kecantikan

Madu adalah jenis minuman yang alami yang berasal dari nektar bunga yang di hisap oleh serangga sebah, ciri khas dari bentuk madu ini ialah memiliki tekstur cairan kental. Berdasarkan dari informasi, madu sendiri banyak sekali jenisnya, dan juga memili khasiat yang juga berbeda.

Adapun jenis-jenis madu yaitu seperti seperti madu yang rasanya manis, sedikit asam, bahkan ada juga yang sedikit pahit. Dari segi warna, ada yang memiliki warna coklat pekat hingga hitam, coklat kekuningan, bahkan ada yang warnanya putih.

Menurut dari beberapa penelitian, madu memiliki manfaat dan khasiat bagi tubuh, karena madu banyak mengandung zat penting seperti Glukosa, Fruktosa, Maltosa, Sukrosa, Air alami, serta gula alami yang lebih kuat di bandingkan dengan gula biasa. Kandung zat yang terdapat didalam madu ini memiliki kadar yang cukup banyak sehingga menjadikan madu ini sebagai minumn zat penting untuk kesehatan dan kecantikan.

Selain itu, madu juga mengandung sejumlah nutrisi yang diperlukan untuk kinerja tubuh, tidak seperti gula biasa yang hanya berisi karbohidrat sederhana dan pemanis lainnya yang mengandung bahan pemanis buatan ( Aspatame ) yang tidak sehat bagi tubuh. Namun, yang kita bahas kali ini adalah manfaat dari madu hitam untuk kesehatandan kecantikan.

Adapun manfaat dan khasiat yang bisa kita dapatkan dari madu hitam untuk kesehatan dan kecantikan adalah sebagai berikut.

Manfaat Madu Hitam Untuk Kesehatan


  • Dapat Mengatasi Diabetes


Madu yang mampu mengatasi penyakit diabetes adalah jenis madu yang hitam pahit, karena madu hitam ini banyak sekali mengandung zat penting untuk dapat membantu mengurangi kadar gula yang berlebihan pada darah yang menjadi masalah utama pada penderita diabetes. Dengan mengkosnumsi madu hitam pahit ini secara rutin penyakit diabetes bisa teratasi.
Baca juga : Makanan Yang Dapat Menyebabkan Diabetes Tipe 2

  • Dapat Mengatasi Asam Urat


Madu hitam pahit juga memiliki kandungan hampir sama dengan madu murni yang dapat membantu mereka yang memiliki masalah asam urat. Karena madu hitam pahit mengandung zat yang dapat menetralkan zat purin berlebih yang merupakan penyebab dari penyakit asam urat.


Simak juga : Jenis Obat Herbal Eektif Menurunkan Kadar Asam Urat

  • Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Zat yang terkandung didalam madu hitam pahit ini dipercaya dapat membantu sistem imunitas tubuh. Ini karena madu hitam memiliki banya kandungan seperti yang sudah di sebutkan di atas tentang kadar yang cukup signifikan.

  • Dapat Mengatasi Kolesterol


Madu hitam banyak sekali mengandung nutrisi, 100 gram madu hitam dapat mengandung nutrisi seperti karbohidrat, gula, serat pangan, dan protein. Selain itu juga terdapat kandungan yang kaya akan vitamin, seperti vitamin C, B2, B5, B6, besi, kalium, fosfor, seng, sodium, dan energi.

Jika madu hitam ini di campur dengan campuran atau takaran yang pas dengan bahan herbal yang memiliki senyawa sinamaldehid yang bersifat anti agregasi platelet dan vasolidator secara in vitro, maka madu bisa menjadi obat yang bermanfaat dalam menyembuhkan kolestrol.
Baca juga : Makanan Yang Tidak Baik Bagi Penderieta Kolestrol

  • Memperkuat Fungsi Liver


Mineral dan Vitamin yang terkandung di dalam madu hitam pahit ini dapat membantu kinerja organ dalam tubuh, seperti salah satunya yaitu liver atau hati, yang fungsinya sebagai menyaring zat racun yang masuk kedalam tubuh.
Baca juga : 7 Makanan dan Minuma Baik Untuk Kesehatn Liver

  • Dapat Mengatasi Masalah Pencernaan


Madu hitam pahit ini juga banyak dijadikan sebagai obat Maag kronis. Karena madu hitam pahit sudah terbukti mampu untuk menyembuhkan luka pada tukak lambung.

  • Menjaga Kerja Jantung


Menurut dari penelitian serta hasil dari uji coba, madu hitam memiliki kandungan polifenol. Kandungan folifenol ini nantiknya akan menjaddi antioksidan terhadap sel-sel tubuh yang rusak karena radikal bebas. Penyakit jantung pada umumnya terjadi karena kurangnya oksigen ke otak, dengan mengkonsumsi madu hitam ini dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.
Baca juga : Cara Menjada dan Merawat Jantung Dengan Baik

  • Meningkatkan Stamina


Kandungan mineral dan vitamin yang terdapat didalam madu hitam pahit ini, depercaya dapat membantu Anda untuk meningkatkan stamina Anda yang sudah terkuras karena aktivitas yang Anda lakukan.

  • Mengatasi Insomnia


Insomnia adalah suatu maslah yang dapat menyebabkan Anda susah untuk tidur, hal yang seperti ini tentunya menjadi maslah besar bagi Anda yang harus cepat di atasi. Untuk itu, mengkonsumsi madu hitam pahit adalah solusinya untuk mengatasi insomnia.

  • Mengobati Masalah Pernafasan


Banyaknya kotoran yang menumpu pada organ paru-paru yang dikarenakan oleh polusi ataupun masalah lainnya, ini bisa Anda atasi dengan mengkonsumsi Madu hitam pahi secara teratur.

  • Penyembuhan Stroke


Stroke adalah salah satu penyakit yang cukup berbahaya. Hal ini bisa Anda atasi dengan mengkonsumsi madu hitam pahit secara rutin. Karena zat yang terkandung di dalam madu hitam pahit ini bersifat aman serta ramah pada organ tubuh tanpa raksi yang berlebih.
Baca juga : Minum Kopi Dapat Kurang Resiko Stroke
  • Dapat Mengatasi Penyakit Alergi


Madu hitam pahit yang diproses secara tradisional di sarankan untuk pada pagi dan malah hari, dapat menyembuhkan Anda yang terkena Alergi. Karena madu dapat membantu sistem kekebalan tubuh andan menjadi lebih kuat.

Manfaat Madu Hitam Untuk Kecantikan


  • Mengatasi Masalah Kulit


Kulit yang sudah mengalami kerusakan seperti lecet, ini dapat di obati dengan madu hitam pahit, hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengileskan madu hitam pada bagian kulit yang bermasalah. Di jamin kulit Anda akan segera mulus kembali.
  • Mencerahkan Kulit


Madu yang sudah lama dikenal sebagai produck kecantikan yang alamai ini, mampu membuat kulit tampak lebih sehat dan bercahya. Hal yang bisa di lakuan adalah dengan mengoleskan madu hitam ini pada wajah setiap hari.
  • Menghilangkan Jerawat dan Komedo


Jerawat dan komedo adalah masalah yang paling utama yang dapat mengganggu penampilan dan menjadikan kulit rusak. Nah, untuk dapat membersihkan wajah dan menghilangkan masalah kulit tersebut, bisa kita Anda lakukan dengan mengleskan madu hitam ini secara rutin agar jerawat dan komedo sera teratasi. Selain itu juga madu hitam pahit ini akan mengurangi peradangnan dan bakteri penyebabnya munculnya jerawat dan komedo.
  • Melembutkan dan Mengencangkan Kulit


Madu hitam pahit ini juga memiliki khasiat dalam membuat kulit wajah menjadi lembut dan kencang.
  • Mengatasi Flek Hitam


Madu hitam juga telah dipercaya dapat menyamarkan flk hitam yang muncul pada kulit wajah. Hal yang perlu anda ketahui adalah, untuk hasil yang bisa anda dapatkan tidak begitu cepat, akan tetapi kentungan kita menggunakan madu ini ialah aman dan tidak memiliki efek samping.

Di anjurkan untuk menkonsumsi madu hitam pahit ini 2 jam sebelum makan atau 3 jam setelah makan agar mendapatkan hasil yang maksima. Bagi orang yang dewasa, batas mengkonsumsi madu hitam ini berkisar 100-200 gr perhari, sedangkan untuk anak-anak cukup sekitar 30 gr perhari.

Demikianlah ulasan singkat tentang Manfaat Madu Untuk Kesehat dan Kecantikan. Semoga ini memberikan manfaat bagi kita semua…

Postingan terkait:

"Manfaat Madu Hitam Untuk Kesehatan & Kecantikan"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.