Manfaat Daun Sukun untuk Mengobati Penyakit Kronis

Tanam sukun adalah jenis tanaman yang memiliki pokok bisa mencapai dengan ketinggian 4-5 meter. Buah dari tanaman sukun ini banyak di manfaatkan oleh-orang untuk di jadikan sebagai makanan ringan, gorengan, kue dan lain sebagainnya.



Manfaat Daun Sukun untuk Mengobati Penyakit Kronis

Tanaman ini, masyarakat awam belum banyak yang mengetahuinya bahwa daun dari tanaman ini memiliki manfaat untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit yang kronis seperti diabetes, ginjal, asam urat, dan sakit gigi.

Tanaman yang memiliki nama latin Artocarpus altilis ini, daunnya memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu daun dari tanaman sukun ini juga mengandung senyawa seperti asam hidrosionat, tannin, quercetin, polifenol, dan artoindosionin. Senyawa dari ortoindonesionin dan quercetin merupakan kelompok dari senyawa turunan flovonoid yang berperan sebagai zat antioksidan yang telah banyak di gunakan sebagai bahan aktif di dalam obat.

Maka dari itu, daun sukun ini banyak di jadikan sebagai obat herbal yang alami untuk mengatasi berbagai macam jenis macam penyakit. Adapun jenis penyakit yang bisa di obati oleh daun ini adalah sebagai berikut :

Dapat Mengobati Sakit Jantung


Manfaat dan khasiat dari daun sukun yang pertama adalah dapat mengobati sakit jantung. Berdasarkan informasi dari pusat penelitian Kima LIPI bersama dengan pakar penelitian yang lainnya, ternyata extrak dari daun sukun mengandung flavonoid dan sitosterol yang berkhasiat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Menurut Dr. Tjandrawati M. Ozef dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI ) menyakan, bahwa uji khasiat baik secara media maupun dengan melibatkan sel hidup terhadap extrak dari tanaman tersebut telah menunjukan hasil yang sangat baik.

Baca Juga :


Nah, untuk cara menggunakan daun ini bisa kita lakukan dengan merebus daun sukun ini dengan 5 gelas air, biarkan sampai mendidih hingga berkurang separuh dari air yang sebelumnya. Setelah itu tambahkan lagi air nya hingga air kembali menjadi 5 gelas. Ingat, manfaat dari rebusan daun sukun ini hanya bisa bertahan selama satu hari, jadi konsumsi untuk air rebusan harus di habiskan dalam satu hari itu saja. Untuk besoknya bisa di lakukan lagi.

Sebagai Obat Penyakit Ginjal


Mesi daun ini belum terbukti secara ilmiah, namun penggunaan dari daun sukun untuk penderita penyakit ginjal menunjukan indikator perbaikan kondisi. Perbaikan kondisi yang seperti itulah berupa hilangnya pembekakan serta berkurangnya kandungan protein yang ada dalam urine, bahkan kandungan protein dalam urine pada beberapa orang yang testimoni pengguna the dari daun sukun ini menunjukan nilai yang negatif.

Untuk cara penggunaannya, konsumsi air rebusan daun sukun ini secara teratur. Jangan lupa untuk memilih daun yang paling terbaik yaitu daun yang sangat segar, tidak berlubang, bersih dari kotoran.

Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol


Jika Anda memiliki kadar kolestrol yang tinggi, Ramuan dari daun sukun ini bisa Anda gunakan untuk mengatasi kolestrol Anda yang tinggi. Dengan cara mengkonsumsi the dari daun sukun ini.
Baca jug : Makanan Yang Tidak Baik Bgai Penderita Kolestrol

Dapat Mengobati Asam Urat


Kadar asam urat yang terlalu tinggi dapat membuat kita menjadi sulit untuk melakukan aktivitas. Dengan mengkonsumsi daun sukun yang telah di keringkan dan menyeduhnya dengan air mendidih layakanya seperti membuat teh dengan menambah sekit madu atau gula batu untuk menghilangkan rasa pahitnya,  Daun sukun ini telah dipercaya mampu untuk mengobati asam urat yang Anda derita.
Baca juga : 9 Tanaman Obat Herbal Untuk Penyakit Asam Urat

Menurunkan Kadar Gula Darah


Daun sukun juga memiliki manfaat yang mampun untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Sudah banyak penelitian yang membuktikan khasiat daun sukun ini. Adapun cara untuk menggunakannya ialah : siapkan 3 lembar daun sukun yang sudah memiliki warna hijau tua, usahakan yang masih nempel pada dahan pohon.
 Baca juga : Solusi Mengatasi Gula Darah Dengan Kayu Manis

Setelah itu bersihkan pada air yang mengalir, rajang kemudian jemur sampai kering, setelah itu isi air ke dalam wadah sekitar 2 liter, kemudian rebus daun sukun yang sudah di keringkan tadi. Setelah itu tunggu hingga air berkurang hingga ½ dari dari 2 liter, setelah itu tambahkan lagi air 1 liter, kemudian rebus lagi hingga airt jadi separuh dari sebelumnya. Setelah itu dinginkan dan konsumsi air tersebut secara teratur setiap hari.

Mengobati Penyakit Liver


Liver atau hati adalah organ vital yang kesehatannya harus sering terjaga. Untuk itu kita bisa memanfaatkan daun sukun ini sebagai obat yang dapat menetralkan masalah yang timbul pada liver. Adapun cara penggunaannya yaitu, daun sukun kering yang sudah di rebus dan di jadikan dalam bentuk teh untuk bisa di seduh secara teratur.
Baca juga : 7 Makanan Dan Minuman Baik Untuk Kesehatan Liver

Dapat Mengobati Sakit Gigi


Untuk bisa menyembuhkan gigi yang sakit, kita bisa memanfaatkan daun sukun kering sebagai anti racun. Berkumur dengan teh dari rebusan daun sukun kering akan dapat menenangkan rasa sakit serta dapat membuat sakit gigi tidak serting menyerang Anda.

Dapat Menjadi Anti Pendarahan


Daun sukun sering kali di gunakan untuk mengobati pendarahan pada ibu yang baru saja melahirkan. Hal yang seperti ini dapat di sebabkan karena senyawa kimia dalam daun sukun kering bisa menlancarkan sistem pemuluh darah dan menghentikan darah encer sehingga bisa menghentikan pndarahan. Dengan mengkonsumis rebusan daun sukun 3 kali sehari dapat menghentikan peredaran darah.

Menangkal Terjadinya Pembentukan Sel Kanker


Daun sukun memiliki manfaat yang bisa menurunkan resik terkena kankder serta dapat menyembuhkan kanker, karena rebusan dari daun sukun kering dapat menjadi pengganti kemotrapi. Hal ini dikarenakan Antioksidan pada daun sukun kering sangat tinggi dan bisa mengatasi masalah kanker.
Baca juga : Cara Mencegah Kanker Dengan Makanan Dan Minuman Yang Alami

Adapun cara untuk pengolahan daun sukun menjadi teh untuk untuk resep satu porsi adalah sebagai berikut :

Ambil 3 lembar daun yang sudah berwarna kuning langsung dari pohonnya dan potong daun tersebut biar menjadi kecil lalu keringkan hingga menjadi kering. Kemudian rebus dengan 2 liter air hingga tersisa menjadi ½ dari air tersebut ( 1 liter ).

Setelah itu diamkan beberapa saat, tambahkan lagi 1 liter air hingga air rebusan tersebut kembali menjadi 2 liter, setelah itu rebus kembali hingga mendidih, stelah itu anggkat air tersebut dan diamkan, air akan berubah menjadi kemerahan dan rasa yang agak sedikit pahit. untuk mengkonsumsinya bisa di tambahkan dengan sedikit madu atau gula batu untuk menghilangkan rasa pahit. kita bisa juga bisa menyimpan teh ini kedalam botol dan masukan kedalam lemari pendingin.

Demikanlah ulasan singkat mengenai manfaat daun sukun untuk mengobati berbagai macam penyakit kronis, mudah-mudahan ini menjadi manfaat bagi Anda.

Postingan terkait:

"Manfaat Daun Sukun untuk Mengobati Penyakit Kronis"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.