Manfaat Dari Wortel Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Alami

Wortel adalah jenis sayuran yang telah lama dikenal memiliki kandungan vitamin A yang sangat kuat, sehingga banyak dari orang yang menyatakan bahwa wortel sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Namun pada kenyataannya, di dalam daging wortel ternyata banyak terdapat vitamin-vitamin yang lain dan beberapa mineral yang sangat baik untuk mendukung kesehatan organ tubuh yang lain.

Manfaat Dari Wortel Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Alami

Adapun kandungan yang bisa kita dapatkan dari wortel bisa kita lihat dibawah ini. Berikut kandungannya :

Kandungan Gizi Wortel


Menurut dari dpertemen pertanian Amerika, satu wortel yang berukuran sedang atau setengah cangkir wortel yang di cincang atau satu porsi wortel, ini dapat memiliki kandungan 25 kalori, 3 gram gula, 6 gram karbohidrat, dan 1 gram protein.

Wortel Kaya Akan Vitamin A


Wortel adalah sayuran yang paling kaya dengan vitamin A, yang dapat menyediakan sekitar 210 persen dari kebutuhan orang dewasa per hari. Selain itu wortel juga mengandung 6 persen vitamin C, 2 persen kalsium dan 2 persen zat besi per satu porsinya.

Kandungan Vitamin dan Mineral


Wortel juga merupapakan sayuran yang sangat super, kandungan yang terdapat dalam wortel mengandung serat, vitamin K, folat, kalium, fosfor, mangan, vitamin E, magnesium, dan seng yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia.

Nah, manfaat yang bisa di dapatka dari wortel sangatlah beragam, tidak hanya untuk kesehatan saja yang bisa kita dapatkan, akan tetapi juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya.

Ini karena wortel merupakan sayuran yang sangat berkhasiat, yang dikenal secara luar sebagai sumber dari vitamin A, jadi tidak heran kalau ia memiliki banyak manfaat. Adapun manfaat yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan


1. Menjaga Kesehatan Mata


Manfaat dari vitamin A yang terdapat pada wortel mampu memperbaiki penglihatan yang sudah mulai kabur menjadi normal kembali. Adapun untuk mengkonsumsi wortel ini bisa Anda jadikan jus.
Baca juga : Jenis Makanan Yang Dapat Menyehatkan Mata Selain wortel

2. Mencegah Berbagai macam kanker


Wortel yang mengandung zat poliacetylene falcarinol yang tinggi, dan bisa bertindak sebagai antioksidan, dapat menghambat tumbuhnya sel-sel kanker. Yang bisa menyerang pada usus besar, payudara, hati, mulut dan pada tenggorokan.
Lihat juga : Cara Mencegah Kanker Dengan Makanan Dan Minuman Yang Alami

3. Mencegah Sembelit


Kandungan serat yang terdapat didalamnya yang cukup tinggi dan juga didukung dengan beberapa mineral, akan dapat menyeimbangkan suhu tubuh yang ada pada saluran anus. Hal ini tentunya mampu mencairkan kotoran secara normal.

4. Mencegah Serangan Stroke


Nutrisi lengkapnya dapat menstabilkan tekanan darah, agar supaya tidak terjadi penyumbatan pada aliran darah yang nantinya dapat memicu terjadinya stroke.
Baca juga : Minuman Kopi Dapat Mengurangi Resiko Stroke

5. Mengobati Cacingan  (Cacing Kremi)


Cacingan biasanya sering dialami oleh anak-anak, terutama lagi bagi anak yang sering berinteraksi langsung dengan tanah. Dengan mengkonsumsi jus wortel, mampu membunuh telur cacing agar tidak bisa menjadi cacing kremi dewasa.

6. Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh


Vitamin yang terdapat didalam wortel, dapat berkerja sebagai antioksidan kuat untuk bisa mempertahankan serta meningkatkan imunitas tubuh.

7. Menjaga Kesehatan Kulit


Gabungan dari beberapa vitamin yang terdapat didalam wortel juga dapat bertindak sebagai antioksidan yang kuat untuk melindungi kulit dari serangan bakteri, jamur atau virus yang dapa menajdi penyebab terjadinya penyakit kulit. Misalnya eksim, kurap, kudis, ruam ruam merah yang gatal dan lain sebagainya.

8. Meningkatkan Produksi ASI


Nutrisi yang lengkap yang terdapat didalam sayuran wortel mampu memproduksi ASI dengan baik dan mampu meningkatkan kualitas rasa dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh bayi.

9. Sebagai Penyembuhan Luka dan Radang


Manfaat dari vitamin K yang terdapat didalam wortel, mampu mengatasi luka dan infeksi, sehingga dengan hal yang seperti itu bisa mempercepat proses penyembuhan terhadap luka dan peradangannya.

10. Meningkatkan Kekuatan dan Kepadatan Tulang


Vitamin K yang yang terdapat didalam wortel juga mempunyai kemampuan untuk dapat melindungi kulit dari Keretakan. Karena fungsi dari vitamin K dapat memberikan senyawa anti keroposnya pada lapisan yang ada didalam tulang yang  efeknya dapat memadatkan dan meningkatkan kekuatan dari tulang.

11. Menyehatkan Pencernaan


Beberapa dari mineral yang penting yang terdapat didalam wortel juga dapat membersihkan pencernaan serta menstabilkan suhu di dalamnya, sehingga pencernaan selalu dalam kondisi yang sehat dan stabil.

12. Memperkuat Daya Ingat


Nutrisi yang terdapat pada wortel dapat melancarkan peredaran darah sekitar kepala atau otak, serta dapat meningkatkan sel-sel otak agar semakin sensitif dalam merespon informasi dari tubuh ke jaringan otak.

13. Dapat Mengobati Anemia


Nutrisi yang lengkap yang ada didalm wortel juga, dapat meningkatkan sel darah merah dan dapat memperbaiki sel darah yang rusak akibat dari serangan virus dan bakteri. Sehingga tubuh tetap segar dan tidak lemas karena terserang anemia.

Selain dari untuk kesehatan, wortel juga memiliki manfaat yang bagus untuk kulit dan kecantikan, adapun manfaatnya adalah sebagai berikut :

Manfaat Wortel Untuk Kulit dan Kecantikan


Menjaga Kesehatan Kulit


Manfaat dari wortel terhadap kulit adalah terletak pada kandungan vitamin A dan kandungan zat-zat pendukung yang lainnya, yang mampu menjaga kulit agar selau tetap cantik dan bersinar.

Wortel dapat bekerja untuk menghilangkan noda hitam yang terdapat pada kulit, akibat pigmentasi. Penggunaanya bisa dilakukan dengan secara langsung mengkonsumsi wortel, atau juga bisa dibuat sebagai bahan masker. Dengan mengkonsumsi Jus wortel yang secara rutin, akan dapat membantu untuk mencegah serangan dari berbagai macam penyakit pada kulit.

Mencegah Penuaan Dini


Wortel yang merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik, akan dapat menangkal radikal bebas yang terkena pada kulit. Manfaat dari antioksidan itu sendiri pun juga bisa dipercaya untuk dapat memperlambat efek penuaan dini.

Mencegah Kulit Kering


Jus wortel yang kaya dengan kalium mampu mencegah kekeringan kulit. Sehingga kulit akan selalu kelihatan lembab, halus, dan bercahaya.

Menghilangkan Noda dan Bekas Luka


Kandungan yang terdapat didalm wortel juga bagus untuk menghilangkan noda hitam, hal yang bisa kita lakukan adalah dengan mengkonsumsi Jus wortel secara rutin.
Mencegah Munculnya Jerawat

Wortel mengandung minyak atsiri yang membantu kinerja pencernaan, hal ini mampu untuk mencegah munculnya jerawat pada wajah.

Catatan : Jangan mengkonsumsi wortel dicampur dengan lobak putih, karena knadungan vitamin C yang terdapat pada lobak puth dapat merusak nutrisi yang ada pada wortel, sehingga kandung yang ada pada wortel tidak dapat bermanfaat lagi untuk kesehatan dan kecantikan tubuh secara penuh.

Demikian informasi singkat tentang Manfaat wortel Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

"Manfaat Dari Wortel Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Alami"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.