Manfaat Dari Tumbuhan Waru Untuk Kesehatan

Tumbuhan waru ialah merupakan salah satu jenis tumbuhan yang cukup dikenal oleh orang-orang banyak. Tumbuhan yang memiliki nama latin Hibiscus Tiliaceus ini memiliki tekstur yang mernyerupai dengan tanaman kembang sepatu.


Manfaat Dari Tumbuhan Waru Untuk Kesehatan
Daun dari tumbuhan ini telah lama dikenal dan di gunakan sebagai obat untuk kesehatan. Hal ini di karenakan daun waru memiliki kandungan nutrisi penting dan mineral yang sangat di butuhkan oleh tubuh manusia. Salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan dari daun tumbuhan ini adalah sebagai membantu mengobati amandel membengkak, menurunkan berat badan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain itu, pohon dari tumbuhan waru ini sering juga di manfaatkan oleh orang-orang untuk sebagai tanaman peneduh di pinggir jalan dan sekaligus mampu menjaga keasrian lingkungan sekitarnya.

Di negara Indonesia sendiri, manfaat dari tanaman waru ini berada pada bagian daunnya. Karena daun dari tumbuhan waru ini memiliki manfaat dan khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Adapun Manfaat dan khasiat yang bisa kita dapatkan untuk di jadikan obat-obatan adalah sebagai berikut :

Manfaat Daun Waru Untuk Kesehatan


Kaya Dengan Antioksidan


Daun dari tumbuhan waru ini dipercaya kaya dengan antikoksidan, yang dapat bermanfaat untuk dapat membersihkan tubuh dari racun yang berbahaya yang masuk kedalam tubuh. Untuk manfaat ini bisa kita dapatkan memlalui rebusan ait yang di buat dari daun waru ini. Hal ini bisa bermanfaat membantu melawan penyakit kanker, menurunkan berat badan, dan mampu menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.

Membantu Mengobati Tuberkulosis ( TBC )


Daun dari tumbuhan ini juga telah dipercaya mampu mengobati penyakit tuberkulosis. Penyakit tuberkulosis ini ( TBC ) adalah jenis penyakit yang bisa menyebabkan kerusakan pada paru-paru yang dapat menimbulakan gangguan berupa batuk dan sesak napas. Untuk itu mengkonsumsi rebusan daun waru ini bisa membantu untuk mengobati penyakit Tuberkulosis ( TBC )

Dapat Membantu Mengobati Amandel yang Membengkak


Penyakit amandel adalah salah satu penyakit dari kelenjar yang terletak di sekitar tenggorokan, ketika amandel membengkak, maka yang akan Anda rasakan adalah rasa sakit dan nyeri pada tenggorokan, selain itu sulit untuk menelan makanan. Penyakit ini tentunya berbahaya bagi Anda. Untuk dapat membantu proses penyembuahan amandel ini, kita bisa mengkonsumsi air rebusan dari daun Waru.

Dapat Membantu Mengobati Peradangan Usus Besar (Kolitis)


Radang usus adalah salah satu kondisi penyakit yang di mana usus mengalami cedera atau infeksi yang menyebabkan terjadinya peradangan yang dapat mengganggu pencernaan. Untuk dapat mengatasi hal tersebut bisa kita atasi dengan mengkonsumsi daun waru sebagai lalapan untuk membantu penyembuhan terhadapat paradangan usus.

Membantu Menurunkan Berat Badan


Seperti yang telah kita bahas di atas, bahwa daun waru memiliki antioksidan yang dapat membantu untuk membbersihkan racun yang ada dalam tubuh. Hal yang seperti ini dapat membantu untuk bisa menghilangkan lemak yang tidak perlu sehingga dapat mengurangi berat badan.

Selain dari pada itu, secangkir air rebusan daun waru yang di konsumsi dengan secara rutin dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Hal yang seperti inilah dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan yang berlebihan.

Meningkatkan Energi


Air rebusan daun waru ini dapat memberikan peningkatan energi secata instan. Hal yang seperti ini juga dapat memperbaiki kadar cairan tubuh yang selanjutnya dapat membantu dalam merevitalisasi tubuh. Secangkir air rebusan daun waru ini dapat membantu Anda untuk mengatasi stres dan ketegangan yang dapat menguras energi Anda.

Sebagai Obat Pilek


Manfaat yang lain yang bisa kita dapatkan dari daun waru ini adalah dapat membantu Anda untuk meringankan atau mengobati pilek. Tumbuhan waru ini juga memiliki Vitamin C yang sangat tinggi yang kemudian dapat membantu melawan virus yang menyebabkan pilek. Maka dari itu daun waru ini dapat menjadi obat untuk meredakan pilek, sakit tenggorokan dan sakit kepala ringan.

Untuk Kesehatan Rambut


Daun waru juga dipercaya memiliki manfaat untuk menyehatkan atau menyuburkan rambut. Selain daripada itu daun waru juga dapat membantu untuk memelihara dan juga membantu untuk memperkuat akar rambut serta dapat mencegah terjadinya rambut Rontok.

Untuk cara pengolahan Daun Waru


1. Untuk obat yang diminum, gunakan daun waru yang segar sebanyak lebih kurang 50 samapai 100 gram, atau 16 sampai 30 gram bungannya. Setelah itu rebus dengan air secukupnya, kemudian minum air rebusan tersebut.

2. Untuk pemakaian luar, haluskan atau giling daun waru yang masih segar secukupnya sampai benar-benar halur. Kemudian oleskan pada kulit yang terkena bisul atau usapkan pada kulit kepala untuk mencegah terjadinya kerontokan pada rambut.

Demikianlah ulasan singkat tentang manfaat dan khasiat dari daun waru yang bisa kita dapatkan. Semoga ini meberikan manfaat bagi kita semua…

Postingan terkait:

"Manfaat Dari Tumbuhan Waru Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.