Manfaat Dari Daun Senna untuk Kesehatan Pencernaan

Tumbuhan Senna ialah merupakan tanaman semak, Nama latin dari daun senna ini adalah Cassia Angustifolia, yaitu sebuah tanaman perdu yang tumbuh di negara India, Afrika, dan di beberapa dunia lainnya. Buah dan senna ini bisa dikonsumsi dan telah menjadi bahan pengobatan herbal tradisional untuk mengatasi sembelit selama berabad-abad.

Manfaat Dari Daun Senna untuk Kesehatan Pencernaan

Tumbuhan senna ini juga banyak terdapat kandungan yang mengandung sennosides yang mampu mengiritasi laisan usus hingga menyebabkan efek pencahar. Penggunaan dari daun senna sebagai pencahar ini bahkan sudah di akui atau telah di setujui oleh FDA atau badan obat dah pangan di Amerika Serikat.

Kandungan yang terdapat pada tumbuhan senna adalah seperti Anthraquinon, Sennosida, Glikosida dianthrone, Naftalene glikosida, Hidroksian thrasen.

Selain untuk bisa mengobati penyakit sembelit, manfaat dari daun senna ini juga digunakan sebagai untuk membersihkan usus sebelum tes diagnostik, seperti kolonoskopi. Di negara Indonesia sindiri belum ada informasi mengenai manfaat dari daun Senna ini.

Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat dari tanaman senna ini yang bisa kita dapatkan untuk bisa mengobati penyakit yang berdasarkan dari penelitian, berikut ini penjelasannya.

Manfaat Daun Senna


Dapat Mengobati Penyakit Sembelit


Tanaman dari daun senna yang telah di olah menjadi obat yang telah di setujui oleh FDA, ini bisa di gunakan untuk mengatasi penyakit sembelit oleh orang dewasa dan anak-anak yang berusia 2 tahun.

Selain dari pada itu, daun senna ini juga bisa kita konsumsi sebagai layaknya teh. Teh dau senna bertindak sebagai pencahar yang bekerja dengan meransang usus untuk bergerak cepat dalam melarutkan Tinja. Karena rasa the dari daun senna ini cenderung memiliki rasa yang pahit, jika ingin mengkonsumsi teh daun senna ini di sarankan menambahkan sedikit madu.

Dapat Membersihkan Usus


Selain dari mengobati penyakit sembelit, manfaat dari daun senna ini juga dapat membersihkan usus. Mengkonsumsi senna efeknya hampir sama dengan minyak jarak untuk pembersihan usus.

Selain itu, ada juga beberapa bukti yang menunjukan, bahwa mengkonsumsi senna juga manfaat dan ke-efektifannya sama dengan polyethylene sebagai pembersih usus. Namun, selain itu ada juga beberapa bukti yang bertentangan. Tapi yang jelas, dengan mengkombinasikan senna dengan beberapa jenis obat pencahar, itu  tampak hasilnya lebih efektif untuk membersihkan usus sebelum kolonoskopi.

Namu, sebelum mengkonsumsi daun senna, ada lebih baik kita perhatikan dahulu indikasi dan efek samping sebelum menggunakan. Karena ada beberapa laporan dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease telah melaporkan bahwa dengan mengkonsumsi senna dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan kerusakan hati.

Karena mengkonsumsi daun senna juga dapat menyebabkan terjadinya kram, sakit perut, kembung, dan diare, serta diduga juga berbahaya untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit perut, ginjal, usus, hati, Crohn, jantung, kolitis, tukak lambung, dan wasir.

Kesimpulan :

Meskipun daun senna adalah bahan obat herbal yang alami, ada lebih baik sebelum mengkonsumsinya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Karena bahan herbal yang alami belum tentu juga bisa menggantikan fungsi dan manfaat dari obat dan prosedur medis dari dokter.

Demikianlah informasi dan penjelasan tentang Manfaat dari daun senna untuk kesehatan. Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat bagi kita semua.

Postingan terkait:

"Manfaat Dari Daun Senna untuk Kesehatan Pencernaan"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.