Manfaat Dan Khasiat Dari Daun Adas Untuk Kesehatan

Daun adas adalah tanaman yang hidup dengan cara merumpun serta bisa memiliki usia yang cukup lama. Daun yang memiliki nama latin foeniculum vulgare mill,adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama dari daunnya.

Manfaat Dan Khasiat Dari Daun Adas Untuk Kesehatan

Di Indonesia nama dari tanaman ini beraga-ragam, tergantung dari bahasa setempat. Dun adas tidaklah begitu populer, namun bagi Anda yang ingin mengetahui manfaatnya, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Daun adas bentuknya mirip sekali dengan jarum, serta memiliki warna yang putih. Didalam batang tanaman ini banyak mengandung minyak asiri, sehingga tanaman ini tercium sangat wangi. Bunga dari tanaman adas ini berbentuk menyerupai payung dan memiliki makhota dengan warna yang kuning. Tanaman ini juga sebenarnya bisa berbuah namun ukuran buahnya sangatlah kecil.

Selain itu, minyak asiri yang terdapat pada batang tanaman adas adlah seperti, Asam anisat, Estrogel, Antioksidan, Limonen, Febikon pinen, dan Anethal. Kandungan yang terdapat didalam tanaman adas ini bersifat alami, dan tentunya aman untuk kita gunakan dalam rangka untuk penyembuhan dan pencegahan dari suatu penyakit.

Bagian dari tanaman adas yang bisa kita gunakan serta sangat bermanfaat adalah daun adas, Adapun manfaat yang bisa kita dapatkan dari tanaman Adas ini adalah sebagai berikut:

Manfaat Daun Adas Bagi Kesehatan


Mempertajam Penglihatan


Mata ialah merupakan salah satu dari organ tubuh yang fingsinya untuk melihat. Namun seiring dengan bertambahnya usia, kesehatan mata juga menjadi berkurang karena dari beberapa faktor. Salah satu faktornya ialah tidak tercukupi kebutuhan vitamin yang dibutuhkan oleh mata.
Vitamin yang dibutuhkan oleh mata untuk bisa menjaga kesehatannya adalah vitamin A. Dengan mengkonsumsi secara rutin minuman air rebusan dari daun adas. Dapat membantu kesehatan mata untuk bisa kembali melihat dengan terang.

Mencegah Infeksi Paru-Paru


Manusia menyerap oksigen atau bernafas menggunakan paru-paru. Dan Paru-paru juga berfungsi untuk menukar karbondioksida degan oksigen, lalu di alirkan keseluruh tubuh. Untuk itu menjaga kesehatan paru-paru sangatlah penting yang harus kita lakukan.

Lihat Juga : 5 Jenis Buah Efektif Menjaga Kesehatan Paru-paru

Salah satu penyakit yang sering muncul yang dapat menyerang paru-paru adalah infeksi terhadap paru-paru. Akibatnya organ paru-paru tidak dapat berfungsi dengan baik. Nah dengan mengkonsumsi air rebusan daun adas ini dapat membantu mencegah terjadinya infeksi paru-paru dengan cara mengkonsumsi satu air rebusan adas sebulan sekali.

Melancarkan Sistem Pencernaan


Sistem pencernaan didalam tubuh berfungsi untuk mengolah makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh, Untuk menlancarkan sistem pencernaan caranya juga cukup mudah, Anda hanya merebus daun adas dan konsumsi sekitar satu minggu sekali. Salah satu senyawa yang dapat membantu untuk melancarkan sistem pencernaan adalah serat. Sistem pencernaan yang lancar dapat kita lihat dari buang air besar yang tidak keras.

Mengatasi Rematik


Penyakit rematik pada umumnya banyak menyerang orang-orang yang sudah lanjut usia, penyakit rematik juga ditandai dengan rasa nyeri pada persendian tangan atau kaki. Terkadang rasa nyeri yang kuat tidak dapat tertahan lagi karena seperti tertusuk oleh jarum.

Baca juga :

Beberapa dari penderita rematik mengakui sangat tersiksa dengan rasanya. Namun penyakit rematik dapat kita atasi dengan berbagai macam jenis obat. Diantaranya adalah bahan yang alami dengan membuat ramuan dari daun adas. Cara yang bisa kita lakukan untuk membuat ramuan dari daun adas ini adalah sebagai berikut :

Ambil daun adas kemudian cuci samapai bersih. Setelah itu masukkan kedalam wadah serta tambahkan dua gelas air kedalam panci. Rebus daun tersebut, biarkan sampai mendidih. Setelah itu dinginkan air tersebut. Air rebusan ini dapat dikonsumsi sampai rasa rematik yang dialami perlahan berkurang.

Meningkatkan Nafsu Makan


Manfaat dari daun adas yang lain adalah sebagai penambah nafsu makan. Biasanya ada sebagian orang memiliki masalah terhadap nafsu makan. Akibatnya tubuh mereka menjadi kurus karena kekurangan asupan makanan. Berbagai cara mungkin bisa dilakukan untuk bisa meningkatkan nafsu makan, hanya saja untuk meningkatkan nafsu makan membutuhkan proses yang cukup panjang.

Namun, Jika Anda inging meningkatkan nafsu makan dengan minum minuman yang terbuat dari bahan yang alami sehingga terbukti aman untuk jangka waktu panjang. Makan dengan mengkonsumsi ramuan dari daun adas adalah pilihan yang tepat. Karena sudah sejak lama ramuan dari daun adas dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan.
Semoga bermanfaat…

Postingan terkait:

  1. enak tuh dauh adas dijadikan campuran urap, rasanya memiliki ciri khas tersendiri. mantap dah daun adas

    ReplyDelete
  2. Iya gan, daun adas ini memiliki rasa yang sedikit unik, tapi rasanya enak. selain itu aromanya juga enak. sering mengkonsumsi daun adas ya gan.?

    ReplyDelete

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.