Manfaat Buah Dan Daun Mengkudu untuk Kesehatan & Kecantikan

Tanaman mengkudu adalah tanaman yang memliki pokok yang mempunyai ketinggian bisa mencapai 2-3 meter. Selain itu tanaman mengkudu ini juga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini sudah terbukti dan teruji secara klinis dapat mengobati berbagai gangguan kesehatan.


Manfaat Buah Dan Daun Mengkudu untuk Kesehatan & Kecantikan

Pada saat sekarang ini, buah mengkudu telah banyak di gunakan sebagai bahan dasar untuk suatu produck. Buah dari tanaman mengkudu ini biasanya bisa kit gunakan sebagai obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi ( Hipertensi).

Selain dari buah, daun dari tanman yang memiliki nama latin Bancudus Latifolia Rumph ini juga mengandung antioksidan dalam jumlah yang banyak serta dengan berbagai jenis macam kandungan yang lain, seperti enzim, selenium, vitamin, dan nutrisi yang lainnya. Maka dari itu manfaat dari daun mengkudu ini banyak yang memanfaatkannya sebagai bahan herbal tradisional untuk kesehatan.

Adapun manfaat dari daun mengkudu ini yang bisa kita dapatkan adalah sebagai berikut :

Manfaat Daun Mengkudu Untuk Kesehatan


  • Dapat Sebagai Anti Kanker


Daun dari tanaman ini ( Mengkudu ) mengandung senyawa antioksidan yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Dengan mengkonsumsi daun mengudu yang di olah menjadi teh dapat menjadi obat herbal yang alami. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, konsumsilah teh mengkudu ini dengan secara rutin. Ini dikarenakan adanya senyawa xeronine yang terdapat dalam mengkudu dapat meningkatkan kesehatan struktur sel dan regenerasi.
  • Dapat Memperlancar Sirkulasi Darah


Kandungan yang terdapat di dalam mengkudu memiliki kandungan fitonutrien seperti scopoletin yang terdapat di dalamnya bermanfaat untuk mengatasi penyempitan pembuluh darah. Dengan mengkonsumsi daun mengkudu yang telah di olah menjadi teh ini secara rutin, akan dapat membantu kinerja jantung sehingga tidak perlu bekerja terlalu keras.

  • Sebagai Anti Inflamasi


Manfaat dari daun mengkudu yang selanjutnya adalah sebagai anti inflamasi yang berperan sangat penting dalam mencegah terjadinya peradangan dan resiko terhadap serangan jantung. Selain dari pada itu, daun mengkudu juga mampu untuk meminimalisir tekanan daran tinggi dan diabetes.

  • Untuk Pencernaan


Kandungan senyawa yang terdapat di dalam mengkudu akan menstimulasi serotonin dari dalam otak. Fungsi dari serotonin dapat berperan penting dalam mengatur laju makanan di dalam usus dan mengatus sistem pencernaan.

  • Dapat Mengatasi Arteriosklerosis


Sifat antioksidan yang terdapat didalam daun mengkudu ini dapat melindungi sel-sel jantung dari kerusakan yang disebabkan oleh akibat dari radikal bebas. Namun hal ini belum adanya bukti uji klinis yang di lakukan. Maka dari itu sebelum menggunakannya baik konsultasikan dulu kepada dokter untuk bisa mendapatkan doses yang tepat.

Manfaat Daun Mengkudu Untuk Kecantikan.


Selain dari untuk kesehatan, daun mengkudu juga bisa kita jadikan sebagai bahan produck kecantikan, dan tentunya bersifat yang alami. Adapun manfaat daun mengkudu untuk kecantikan adalah sebagai berikut :

  • Untuk Kulit


Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam daun mengkudu ini dapat menjaga kulit agar tetap terlihat sehat dan elastis. Selain itu dari kandungan antioksidan yang mampu dapat menjaga kesehatan kulit, daun mengkudu juga memiliki selenium yang memiliki manfaat untuk menjaga elastisitas kulit secara alami. Maka dari itu dengan mengkonsumsi daun mengkudu yang telah di olah menjadi teh secara rutin dapat mengatasi depat terjadinya penuaan dini.

  • Dapat Mengatasi Jerawat Batu


Manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari daun mengkudu ini adalah dapat mengatasi jerawat batu. Adapun yang bisa kita lakukan untuk mengolah daun mengkudu ini untuk sebagai obat jerawat dengan cara sebagai berikut :

  • Ambil atau gunakan pucuk dari daun mengkudu dan cuci hingga bersih.
  • Haluskan daun tersebut, setelah halus tambahankan dengan minyaka zaitun secukupnya, kemudian masukan sedikit garam.
  • Aduk rata ketiga bahan tersebut sampai merata, setelah itu bahan siap di gunakan.
  • Sebelum menggunakan bahan tersebut, pencet dan buah nanah yang ada pada jerawat batu tersebut dengan menggunakan jari tangan, jangan menggunakan kuku. Setelah itu bersihkan muka dengan air hangat, kemudian keringkan.
  • Oleskan ramuan tadi pada jerawat yang sudah di keluuarkan nanahnya,
  • Tunggu hingga beberapa saat agar ramuan tersebut meresap pada kulit,
  • Kemudian bersihkan muka setelah setelah selesai peresapan ramuan tersebut.
  • Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini secara rutin sampai bekas jerawat menghilang.

Cara Mengolah Daun Mengkudu


Untuk cara mengolah daun mengkudu menjadi teh yang bisa di seduh, bisa kita lakukan dengan cara seperti di bawah ini :

Ambil daun mengkudu muda, yang masih segar, kemudian cuci hingga bersih dan keringkan hingga kering. Setalah kering bisa anda simpan, untuk mengkosumsinya bisa Anda lakukan dengan mengkonsumsi teh biasa, akan tetapi tidak memakai gula, Cuma menggunakan sedikit garam saja, dan teh di konsumsi masih dalam keadaan hangat.

Selain dari daunnya untuk keshatan dan kecantikan, buahnya juga memiliki manfaat yang tidak kalah hebatnya di bandingkan daunnya, adapun manfaat buahnya untuk kecantikan sebagai berikut :

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kecantikan


  • Melembutkan kulit


Semua wanita sudah pasti berharap untuk bisa memiliki kulit yang halus dan mulus, selain untuk pergi ketempat perawatan kulit, sebenarnya Anda bisa menggunakan bahan yang alami untu menghaluskan serta melebutkan kulit Anda. Adapun bahan alami itu adalah menggunakan jus mengkudu sebagai lulur.

  • Sebagai Obat Jerawat


Jus buah mengkudu ini memiliki antioksidan, anti inflamasi dan anti bakterial yang memiliki fungsi untuk mengobati jerawt yang memabandel. Hal yang harus Anda lakukan untuk obat jerawat adalah : cuci wajah Anda menggunakan air hangat supaya pori-pori kulit terbuka, kemudian terapkan jus buah mengkudu pada wajah, terutam pada bagian area yang timbul jerawat, setelah diamkan selama lebih kuran ¼ jam, setelah itu bilas wajah anda hingga bersih.

  • Mencegah Kulit Kusam


Untuk dapat mengatasi kulis kusan dan kering, terapkan jus mengkudu ini sebagai masker pada kulit selama lebih kurang 15 menit. Setelah itu bilas hingga bersih, lakukan dengan rutin dan teratur.

Bagaimana, banyak bukan manfaat dari tanaman mengkudu ini.? Kita bisa menggunakannya kapanpun, karena tanaman ini sangat mudah di temukan. Demikianlah ulasan tentang manfaat buah dan daun mengkudu untuk kesehatan dan kecantikan, semoga ini bermanfaat bagi Anda.

Postingan terkait:

"Manfaat Buah Dan Daun Mengkudu untuk Kesehatan & Kecantikan"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.