Khasiat Dan Manfaat Cabai Untuk Kesehatan

Cabai ataupun cabe, pertama kali di kenal pada tahun 1498 di India, cabai juga telah di masukan kedalam daftar kelompok obat-obatan yang di gunakan sebagai obat untuk bisa mengatasi berbagai macam penyakit. Hal ini dimana manfaat cabe mempunyai kegunaan yang sangat banyak sekali untuk kesehatan, seperti berguna untuk merangsang nafsu makan, membakar kalori, membersihkan paru-paru, untuk sistem pencernaan, dan lain sebagainya.

Khasiat Dan Manfaat Cabai Untuk Kesehatan
 Adapun kandungan Gizi yang bisa kita dapatkan dari cabai adalah sebagai berikut :

Kandungan Gizi Cabai


  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Float
  • Mangan
  • Potassiun
  • Thiamin
  • Nutrisi, dan lain-lainnya.

Untuk yang bisa kita ketahui, kandungan Vitamin C yang terdapat pada cabai ternyata tujuh kali lebih banyak di bandingkan dengan buah jeruk.

Didalam hal ini, wajar saja kalau cabai memiliki manfaat dan khasiat untuk tubuh, itu sebabnya banyak dari orang-orang memanfaatkan cabai sebagai obat untuk penangkal berbagai macam penyakit.

Manfaat Cabai Untuk Kesehatan


Cabai yang sering kita kenal sebagai bahan dalam masakan, yang fungsinya untuk menambahkan cita rasa pedas dalam suatu masakan bisa kita manfaatkan untuk mengatasi berbagai macam jenis penyakit. Adapun manfaat dan khasitnya adalah sebagai berikut :

Menangkal Racun


Cabe bekerja sebagai detoxifiers, karena mereka bekerja untuk dapat menghilangkan kotoran-kotoran yang ada dalam tubuh serta dapat meningkatkan pasokan kepada seluruh jaringan tubuh. Tidak itu saja, cabe juga bekerja sebagai detoxicant gastrointesnal, yang bekerja untuk dapat membantu dalam peroses pencernaan makanan.
Baca juga : Cara Mengeluarkan racun Dalam tubuh Secara Alami

Dapat Melindungi Tubuh Dari Radikal Bebas


Dialam cabe terdapat kandungan capsicin, yaitu zat kimia yang dapat memberikan rasa pedas. Selain itu cabe juga bekerja sebagai Antioksidan. Antioksidan inilah yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Dengan adanya antioksidan di dalam cabe, hal ini dapat untuk menghancurkan kolestrol yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan penyakit lainnya seperti katarak.

Dapat Mengurangi Risiko Terkeana Kanker


Telah di ketahui, bahwa beta-karoten dan asam float yang terdapat didalam cabe dapat mengatasi atau mengurangi resiko terkena kanker usus besar. Manfaat cabe seperti cabe merah, memiliki Lycopene Cartonoid berkerja untuk mencegah penyakit kanker.
Baca juga : Cara Mencegah Kanker Secara Alami

Sebagai Penghilang Rasa Sakit


Cabe dapat meransang pelepasan Endorfin yang dapat membunuh rasa sakit yang secara alami. Selain itu, di dalam hal ini , cabe juga memiliki kemampuan untuk dapat mengurangi rasa nyeri yang di sebabkan penyakit rematik.

Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Paru-Paru


Khasiat cabe yang selanjutnya adalah dapat mengatasi hidung tersumbat dengan bekerja sebagai meningkatkan metabolisme yang bisa mengakibatkan melebarkan saluran pernapasan dari paru-paru yang dapat membantu mengurangi asma dan mengi. Hal yang seperti ini juga akan mengurangi resiko terkena penyakit paru-paru kronis. Selain itu, Vitamin A yang terdapat pada cabe dapat mengurangi resiko radang paru-paru.
Baca juga : 5 Jenis buah Efektif Menjaga kesehatan paru-paru

Dapat Menjadi Antibiotik


Degan banyaknya Vitamin yang terkdandung didalam cabe, dapat membuat cabai menjadikan salah satu obat antibiotik yang alami. Ini di karenakn cabe bekerja sebagai mengatasi infeksi, karena ketika terjadi infeksi, cabe dapat membawa darah segar ketempat terjadinya infeksi. Sementara darah segar dapat bekerja melawan infeksi, sementara sel-sel darah putih dan leukosit yang terdapat didalam darah segar dapat bekerja untuk membasmi virus.
Baca juga : Efek Samping Obat Antibiotik Kimia Yang Menakutkan

Mencegah Serangan Jantung


Kandungan Vitamin B6 dan asam Float yang terdapat pada cabe dapat bekerja untuk mengurangi tingkat homocysteine yang tinggi. Hal yang seperti ini telah terbukti dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, yang beresiko dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Untuk itu cabe diperlukan untuk mengubah homocysteine menjadi molekul lain yang memiliki manfaat untuk dapat menurunkan kadar kolestrol.

Baca juga :

Menurunkan Tingkat Gula Darah


Para peneliti di The University of Tasmania, yang hasilnnya telah dipublikasikan didalam American Journal Of Clinical Nutrition Pada bulan Juli 2006 yang lalu mengatakan bahwa, cabe memiliki dampak yang sangat baik bagi orang-orang yang kelebihan berat badan atau menderita diabetes. Studi yang telah di lakukan menghasilkan bahwa mengkonsumsi cabai secara normal dapat membantu mengontrol kadar insulin secara signifikan.
Baca juga : Cara Mengatasi Gula Darah Dengan Kayu Manis

Sebagai Terapi dan Relaksasi


Para penelitian juga telah menunjukan bahwa cabe dapat memiliki efek terapeutik pada tubuh, yang dapat memungkinkan seseorang lebih mudah untuk bersantai. Itu sebabnya cabe dapat bermanfaat dalam mengurangi dan mencegah penyakit seperti sakit kepala.

Dapat Membantu Membakar Lemak


Kandungan Capsaicin yang terdapat dalam cabe juga merupakan senyawa thermogenic yang dapat membantu meningkatkan metabolisme, hal ini tentu saja dapat membantu dalam proses pembakaran lemak. Studi juga telah menunjukan bahwa cabe dapat meningkatkan metabolisme hingga 23 persen selama lebih kurang dalam 3 jam.

Bagai mana menurut sobat, sangat banyak bukan manfaat yang bisa kita dapatkan dari cabe, tapi selain manfaat nya yang banyak, cabe juga memiliki efek samping yang harus kita waspadai. Adapun efek sampingnya adalah sebagai berikut :

Efek Samping Mengkonsumsi Cabai


Untuk orang yang memakai angiotensin, aspirin, atau pengencer darah, di sarankan jangan mengkombinasikannya dengann produck cabe, karena dapat menyebabkan gejala yang berat, dan bahkan bisa keracunan. Selain itu untuk ibu yang lagi hamil juga di sarankan untuk menghindari mengkonsumsi cabai merah yang berlebihan. Karena beberapa studi ilmiah telah menemukan bahwa cabe dapat meningkatkan kemungkinan kelahiran prematur. Jadi untuk yang ingin mengkonsumsi produck cabe sebaikanya berkonsultasi dulu kedokter

Berdasarkan ulasan singkat di atas, di ketahui bahwa cabai memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan kita. Semoga ini bermanfaat…

Postingan terkait:

"Khasiat Dan Manfaat Cabai Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.