9 Tanaman Obat Herbal Untuk Penyakit Asam Urat Dan Rematik

Penyakit Asam urat dan rematik adalah jenis penyakit yang sering kali kita jumpai di sekitar lingkungan kita. Biasanya, orang yang terdahulu menganggap orang yang bisa terkena penyakit asam urat ini hanyalah orang-orang yang sudah lanjut usia. Namun pada saat ini, anggapan yang seperti itu sudah tidak bisa di percaya lagi atau sudah terbantahkan.

Karena pada saat sekarang ini, banyak orang-orang yang sudah terkena penyakit asam urat, tidak hanya pada orang-orang yang sudah lanjut usia saja, akan tetapi juga banyak pada orang-orang yang masih muda dan bahkan anak-anakpun sudah terkena penyakit asam urat.

Meskipun penyakit ini tidak begitu berbahaya, akan tetapi kalau dibiarkan secara berkelamaan, akan menimbulkan bahaya juga, terlebih lagi penyakit asam urat ini mengganggu aktivitas serta dapat membatasi gerak kita. Biasaya, penyakit asam urat ini muncul akibat dari pola hidup yang kurang sehat serta mengkonsumsi pola makan yang kurang sehat.

Baca Juga : Makanan Yang Tidak Baik Konsumsi Bagi Penderita Asam Urat

Sebenarnya penyakit ini sudah ada sejak zaman dahulu, bahkan orang-orang dahulu juga banyak mengalami penyakit asam urat ini, untuk mengatasi penyakit asam urat ini, mereka hanya menggunakan obat herbal yang mereka racik sendiri, dan ini tentunya sangat berkesan untuk mengatasi asam urat.

Jadi untuk itu tidak ada salahnya juga untuk kita mengetahui jenis tanaman herbal yang bisa kita jadikan obat jika terkena penyakit asam urat seperti yang telah di lakukan oleh orang-orang terdahulu. Adapun jenis tanaman yang biasa mereka jadikan sebagai obat herbal untuk penyakit asam urat adalah sebagai berikut.

Daftar Tanaman Obat Herbal Untuk Penyakit Asam Urat

1. Akar Dari Pohon Pepaya Gantung


Tanaman dari Pohon pepaya Gantung yakni akarnya bisa dijadikan obat herbal untuk penyakit asam urat. Hal ini telah dipercaya sejak zaman dahulu, untuk cara pengolahannya, bisa kita lakukan seperti berikut :

Ambil akar pohon pepaya gantung kemudian di potong-potong sekitar lebih kurang lima potong, kemudian cuci akar tersebut sampai bersih, setelah itu rebuslah akar tersebut lebih bagus lagi tambahkan 3 sendok makan lengkuas yang sudah di haluskan waktu merebusnya.

Untuk merebus akar tersebut gunakan air lebih kurang 4 gelas, biarkan mendidih hingga airnya berkurang sampai satu gelas. Untuk hasil yang maksimal, konsumsilah  air rebusan tersebut tiga kali sehari.

2. Jahe


Rempah asli yang ada di Indonesia ini memang sudah terkenal manfaat dan khasiatnya untuk bisa mengobatai berbagai macam jenis penyakit, salah satunya yaitu untuk meredakan rasa nyeri rematik yang diakibatkan oleh asam urat. Selain manfaatnya yang dapat memperlancar sistem pernafasan serta pencernaan, obat herbal yang satu ini juga mampu meredakan rasa nyeri pada sendi akibat dari asam urat.

Hal ini karena jahe bisa mengeluarkan tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah. Jahe juga adalah jenis tanaman yang terbilang senang untuk membudidayakannya. Untuk cara mengolahnya, bisa kita lakukan dengan cara sebagai berikut :

Potong jahe tersebut lebih kurang sebesar ibu jari, kemudian ambil potongan jahe tersebut dua buah, kemudian rebus jahe tersebut dengan air satu gelas, kemudian biar sampai mendidih dengan menambahkan sedikit gula, lebih baik lagi jika Anda menambakan madu sekitar satu sendok teh, konsumsilah air rebusan tersebut secara teratur.

3. Cengkeh


Cengkeh juga pada kenyataannya dapat kita gunakan sebagai tanaman obat herbal yang bisa meredakan rasa nyeri akibat dari asam urat dan rematik.

Langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk mengolahnya bisa kita lakukan dengan cara menumbuk cengkeh dan jahe dengan perbandingan satu banding satu. Racikan yang seperti ini tidaklah untuk dikonsumsi, akan tetapi untuk kita jadikan sebagai obat luar pada bagian yang terkena asam urat dan rematik.

4. Daun Sambiloto


Tanaman sambiloto adalah jenis tanaman yang berasal dari negara India, yang lebih dikenal dengan sebutan nama papaitan, kayu mas, bidara, dan lain-lain sebagainya. Kandungan yang terdapat didalamTanaman ini mengandung senyawa seperti flavanoid, alkane, aldehid, keton dan juga mineral seperti kalium, kalsium dan natrium, kandungan ini dapat kita manfaatkan sebagai obat herbal untuk penyakit asam urat. Tidak hanya itu saja, daun ini juga bisa kita jadikan sebaai penawar racun.

Untuk cara membuat ramuan ini, bisa kita lakukan dengan merebus tanaman sambiloto dengan kunyit dan segelas air, rebus hingga mendidih, setelah itu dinginkan dan konsumsi secara teratur.

5. Daun Salam


Daun salam juga dipercaya mampu untuk mengatasi penyakit asam urat. Karena kandungan yang terdapat di dalam daun salam mengandung alkaloid, flavonoid, tannin, dan minyak astsiri. Kandungan ini tentunya sangat bermanfaat untuk mengobati asam urat dan rematik.

Untuk cara mengolahnya tidaklah begitu sulit, kita bisa lakukan dengan cara Sediakan 10 lembar daun salam, kmudian rebus daun tersebut dengan air 700 cc biarkan sampai mendidih hingga air menjadi 200 cc. kemudian minumlah air tersebut layak minum kopi yang lagi hangat.

6. Tanaman Kumis Kucing


Tanaman yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita, karena tanaman kumis kucing ini sering kita jumpai di sekitar lingkungan rumah kita. Kandungan yang terdapat didalam tanaman kumis kucing mengandung senyawa dan mineral yang berperan dalam mengobati asam urat dan rematik.

Tidak hanya itu saja, didalam tanaman kumis kucing juga mengandung senyawa osthosiponin glikosida, senyawa itu berguna untuk membuang asam urat yang berlebihan di dalam tubuh.
Selain itu, di dalam tanaman kumis kucing juga terdapat kandungan garam kalium yang mampu melarutkan batu ginjal, ada sinsetinnya yang berguna untuk menjadi anti bakteri, dan sifat diuretik yang bisa membantu untuk mengeluarkan asam urat melalui urin. Baca Juga : Ketahui Gejala Batu Ginjal Dan Cara Mengatasinya.

Untuk bisa mendapatkan manfaat dair tanaman kumis kucing ini, bisa kita lakukan dengan olahan seperti berikut : ambil 5 lembar daun kumis kucing, kemudian  Rebus dengan 2 gelas hingga tersisa menjadi 1 gelas. Kemudian konsumsi air rebusan tersebut 3 kali sehari.

7. Daun Sirsak


Menurtu dari penelitian, mengkonsumsi rebusan dari daun sirsak secara teratur dapat mengatasi penyakit asam urat. Untuk cara mengolah daun sirsak ini bisa kita lakukan dengan cara : ambil daun sirsak sekitar 10-15 lembar, kemudian cuci hingga bersih, setelah itu masukan daun sirsak kedalam wadah serta tuangkan air hingga daun sirsak terendam seluruhnya, setelah itu rebuslah daun bersama air tersebut hingga air tersisa menjadi 2 gelas. Konsumsilah air tesebut 2 kali sehari di anjurkan pada waktu pagi dan sore.

Selain itu, kita juga bisa melakukan pengobatan dari luar menggunakan daun sirsak, adapun caranya adalah tumbuk daun sirsak yang sudah dibersihkan seperlunya, kemudian oleskan pada bagian yang terkena asam urat dan rematik.

8. Meniran


Meniran juga merupakan tumbuhan yang memiliki banyak sekali kandugan senyawa seperti tanin, damar, filantin, dan hipofilantin. Kandungan yang terdapat di dalam Meniran ini dipercaya mampu untuk mengobati penyakit asam urat. Selain itu tanamn ini juga bisa mengatasi penyakit hepatitis dan infeksi saluran kencing.

9. Tanaman Anting-anting


Tanaman anting-anting atau yang sering disebut dengan tanaman akar kucing ini mudah sekali kita temukan, bahkan di sekitaran rumah atau pekarangan rumahpun bisa kita temukan. Manfaat yang bisa kita dapati dari tanman anting-anting ini bagi kesehatan banyak sekali, yaitu salah satunya bisa kita jadikan sebagai obat alami. Ini karena kandungan yang terdapat didalam tanaman anting-anting mengandung steroid , flavonoid, tannin, dan saponin yang bisa mengatasi masalah asam urat.

Untuk mengolah tanaman ini sebagai obat herbal yang alami adalah dengan cara :  sediakan tanaman anting-anting kemudian ammbil akarnya lebih kurang 30 sampai 60 gram dan keringkan. Kemudian cuci akar tersebut sampai bersih.

Setelah itu rebus akar tersebut bersama dengan 3 gelas air, biarkan sampai mendidih sehingga air menjadi setengah gelas. Setelah itu dinginkan air tersebut kemudian di saring. Konsumsi air tersebut sehari 3 kali.

Itulah mannfaat dari tanaman obat herbal yang bisa mengatasi penyakit asam urat yang mudah untuk kita dapatkan di sekitar lingkungan rumah kita. Dari pada kita mengkonsumsi obat-obatan kimia lebih baik kita mengkonsumsi obat herbal yang tentunya bisa kita racik sendiri.

Kesimpulan 
Berdasarkan dari ulasan diatas, sebenarnya banyak dari tanaman yang ada di sekitar lingkungan kita yang bisa kita jadikan sebagai obat untuk suatu penyakit, asalkan kita mengetahui letak dari manfaat yang bisa kita gunakan untuk suatu penyakit tersebut. Karena sesungguhnya tuhan menciptakan sesuatu itu tentu ada manfaat dan kegunaanya yang bisa digunakan oleh hambanya. Semoga informasi ini bermanfaat…

Postingan terkait:

"9 Tanaman Obat Herbal Untuk Penyakit Asam Urat Dan Rematik"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.