Manfaat Dari Tumbuhan Kelor untuk Kesehatan

Tumbuhan Kelor atau merunggai (Moringa Oleifera) ialah tumbuhan yang biasa tumbuh di daerah-daerah tropis yang tingginya bisa mencapai 7-11 meter.

Manfaat Dari Tumbuhan Kelor untuk Kesehatan


Salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan dari tumbuhan kelor ini ialah akar dari tumbuhan kelor tersebut. Akar tumbuhan kelor memiliki kemampuan yang tak kalah hebatnya dengan daunnya.

Tumbuhan kelor ini juga telah banyak dimanfaatkan Orang-orang untuk dijadikan  sebagai bahan ramuan obat herbal tradisional yang bisa dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit di berbagai daerah.

Adapun manfaat yang bisa kita dapatkan dari akar tumbuhan kelor ini adalah sebagai berikut.

Manfaat Akar Kelor Untuk Kesehatan


1. Meringankan Gejala Rematik


Ketika Anda memiliki gejala penyakit rematik, kekakuan sendi dan sebagainya, Anda bisa menggunakan akar kelor ini untuk meringankan gejala penyakit rematik Anda. Akar kelor dipercaya dapat meringankan gejala penyakti rematik yang terjadi pada sendi. Hal ini dikarenakan akar kelor memiliki kemampuan untuk dapat meringankan rasa nyeri pada persendian.

Simak Juga Makanan Yang Baik Untuk Penderita Rematik Asam Urat

2. Meringankan Gejala Flu


Akar kelor telah dipercaya juga dapat membantu menyembuhkan gejala flu yang sering mengganggu Anda. Cara ini sebenarnya telah lama digunakan oleh belahan Amerika sana. Bahkan cara inipun telah dianggap sangat efektif untuk dapat mengatasi flu jika dibandingkan dengan obat-obatan yang tersedia atau yang dijual di pasaran.

3. Meringankan Gejala Batuk


Batuk sering kali dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Batuk dapat juga terjadi karena faktor lingkungan ataupun indikasi karena adanya penyakit di dalam tubuh.

Bagi Anda yang sering kena batuk dan ingin meredakannya namun Anda tidak ingin untuk meminum obat, ada baiknya Anda menggunakan akar kelor sebagai ramuan yang herbal untuk meringankan batuk Anda. Karenakan akar kelor telah dipercaya terbukti efetif untuk menyembuhkan batuk membandel.

4. Menambah Nafsu Makan


Biasanya buah dan kelor ini merupakan ramuan yang cocok untuk dapat membangkitkan nafsu makan. Namun, akar kelor juga dipercaya dapat memberikan manfaat untuk dapat meningkatkan nafsu makan yang secara alami pada seseorang. Nafsu makan seseorang bisa menurun disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu seperti tidak enak badan, demam, atau yang lain sebagainya.

Cara yang seperti ini dianggap lebih bagus oleh beberapa orang yang untuk membangkitkan nafsu makan jika dibandingkan dengan mengkonsumsi obat-obatan yang ada di pasaran.

5. Dapat Menyembuhkan Bisul


Bisulan adalah merupakan salah satu penyakit kulit yang cukup mengganggu penampilan dan kenyamanan seseorang. Di negara India, akar kelor telah dianggap sebagai salah satu obat penyembuh bisul yang telah terbukti ampuh dan efektif, dan telah diterapkan sejak lama meskipun bisulannya membandel sekalipun. Selain dari itu, akar kelor juga dapat mengurangi bengkak akibat bisulan.

6. Mencegah Penyakit Jantung


Jantung adalah salah satu organ yang sangat penting bagi tubuh yang harus Anda jaga dan Anda rawat agar selalu sehat. Nah, Agar Anda terhindar dari penyakit jantung yang dapat bisa menyebabkan kematian, kita bisa mencegahnya dengan cara menggunakan akar kelor ini. Karena Akar kelor dipercaya memiliki kandungan yang efektif untuk mencegah penyakit jantung serta tidak memiliki efek apapun.

Baca Juga

 7. Menyembuhkan Kaki Yang Pegal-Pegal


Akibat dari melakukan aktifitas pada setiap hari khususnya bagi orang-orang yang bekerja berat, dapat menyebabkan seseorang itu terasa lelah dan pegal-pegal terhadap otot-ototnya. Nah Apabila Anda merasa kaki Anda pegal-pegal, Anda bisa memanfaatkan akar kelor ini untuk menyembuhkan kaki Anda yang pegal-pegal. Karena akar kelor telah terbukti sangat efektif untuk meredakan pegal-pegal di kaki.

8. Mencegah Iritasi Pada Kulit


Terjadinya Iritasi pada kulit bisa disebabkan oleh beberapa hal, untuk itu jangan biarkan iritasi kulit berlangsung terlalu lama hingga menjadi semakin parah. Bagi Anda yang sedang mengalami iritasi kulit, Anda bisa memanfaatkan atau menggunakan akar kelor untuk menyembuhkannya. karena akar kelor dipercaya memiliki kekuatan yang ampuh dan efektif untuk mengatasi iritasi kulit.

9. Sebagai Obat Penyakit Malaria


Penyakit malaria merupakan salah satu penyakit yang mematikan yang berasal dari  gigitan nyamuk. Untuk dapat mengatasinya, kita harus perlu menjaga kebersihan lingkungan kita agar tidak menjadi sarang nyamuk yang bisa menjadi penyebab utama penyakit malaria.

Namun ketika Anda sudah terkena, Anda bisa menggunakan obat herbal akar kelor untuk dapat membantu mengobati malaria Anda. Meskipun demikian, Anda juga hars perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum Anda menggunakan akar kelor ini sebagai obat malaria.

10. Sebagai Obat Ginjal


Manfaat lain dari akar kelor ini adalah sebagai obat ginjal. Karena kandungan yang terdapat didalam akar kelor dipercaya mengandung senyawa yang ampuh yang bisa menjaga ginjal agar tetap sehat. Selain itu, akar kelor juga telah dipercaya dapat membantu meningkatkan kinerja pada ginjal.

Baca Juga Gejala Batu Ginjal Dan Cara Mengobatinya

11. Membantu Menstabilkan Darah


Seperti yang kita ketahui, darah juga perlu dijaga kestabilannya agar supaya tidak menyebabkan berbagai macam penyakit dan terhindar dari gangguan sistem darah. Karena apabila darah tidak stabil, maka banyak penyakit yang akan bisa timbul pada diri kita, nah salah satu cara yang bisa dipercaya dapat membantu mestabilkan darah adalah dengan cara meminum ramuan dari akar kelor.

Nah, untuk cara penggunaan akar kelor atau ingin mengolahnya menjadi obat, bisa kita lakukan dengan cara sebagai berikut :

Dijadikan Sebagai Saus


Sifat pedas dengan kandungan glukosit yang terdapat pada akar kelor, dapat membuat akar kelor memiliki rasa yang hampir seperti rasa lobak putih, sehingga akar kelor dapat kita jadikan sebagai saos layaknya seperti saos lobak putih.

Ramuan Akar Kelor


Untuk penggunaan pada bagian dalam, kita bisa merebus akar kelor untuk kita jadikan sebagai jamu yang kemudian akan kita minum air rebusannya. Selain dari pada itu, kita juga dapat membuatnya menjadi bubuk halus dengan cara dikeringkan untuk bisa diseduh nantinya.

Obat Bubuh


Untuk penggunaan pada bagian luar, akar kelor bisa kita tumbuk dan kemudian kita bubuhkan pada bagian-bagian kulit yang kiranya ada penyakit.

Nah demikianlah ulasan tentang Manfaat Dari Tumbuhan Kelor Untuk Kesehatan, semoga artikel ini bermanfaat. Jika artikel ini bermanfaat, jangan sungkan untuk menyebarluaskan kepada yang lainnya…

Postingan terkait:

"Manfaat Dari Tumbuhan Kelor untuk Kesehatan"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.