Manfaat Dari Tanah Liat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Siapa sangka ternyata tanah liat memiliki banyak sekali Manfaat yang bisa kita peroleh darinya, hal ini kelihatan aneh bukan, apalagi seperti yang sudah ada pada judul tentang manfaat tanah liah untuk kesehatan, tapi asal kita mengetahui manfaatnya, ini memang benar-benar nyata.

Manfaat Dari Tanah Liat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari tanah liat ini, manfaat yang paling utama ialah tanah liat bisa kita olah untuk di jadikan sebagai perhiasan rumah, nah kalau untuk kesehatan, nanti di bawah akan kita ulas. Nah, sekarang kita akan bahas sedikit tentang tanah liat. Tanah liat atau lempung banyak kita jumpai di Indonesia yaitu di tanah air kita yang tercinta ini.

Kenapa tanah ini di namakan tanah liat, jawabannya adalah karena tanah ini memiliki bentuk atau tekstur yang liat yang dengan mudah untuk dibentuk-bentuk. Makanya banyak dari pengerajin guci menggunakan tanah liat ini untuk di jadikan perhiasan rumah. Seperti gucci, pot bunga dan masih banyak yang lainnya.

Tanah liat juga memiliki ukuran yang partikel sangat kecil dengan berdiameter sekitar lebih kurang 4 mikrometer. Tanah liat ini juga merupakan salah satu jenis jenis tanah yang mengandung banyak leburan dari aluminium atau silika halus, silikon dan juga oksigen.

Tanah liat ini terbentuk akibat dari proses pelapukan kerak bumi yang sebagiannya disusun oleh bebatuan feldspatic "batuan yang terdiri dari bebatuan granit dan bebatuan beku".

Pada umumnya, ada dua jenis tanah liat yang bisa kita ketahui, yaitu tanah liat primer dan tanah liat sekunder. Tanah liat primer ( Tanah Liat Residu ) memiliki sifat murni yang terbentuk akibat dari pelapukan batuan feldspatik oleh tenaga endogen yang kemudian berpindah dari bebatuan asalnya.

Tanah ini memiliki warna putih atau kekusaman. Warna tanah ini didapat karena tanah liat primer tidak bercampur dengan daun, ranting, humus dan tidak terbawa oleh arus air. Untuk tanah liat primer memerlukan daya peleburan yang sangat tinggi.

Tanah liat sekunder. Tanah liat sekunder terbentuk dari proses pelapukan bebatuan sedimen dan berpindah dari bebatuan induk karena adanya tenaga eksogen. Tanah liat sekunder juga memiliki tekstur warna kehitaman, coklat, merah jambu, krem dan kekuningan. Hal ini terbentuk karena tanah telah bercampur dengan bahan pengotor dan butirannya halus.

Untuk urusan manfaat untuk kesehatan, sebenarnya tanah ini banyak mengandung mineral yang bisa kita dapatkan dari tanah ini, Tanah liat telah di percaya mengandung 67 jenis mineral, diantaranya yaitu zink, zat besi, potasium, kalsium, magnesium, mangan, silica, dan yang lainnya.

Kandungan mineral-mineral tersebut memiliki banyak mafaat bagi umat manusia dan lingkungan. Selain dari manfaatnya banyak dijadikan bahan bangunan untuk bahan pembuatan keramik, tanah liat ini juga memiliki manfaat dalam bidang kesehatan dan kecantikan. Seperti yang sudah saya katakan untuk penjelasan tentang manfaat tanah liat ini, ada di sini.

Berikut Manfaat Dari Tanah Liat Untuk Kesehatan


Dapat Dijadikan Sebagai Lulur


Didalam bidang kecantikan, tanah liat bisa kita jadikan sebagai lulur atau masker tubuh. Tanah liat memiliki zat yang bisa membuat kulit menjadi kencang seperti kulit muda, dapat menghilangkan kotoran dan mengencangkan pori-pori, serta dapat membantu dalam pengelupasan sel kulit mati dan mengurangi peradangan pada jerawat.

Selain itu tanah liat juga dapat digunakan untuk mengeluarkan racun dan logam yang berbahaya dari dalam tubuh dengan cara berendam didalam air yang telah tercampur dengan tanah liat selama 30 menit.

Mengobati Osteoporosis


Kandungan kalsium yang terdapat didalam tanah liat dapat membantu orang untuk menjaga kesehatan tulang. Karena kalsium dapat menjaga kesehatan tulang sehingga apabila dikonsumsi dengan cara yang benar dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium sehingga dengan tidak mudah terkena osteoporosis dikemudian hari.

Menjaga Kesehatan Pencernaan


Tanah liat juga memiliki zat yang berbentuk mirip dengan sponge yang mampu menyerap racun dari dalam tubuh. Senyawa racun yang dapat dibersihkannya antara lain yaitu aflatoxin yang dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Tanah liat juga dapat berfungsi sebagai untuk mencegah radang perut dan sembelit. Hal yang seperti ini ialah merupakan manfaat kesehatan yang harus untuk didapatkan.

Tanah liat yang bisa digunakan untuk pengobatan diare adalah tanah liat yang mengandung mineral kaolin didalamnya, yaitu tanah liat yang memiliki kandungan besi rendah dan biasanya berwarna keputih-putihan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa tanah liat dapat menyerap racun bakteri seperti parasit, ion hydrogen, acidosis, dan hormon steroid yang berlebihan dalam kehamilan.

Bersifat Anti Kanker


Sifat anti yang terkandung didalam tanah liat medis dapat membantu dalam mencegah munculnya sel kanker didalam tubuh. Tanah liat medis telah dipercaya mampu membersihkan sel-sel kanker yang ada didalam tubuh manusia.

Penyembuhan Luka


Kandungan zink dan zat besi yang terdapat pada tanah liat dapat membantu dalam meringankan rasa sakit pada luka dan juga dapat membantu dalam penyembuhannya serta menghilangkan atau menyamarkan bekas luka. Selain dari itu tanah liat juga dapat mengobati alergi pada kulit.

Menghambat Terjadi Infeksi


Penelitian juga telah menunjukkan bahwa tanah liat hijau Perancis efektif dalam menghambat Escherichia coli, Pseudomonas aeruginosa, Salmonella typhimurium, Mycobacterium marinum, dan Staphylococcus aerus. Bakteri pantogen yang bisa menyebabkan dampak serius dan sebagai obat tahan infeksi kulit.

Menghilangkan Rasa Pahit Pada Sayur


Beberapa dari orang-orang banyak memanfaatkan tanah liat sebagai penghilang rasa pahit pada sayur salah satunya daun pepaya, selain menggunakan air garam ataupun daun jambu biji.

( Baca Juga : Manfaat Dari Daun Pepaya Jepang )

Selain dari manusia, hewan yang secara insting juga memanfaatkan tanah liat utnuk diet kesehariannya, dengan cara menjilat tanah liat atau berguling-guling di tanah. Sejarah membuktikan bahwa nenek moyang kita telah menjadikan tanah liat sebagai penawar racun pada tubuh.

Itu karena kndungan yang terdapat didalam tanah liat memiliki kandungan mineral yang mempu meningkatkan produksi enzim-enzim tertentu dalam tubuh kita. Mengkonsumsi tanah liat juga bisa menjadi suplemen untuk tubuh.

Adapun cara penggunaan tanah liat ini untuk bisa dikonsumsi adalah sebagai berikut.
  • Untuk balita dapat mengkonsumsinya sebanyak 3x sehari dengan takaran ½ sendok teh sekali konsumsi (dalam bentuk cair).
  • Untuk Anak yang berumur di atas 5 tahun : 3x sehari, dengan takaran 1 sendok teh sekali konsumsi.
  • Untuk yang dewasa 3x sehari, dengan takaran 1 sendok makan sekali konsumsi.
Selain tanah liat dikonsumsi dalam bentuk cairan, tanah liat juga dapat dikonsumsi dalam bentuk bubuk seperti isi kapsul. Sebenarnya banyak isi kapsul terbuat dari tanah liat.

Nah, dengan mengetahui berbagai macam jenis manfaat dan kegunaan dari tanah liat semoga dapat membantu kita dalam memanfaatkan tanah liat yang memiliki banyak manfaat terutama dalam bidang kesehatan.

Demikian ulasan tentang Manfaat Dari Tanah Liat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Semoga Bermanfaat…

Postingan terkait:

"Manfaat Dari Tanah Liat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.