Manfaat Dan Khasiat Dari Jamur Kuping Untuk Kesehatan

Jamur kuping ialah jenis jamur yang berasal dari spesies A. Auricula-judae dan juga berasal dari keluarga auriculariaceae. Dalam bahasa jepang, jamur kuping ini dikenal dengan julukan kikurage, dalam bahasa cina ia dinamakan Mu Er, sedangkan didalam bahasa inggris, jamur ini disebut dengan Jews Ear / Judas’Ear.
Manfaat Dan Khasiat Dari Jamur Kuping Untuk Kesehatan
Manfaat Dan Khasiat Dari Jamur Kuping Untuk Kesehatan
Nah, selama ini banyak dari orang-orang yang enggan untuk mengkonsumsi jamur sebagai asupan gizi mereka, karena banyak dari masyarakat Indonesia yang belum mengenal manfaat jamur untuk kesehatan.

Selain itu juga, banyak orang-orang yang masih takut untuk mengkonsumsi jamur karena mereka belum bisa untuk membedakan mana jamur yang beracun dan mana jamur yang tidak beracun, karena jika salah mengkonsumsi jamur, terkonsumsi jamur yang beracun akan berakibat fatal bahkan bisa menyebabkan kematian.

Jamur kuping ini biasanya dapat kita jumpai pada waktu musim hujan, biasanya jamur ini  banyak tumbuh dan menempel pada batang kayu yang sudah lapuk atau yang sudah membusuk, ya seperti ditempat basah atau lembap gitu. Tapi kalau dipasar, jamur ini dijual dengan bentuk yang sudah kering.

Jamur yang mempunyai tekstur yang kenyal, dan meiliki warna coklat tua yang setengah bening, dan terkadang juga berbentuk seperti mangkuk yang menyerupai bentuk daun telinga manusia ini termasuk ke dalam golongan keluarga jelly fungi,  yang memiliki sebutan nama latin Auricularia polytricha.

Sebenarnya ada banyak kegunaan dari jamur kuping ini, Kegunaan yang pertama dari jamur kuping ini ialah masayarakat Indonesia banyak yang menggunakannya sebagai campuran olahan sup ataupun masakan oseng.

Selain untuk dijadikan sebagai olahan masakan yang enak, manfaat jamur kuping ini juga sudah sejak lama terkenal dengan khasiatnya untuk kesehatan manusia. Bagi Anda yang ingin tau apa saja manfaatnya, berikut ini ada beberapa manfaat yang terdapat didalam jamur kuping hitam jika kita konsumsi dengan cara yang benar dan teratur.

Berikut Ini Manfaat Dan Khasiat Dari Jamur Kuping Untuk Kesehatan

Dapat Mencegah Terjadinya Iritasi dan Peradangan


Kandungan Ekstrak Polisakarida yang terdapat di dalam jamur kuping memiliki sifat anti peradangan. Hal yang seperti ini dapat berguna untuk menghentikan atau mengobati sebuah iritasi dan juga peradangan yang terjadi pada tubuh, terutama pada bagian selaput lendir.

Dapat Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke


Penyakit jantung dan strok adalah sebuah penyakit yang terjadi disebabkan oleh penggumpalan darah yang pada akhirnya akan dapat mengakibatkan aliran darah yang menuju ke jantung menjadi tersumbat.

Baca Juga :


Jika Anda sering mengkonsumsi jamur kuping secara rutin, maka dengan ini dapat membantu Anda untuk menurunkan resiko terjadinya penyakit tersebut. Karena jamur kuping bekerja dengan cara membantu dan menyeimbangkan pencernaan darah dalam tubuh. Hal ini tentunya dapat berguna untuk dapat membantu memperlancar peredaran darah dalam tubuh yang nantinya berguna untuk dapat  mencegah terjadinya stroke.

Dapat Mencegah Datangnya Gangguan Alzheimer


Jamur kuping ialah merupakan salah satu jenis olahan bahan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang ingin memiliki hidupnya yang sehat, terutama bagi orang-orang yang telah memiliki usia lanjut. Karena kandungan Ekstrak dari zat Polisakarida yang terdapat di dalam jamur kuping ini dapat menghambat penyebaran penyakit Alzheimer.

Dapat Mengobati Penyakit Hipertensi


Para ahli telah menunjukkan sebuah bukti dimana jamur kuping memiliki kandungan obat yang sangat efektif untuk dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan juga kadar glukosa dalam darah.
 

Dapat Menurunkan Resiko Stress


Kandungan Vitamin B2 yang terdapat didalam jamur kuping yang biasa dikenal sebagai zat Riboflavin, berguna untuk dapat membantu melindungi sistem kekebalan tubuh serta dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghindari rasa stress.

Dapat Menjadi Penangkal Radikal Bebas


Seperti yang kita ketahui, Tubuh manusia memerlukan zat Riboflavin untuk dapat membantu atau mengubah kandungan karbohidrat agar menjadi zat glukosa yang nantinya akan di proses untuk menjadi bahan bakar dalam tubuh. Senyawa ini dapat berguna untuk menjaga kesehatan rambut, organ mata, kesehatan kulit, dan juga fungsi hati.

Vitamin B2 yang ada di dalam jamur kuping mampu bertindak sebagai zat Antioksidan yang sangat baik dan berguna untuk dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh pengaruh dari radikal bebas. Selain itu juga dapat mencegah trjadinya penuaan dini dan resiko terkena penyakit kanker.

Dapat Menurunkan Kolesterol


Sebuah penelitian yang telah dilakukan pada seekor tikus yang sedang mengalami dan menderita hiperlipidemia. Penelitian telah menunjukkan bahwa polarisakarida yang terdapat dalam jamur kuping dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Hal tersebut juga dapat meningkatkan HDL didalam darah tikus tersebut.

Untuk Menghilangkan Efek Racun


Lendir yang terdapat pada jamur kuping dapat digunakan untuk mengobati tubuh yang sedang mengalami keracunan. Untuk itulah, jamur kuping sering digunakan untuk menghilangkan racun pada berbagai olahan makanan. Jamur kuping dapat kita gunakan untuk penangkal racun seperti racun nabati, racun yang berasal dari logam berat, maupun racun residu pestisida.

Simak Juga Cara Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh Secara Alami


Nah, demikianlah ulasan tentang Manfaat Dari Jamur Kuping Untuk Kesehatan yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat…

Postingan terkait:

"Manfaat Dan Khasiat Dari Jamur Kuping Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.