Manfaat Berjemur Di Pagi Hari Bagi Kesehatan

Sinar matahari adalah merupakan salah satu sumber yang dibutuhkan oleh kehidupan manusia di muka bumi. Matahari juga menjaga agar bumi tetap hangat serta dapat mencegah dunia dari kebekuan. Tapi, jika tubuh terlalu sering terkena matahari bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kanker juga katarak.

Manfaat Berjemur Di Pagi Hari
Manfaat Berjemur Di Pagi Hari

Sunburn atau bisa di sebut kulit terbakar oleh sinar matahari adalah kondisi yang telah disebabkan oleh sinar radiasi UVB yang terlalu tinggi, selain itu juga dapat menyebabkan kerusakan terhadap DNA.

Untuk itu, kesehatan harus benar-benar dijaga. Pada saat ini, untuk kesehatan bisa dikatakan mahal, oleh karena itu kita harus pintar mengatur dan mengambil kesempatan untuk bisa memanfaatkan hal-hal yang dapat menunjang kesehatan. Salah satunya adalah matahari.

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat matahari, apalagi melakukan berjemur diwaktu pagi hari. Merasakan hangatnya sinar matahari diwaktu pagi adalah suatu kenikmatan tersendiri yang mungkin sulit untuk didapatkan oleh orang-orang yang memiliki kesibukan kerja yang luar biasa.

Jika Anda adalah salah seorang yang termasuk ke dalam kategori orang yang sibuk, mungkin Anda bisa berpikir dua kali untuk melewatkan anugerah yang sudah diberikan melalui sinar matahari pagi.

Mungkin selama ini sudah di kenal luas oleh masyarakat tentang manfaat sinar matahari diwaktu pagi yang mampu merangsang produksi vitamin D pada tubuh. Namun kenyataannya, sebenarnya ada lebih banyak lagi manfaat sinar matahari di pagi hari bagi kesehatan yang belum Anda ketahui. Berikut ini beberapa penjelasan tentang manfaat ketika berjemur dipagi hari.

Manfaat Ketika Berjemur Di Pagi Hari


1. Membuat Kulit Lebih Sehat

Kulit yang sering terkena sinar matahari pagi juga terbukti akan menjadi lebih sehat. Namun, yang perlu Anda perhatikan ialah batasan-batasan waktu yang masih termasuk didalam matahari pagi. Matahari yang memiliki manfaat kesehatan hanya terdapat pada waktu di bawah jam 10, diatas jam 10 jangan Anda coba-coba untuk berjemur. Karena bukan kesehatan lagi yang Anda dapatkan, akan tetapi justru membuat kulit Anda menjadi gosong.

Baca Juga

Berjemur diwaktu pagi hari selama setengah jam juga dapat membantu Anda untuk mengatasi permasalahan jerawat yang membandel dan menjengkelkan. Untuk itu cobalah Anda lakukan hal ini secara rutin setiap hari sebagai terapi yang alami menghilangkan jerawat.

Baca Juga Cara Mengatasi Jerawat Pasir Secara Alami

2. Melancarkan Aliran Darah


Salah satu manfaat lain yang bisa Anda dapatkan ketika berjemur di bawah hangatnya sinar matahari pagi adalah peredaran darah bisa menjadi lebih lancar. ketika tubuh mendapatkan terpaan dari sinar matahari pagi, pembuluh darah Anda akan melebar.

Akibat dari itu, darah yang di edarkan ke seluruh tubuh akan menjadi lebih lancar. Manfaat ini akan semakin bagus lagi jika Anda berjemur sambil melakukan beberapa gerakan seperti senam, jogging ,jalan kaki dan yang lain-lainnya. Untuk itu cobalah untuk meluangkan waktu Anda minimal satu kali dalam seminggu untuk bisa melakukan ini dan buktikan sendiri manfaatnya.

3. Mencegah Serangan Kanker


Cahaya matahari diwaktu pagi hari juga ternyata memiliki manfaat untuk mencegah serangan dari penyakit kanker. Seperti yang kita ketahui, bahwa sinar matahari pagi bisa membantu tubuh untuk membentuk vitamin D, yang salah satu fungsi utamanya adalah sebagai antioksidan alami bagi tubuh.

Antioksidan seperti inilah yang akan berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai serangan dari radikal bebas dan penyakit. Dengan secara rutin berjemur di pagi hari, Anda telah bisa meminimalisir terjadinya penyakit kanker.

4. Membantu Pembuangan Racun Didalam Tubuh


Berjemur di waktu pagi hari juga tidak hanya dapat menyehatkan tubuh, akan tetapi juga dapat membantu tubuh untuk melakukan proses detoksifkasi racun-racun yang telah mengendap di dalam tubuh.

Baca juga Cara Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh Dengan Air Garam

Udara yang bersih serta kaya oksigen yang bisa Anda dapati diwaktu pagi hari juga dapat membuat paru-paru Anda menjadi lebih segar. Untuk itu cobalah untuk melakukan gerakan seperti olahraga ringan sambil berjemur di pagi hari. Dengan demikian tentunya Anda akan terhindar dari serangan-serangan dari berbagai macam jenis penyakit yang di sebabkan oleh berbagai zat racun yang masuk ke dan mengendap didalam tubuh.

5. Mengurangi Gula Darah


Cahaya matahari di waktu pagi hari adalah insulin alami yang dapat memberikan kemudahan penyerapan glukosa yang masuk ke dalam sel-sel tubuh. Hal seperti inilah yang akan merangsang tubuh untuk bisa mengubah gula darah menjadi glycogen, yang kemudian nantinya akan disimpan di hati dan juga otot. Proses yang seperti inilah sebagai turunnya kadar gula darah.

6. Mengandung vitamin D


Pada waktu berkas dari sinar ultraviolet disaring di kulit, sinar tersebut akan merubah simpanan kolesterol pada kulit menjadi vitamin D. Menerima terpaan dari  sinar matahari selama 5 menit saja, itu sama artinya Anda memberikan 400 unit vitamin D pada tubuh Anda.

7. Meredam Kolesterol Darah


Setelah kolesterol di bawah kulit yang telah dirubah menjadi vitamin D, otak dan tubuh kemudian akan memberikan sinyal kepada kolesterol yang ada didalam darah untuk keluar dari dalam darah menuju ke kulit. Dari proses seperti inilah kadar kolesterol didalam darah akan dapat dikontrol dengan baik.

8. Membantu Membentuk Dan memperbaiki Tulang


Dengan meningkatnya vitamin D didalam tubuh karena terpaan sinar matahari juga dapat meningkatkan penyerapan kalsium di dalam tubuh Anda. Kondisi yang seperti ini adalah solusi dalam pembentukan dan memperbaikin tulang serta mencegah penyakit seperti rakhitis dan osteomalacia.

9. Kekebalan


Ketika kulit terkena terpaan sinar matahari, ini telah terjadi penambahan sel darah putih, terutama limfosit, yang digunakan untuk menyerang penyakit. Secara dengan tidak langsung, antibodipun akan ikut meningkat. Kondisi yang seperti ini akan bertahan hingga 3 minggu. Menurut dari penelitian, berjemur sekitar 10 menit di bawah sinar matahri pagi satu dua kali dalam seminggu dapat mengurangi resiko terkena flu hingga 30-40%.

10. Baik untuk Pertumbuhan Anak


Sinar matahari pagi juga telah dipercaya baik untuk memembantu pertumbuhan pada anak, perkembangan serta tinggi tubuh anak, terutama pada bayi, bayi akan dapat bertambah pertumbuhannya apabila memperoleh terpaan cahaya matahari yang cukup. Riset juga telah menunjukan bahwa seberapa kerap seorang bayi untuk memperoleh cahaya matahari pagi untuk memastikan perkembangan tinggi tubuhnya.

Kesimpulan :

Satu hal yang perlu Anda garis bawahi, yaitu perolehlah cahaya matahari yang cukup. Setidaknya perolehlah cahaya matahari pagi di jam 6-8. Karena di waktu tersebt kulit Anda tidak terbakar, yakinkan bahwa Anda dapat mengontrol paparan atau terpaan dari cahaya matahari yang Anda bisa. Semoga bermanfaat…

Postingan terkait:

"Manfaat Berjemur Di Pagi Hari Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.