Makanan Yang Dapat Menyebabkan Penyakit Diabetes Tipe 2

Menjaga pola makan yang sehat adalah hal yang harus kita lakukan, karena hidup yang bebas dari penyakit itu tidak lah begitu sulit asal kita bisa merawat dan menjaga tubuh kita dengan benar.

Makanan Yang Dapat Menyebabkan Timbulnya Diabetes Tipe 2

Terkadang banyak dari kita tidak menyadari bahwa penyakit itu timbul akibat pengaruh dari makanan sehari-hari yang kita konsumsi. Sehingga dapat menyebab timbulnya berbagai macam jenis penyakit pada tubuh kita. Baik itu penyakit biasa-biasa hingga penyakit yang bisa menyebabkan atau berujung dengan kematian.

Untuk itu penting bagi kita untuk mengetahui jenis makanan apa yang baik untuk kita konsumsi. Di seluruh negara penyakit yang paling umum di temukan pada tiap pasien adalah penyakit diabetes, menurut para medis, penyakit timbul pada seseorang, karena kurangnya memperhatikan pola makananannya.

Ini ada beberapa ulasan tentang jenis makanan yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengidap penyakit diabetes tipe 2. Makanan dan minuman yang dapat menyebabkan seseorang bisa mengidap penyakit diabetes tipe 2 adalah kelompok dari makanan junk food, seperti kentang goreng, keripik, serta minuman-minuman yang ringan.

Pada saat ini, masyarakat yang awam sudah mengetahui dan sudah menganggapnya sebagai makanan yang dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit diabetes. Asumsi ini sangatlah benar, sebagaimana kelompok makanan dan minuman tersebut bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes hingga 70%.

Namun, banyak dari kita mungkin belum menyadari bahwa ada sebagian makanan yang lain yang biasa kita konsumsi sehari-hari juga dapat meningkatkan naiknya gula darah. Makanan yang seperti ini dapat membuat gula darah menjadi tinggi dan dalam jangka waktu panjang dapat membahayakan diri bahkan bisa menyebabkan kematian.

Nah, inilah jenis makanan yang sebaiknya kita hindari agar tidak menyebabkan kita terkena penyakit diabetes atau membuat kondisi diabetes makin memburuk.

Jenis Makanan Yang Dapat Menyebabkan Diabetes Yang Jarang Kita Sadari


Daging Merah dan Daging Olahan


Daging merah seperti daging sapi dan daging kambing, pada dasarnya berhubungan dengan peningkatan penyakit diabetes tipe 2. Terutama lagi pada daging olahan, makanan yang seperti ini dikategorikan tidak baik, karena disebabkan oleh adanya kandungan nitrit dan natrium yang berkadar tinggi yang terdapat di dalam daging tersebut.

Para penelitian telah menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi daging merah sebanyak 85 gram setiap hari akan dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2 hingga 19%. Sementara kalau dari daging olahan dapat meningkatkan risiko hingga 51%, meskipun dalam jumlah konsumsi yang sedikit.

Minuman Yang Manis


Minuman dengan rasanya yang manis dianggap hal utama sebagai pemicu timbulnya penyakit diabetes. Para penelitian juga telah membuktikan bahwa dengan mengonsumsi 1-2 porsi minuman yang manis per-hari dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes hingga 26%.

Jadi sebaiknya Anda batasi minuman yang mengandung kadar gula, seperti kopi krim, teh manis, sirop, soda, dan jus buah demi mengurangi risiko terkena diabetes. Karena kelebihan gula akibat dari makanan atau minuman inilah yang akan dapat membuat tubuh kebal terhadap insulin. Untuk itu utamakan mengkonsumsi air putih yang cukup agar kebutuhan tubuh akan cairan tetap bisa terpenuhi.

Karbohidrat Olahan


Tepung terigu, Nasi putih, serta gula putih adalah jenis makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi. Pada dasarnya, jenis makanan ini mudah untuk dicerna sehingga dapat membuat gula darah bisa cepat naik. Meskipun tampak biasa-biasa saja, akan tetapi nasi putih memiliki kemampuan untuk meningkatkan kadar gula darah.

Mengkonsumsi nasi putih setiap hari dapat meningkatkan risiko terkena diabetes hingga 11%. Agar risiko terkena diabetes dapat diminimalkan, disarankan bagi Anda untuk mengurangi asupan makanan berkarbohidrat olahan, seperti kue, pasta, roti serta nasi.

Lemak Jenuh dan Lemak Trans


Apakah Anda suka mengonsumsi makanan yang digoreng? Asal kita tahu, makanan yang digoreng dapat menyebabkan terkena penyakit diabetes tipe 2. Karena makanan yang digoreng adalah biangnya lemak trans. Pada sisi yang sama, lemak jenuh banyak terkandung didalam mentega, susu, keju, serta daging yang berlemak.

Kedua jenis lemak ini mampu meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol yang tinggi inilah salah satu faktor risiko tubuh dapat mengalami diabetes tipe 2. Oleh Karenanya, makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans dapat dibilang sebagai makanan penyebab penyakit diabetes.


Maka dari itu, banyak dari orang-orang yang belum mengetahui atau menyadari bahwa makanan sehari-hari kita konsumsi selama ini, termasuk kedalam kategori makanan penyebab penyakit diabetes. Jadi sudah saatnya kita untuk mengurangi atau menghindarinya mengkonsumsi makanan tersebut dari sekarang. Jangan lupa juga, imbangi dengan berolahraga dan mengelola rasa stres dengan baik agar kesehatan kita terjaga lebih maksimal.

Demikian ulasan singkat tentang Makanan kita selama ini dapat menyebabkan Penyakit Diabetes tipe 2. Semoga bermanfaat…

Postingan terkait:

"Makanan Yang Dapat Menyebabkan Penyakit Diabetes Tipe 2"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.