Bahaya Tidur Waktu Pagi Dapat Sebabkan Gangguan Kesehatan

Tidur di waktu pagi hari ialah merupakan suatu kebiasaan yang buruk yang harus kita hindari, karena apabila kita sering melakukan hal ini maka nantinya bisa berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh kita sendiri.

Bahaya Tidur Waktu Pagi Dapat Sebabkan Gangguan Kesehatan

Walaupun telah banyak orang yang sudah mengetahui akan bahaya tidur di waktu pagi har, akan tetapi hal tersebut terkadang sering kali dianggap sepele dan sebagian dari orang-orang masih saja melakukan kebiasaan buruk ini berulang-ulang.

Untuk hal yang seperti ini, banyak alasan mengapa seseorang itu sering tidur di waktu pagi hari, salah satu penyebab yang paling umum adalah karena tidak tidur dimalam harinya ( Begadang ).

Dengan adanya Aktivitas yang sibuk, sehingga membuat seseorang itu mengorbankan waktu tidur malamnya untuk bekerja. Akibatnya, seseorang itu akan merasa ngantuk pada waktu pagi atau siang hari, dan mereka memilih tidur pada waktu tersebut. Akan tetapi, tahukah Anda bahaya tidur di waktu pagi bisa memengaruhi kesehatan tubuh kita.


Memang benar, godaan untuk melanjutkan tidur di waktu pagi hari memang sangat berat, apalagi bagi mereka yang baru saja begadang semalaman suntuk maka tidur di waktu pagi hari adalah suatu keharusan bagi mereka.

Namun, bahaya tidur di waktu pagi sangat penting untuk kita ketahui karena ada beberapa bahaya yang sangat mematikan bagi kesehatan.Tidur memang sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental. Kebutuhan tidur seseorang itu bisa berbeda-beda, tergantung dari usianya seseorang itu, serta juga bisa dipengaruhi oleh gaya hidup dan kondisi kesehatannya.

Rata-rata dari orang dewasa memerlukan waktu tidur antara tujuh hingga sembilan jam pada setiap malamnya. Beberapa tanda dari Anda sudah tidur dengan baik yaitu Anda dapat tertidur dalam waktu lebih kurang 15-20 menit ketika setelah berbaring di tempat tidur, serta tidur teratur selama tujuh hingga sembilan jam dan terbangun dengan perasaan segar.

Akan tetapi, jika Anda mengalami gejala ngantuk yang ekstrim di waktu pagi atau di siang hari, ini adalah gejala hipersomnia. Hal yang seperti ini bisa disebabkan oleh narkolepsi, gangguan sering bergerak saat tidur, gangguan sleep apnea, dan gangguan dari berbagai obat-obatan.

Nah pada saat Anda merasa lelah di waktu siang hari, kemudian Anda mudah merasa Emosi, serta sering tidur pada waktu pagi atau siang hari, ini salah satu tanda bahwa Anda telah mengalami gangguan tidur.

Tidur ketika disaat waktu pagi atau siang hari seringkali membuat kita merasa sulit untuk mengatur waktu tidur, sehingga berisiko membuat kita kekurangan atau kelebihan waktu tidur. Baik itu kelebihan ataupun kekurangan, tidur dapat menyebabkan masalah bagi kesehatan pada tubuh kita.

Nah, bagi Anda yang ingin tau bahaya apa yang di sebabkan oleh tidur di waktu pagi hari, Berikut ini penjelasan serta bahya penyakit yang bisa timbul pada diri kita apabila kita tidur di waktu pagi hari.

Obesitas


Untuk orang dewasa, tidur yang terlalu banyak atau sedikit dapat membuat berat badan Anda menjadi meningkat. Menurut studi, orang yang waktu tidurnya kurang dari 7 jam atau lebih dari 8 jam pada setiap malamnya, memiliki risiko terkena obesitas yang lebih tinggi, jika dibandingkan dengan orang yang waktu tidurnya selama tujuh hingga delapan jam sehari.

Sakit Kepala


Untuk sebagian dari orang-orang yang kerap atau rentan mengalami sakit kepala, tidur yang berlebihan dapat menyebabkan sakit kepala. Hal yang seperti ini disebabkan oleh efek dari tidur yang berlebihan pada neurotransmiter tertentu di dalam otak, termasuk serotonin.

Orang yang terlalu banyak tidur di waktu pagi atau siang hari, maka dia akan mengacaukan pola tidur malamnya yang bisa menyebabkan sakit kepala pada saat dia bangun.

Diabetes


Menurut dari penelitian, mereka menunjukkan bahwa kekurangan waktu tidur disaat malam hari atau tidur yang terlalu lama dapat meningkatkan risiko terkena diabetes.

Baca juga

Depresi


Meskipun sulit untuk tidur di waktu malam hari dipercaya dapat meningkatkan depresi, karena sebagian kecil dari penderita depresi yang tidur terlalu lama justru membuat kondisi depresinya semakin memburuk. Untuk itu, diperlukan kebiasaan waktu tidur yang secara teratur untuk proses pemulihan depresi tersebut.

Tidak hanya gangguan itu saja, rasa ngantuk yang berlebihan di waktu pagi dan siang hari juga bisa membahayakan keseharian Anda. Mulai dari gangguan kemampuan mental dan emosi, serta dapat juga mengganggu kinerja Anda.

Tips untuk dapat mengatasi rasa ngantuk yang ekstrim untuk bisa menghindari bahaya tidur di waktu pagi antara lain ialah kita harus bisa mempertahankan tidur yang teratur, hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol dan obat-obatan yang menyebabkan ngantuk serta beinteraksi dan berkomunikasi dengan teman atau orang-orang terdekat dengan Anda.

Jika tidur Anda yang berlebihan yang disebabkan oleh obat tertentu dari dokter, jangan langsung menghentikan konsumsi obat tersebut, terkecuali atas perintah dan saran dari dokter Anda. Berolahraga yang teratur dan ciptakan suasana yang nyaman didalam kamar tidur Anda agar supaya dapat membantu Anda untuk mendapatkan waktu tidur yang dibutuhkan.

Demikianlah ulasan tentang Bahaya tidur di waktu pagi hari dapat sebabkan gangguan terhadap kesehatan semoga bermanfaat…

Postingan terkait:

"Bahaya Tidur Waktu Pagi Dapat Sebabkan Gangguan Kesehatan"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.