Bahaya Dari Radiasi Ponsel Bagi Kesehatan Manusia

Ponsel ( HandPhone ) adalah salah satu jenis barang elektronik yang telah menjadi salah satu pelengkap dalam kehidupan manusia. Pada saat ini bisa dikatakan hampir dari semua orang memiliki ponsel, baik itu orang tua maupun anak muda.

Bahaya Dari Radiasi Ponsel Bagi Kesehatan Manusia

Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula teknologi yang baru, oleh karena itu manusia juga harus terus untuk update terhadap informasi dan komunikasi.

Saat ini juga ponsel telah berubah dari barang mewah yang dulunya hanya sebagian orang saja yang mampu untuk memilikinya. Namun sekarang sekarang ini, anak yang usianya sekolah dasarpun sudah mampu untuk menentengnya ke mana-mana.

Sebagai sahabat dari manusia, ponsel juga telah banyak membantu manusia untuk memudahkan pemiliknya berkomunikasi dengan orang lain. Pada saat ini, ponsel memang sulit untuk dipisahkan dari kehidupan manusia, karena ponsel merupakan alat komunikasi dan media pencari informasi yang sangat dibutuhkan oleh manusia.

Bahaya Bagi Teknologi Untuk Kesehatan Fisik


Namun, walaupun ponsel bisa dibilang sebagai sahabat manusia, akan tetapi ternyata ponsel juga menyimpan bahaya yang tersendiri, yang tidak disadari oleh pemiliknya. Apalagi tidak jarang pemilik dari ponsel pada saat ini, ketika mereka tidur, si ponsel juga berada di dekatnya, layaknya seorang kekasih tercintanya. Hehehe…

Keadaan yang seperti inilah yang membuat ponsel tidak pernah jauh dari manusia. Namun, apakah Anda sudah tahu apa bahaya yang ditimbulkan oleh ponsel tersebut.???

Pada dasarnya, ponsel ( Handphone ) menggunakan gelombang elektromagnetik untuk dapat mengirim data dan menerima data, seperti contoh mengirim pesan dan menerima pesan. Gelombang elektromagnetik inilah yang bisa dapat menimbulkan radiasi.

Namun, belum banyak orang yang mengetahui dampak buruk dari pengaruh radiasi yang telah dihasilkan dari ponsel tersebut, untuk itu, mari kita ulas tentang bahaya radiasi ponsel bagi terhadap manusia. Bagi Anda yang belum mengetahui bahaya atau dampak buruk dari radiasi ponsel ini, sebaiknya teman-teman baca dengan baik artikel yang dibawah ini. Adapun dampak atau pengaruhnya sebagai berikut.

Dampak Dari Radiasi Ponsel Bagi Kesehatan Manusi


Dapat Menyebabkan Katarak


Ketika pada saat kita menggunakan ponsel, ini akan terjadi kenaikan suhu pada permukaan kepala, sedangkan otak memiliki kemampuan untuk membuang kelebihan suhu ini melalui sirkulasi darah, akan tetapi, mata tidak memiliki respon yang seperti itu, sehingga dampak dari radiasi ponsel ini bisa menyebabkan katarak pada mata.

Kerusakan Pada Otak


Otak adalah struktur organ yang paling penting yang terdapat didalam tubuh. Menjaga agar supaya otak kita tetap sehat dan baik itu sangat penting, karena kerja yang sebagian besar dari tubuh kita dikendalikan oleh otak. Pemakaian ponsel dalam jarak dekat dengan kepala serta dengan waktu yang relatif lama, dapat menyebabkan sakit kepala dan pusing. Hal seperti ini terkait dengan dampak dari radiasi yang dapat menganggu kerja sel otak.

Terbakar dan Meledak


Media massa seperti televisi dan surat kabar, pernah memberitakan kasus seperti  ponsel yang meledak dan terbakar ketika si pemiliknya sedang tidur, sehingga ledakan tersebut melukainya.

Kejadian yang seperti itu terjadi, karena pemilik ponsel terlalu sering mengisi ulang dayanya sambil tertidur, nah ketika daya yang diisi sudah penuh dan lupa untuk mencabutnya, maka ponsel akan menjadi panas dan jika sampai terjadi ada korsleting sudah tentu dapat membuatnya meledak hingga terbakar. Jadi untuk itu hati-hati untuk mengisi daya Ponsel, apalgi mengisi daya sambil teridur ini sangat bahaya.

Dapat merusak/Gangguan DNA


Menggunakan ponsel dalam jangka waktu yang cukup panjang, dapat menyebabkan kerusakan / gangguan terhadap regenarasi DNA. Nah artinya adalah, DNA tidak bisa untuk memperbaiki diri atau beregenerasi.

Kerusakan Otak Pada Anak


Bagi orang Tua, Jangan pernah memberikan ponsel atau membiarkan anak-anak menggunakan ponsel dalam jangka waktu yang cukup panjang. Karena menurut dari penelitian, otak anak yang masih muda dan sensitif, ini sangat rentan menerima gelombang radiasi yang dihasilkan oleh ponsel. Hal yang seperti ini dapat mengganggu perkembangan otak pada anak. Untuk itu batasi atau awasi anak Anda untuk sering bermain Ponsel.


Dapat Menyebabkan tumor otak


Pemakaian ponsel dalam jangka waktu yang lama juga dapat meningkatkan resiko terjadinya tumor otak pada Anda. Menurut dari penelitian, menggunkan ponsel Selma lebih kurang 1 jam perharinya, dalam waktu yang lama mampu menaikkan resiko tumor otak.

Secara ilmiah telah membuktikan : “sinyal dari ponsel dapat mengakibatkan keringnya permukaan otak sehingga dapat melemahkan membrane otak dan menjadikan otak rentan terhadap berbagai kondisi seperti kanker dan tumor”.

Dapat Menyebabkan Kanker


Ini hampir sama halnya dengan tumor otak, radiasi ponsel juga diercaya dapat mempengaruhi proses pembelahan terhadap sel-sel didalam tubuh menjadi tidak terkendali.

Sel-sel abnormal ini akan menyerang jaringan terdekat yang secara rutin akan bersentuhan langsung dengan ponsel, seperti kulit dan telingga. Jadi tak jarang anggota tubuh yang lainnya seperti perut juga dapat terkena radiasi ponsel. Sehingga dapat menyebabkan kanker, jadi karena ketika kita tidur, secara tidak sadar kita kerap meletakkannya di bawah tubuh dan menindihnya.

Kesimpulan :

Gunakanlah ponsel ketika disaat anda sedang membutuhkannya, jangan menaruh ponsel dengan jarak yang terlalu dekat dengan kepala anda pada waktu Anda ingin tidur. Ini agar supaya untuk menghindari dampak bahaya yang ditimbulkan oeleh radiasi ponsel.

Itulah pembahasan tentang Dampak Bahaya Bagi Kesehatan Manusia, semoga ini artikel in bermanfaat buat kita…

Postingan terkait:

"Bahaya Dari Radiasi Ponsel Bagi Kesehatan Manusia"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.