6 Vitamin Untuk Otak Yang Wajib Anda Konsumsi

Saraf otak akan mendapatkan energinya dari vitamin yang terkandung didalam makanan yang telah kita konsumsi sehari-hari. Untuk mengetahui macam jenis vitamin ini penting bagi kita, karena otak adalah bagian dari tubuh yang merupakan pusat kendali dari perilaku yang telah kita lakukan seperti halnya, kecerdasan, indera, serta pergerakan tubuh manusia.

Vitamin Untuk Otak Yang Wajib Anda Konsumsi

Vitamin untuk otak pada umumnya sangat berguna bagi perkembangan otak anak-anak dan berguna juga untuk meningkatkan kemampuan otak orang dewasa, tanpa vitamin untuk sebagai bahan bakar yang penting, otak tidak bisa bekerja dengan baik semstinya.

Untuk otak orang yang dewasa, vitamin dapat membantu mempertahankan daya ingatan seseorang, untuk meningkatkan kewaspadaan, hingga dapat mengurangi risiko berkembangnya suatu penyakit Alzheimer atau berbagai gangguan otak yang lainnya.

Untuk otak anak-anak, khususnya bagi otak janin dan bayi, vitamin ialah merupakan nutrisi yang penting yang harus terpenuhi pada pertumbuhan serta perkembangnya. Hal ini dimulai sejak dari bulan pertama janin terbentuk didalam kandungan, hingga akan benar-benar berakhir ketika anak memasuki masa puber, yaitu pada umur antara 9-15 tahun.

Kekurangan vitamin ataupun nutrisi yang lain pada pada masa ini dapat memengaruhi terhadap perkembangan otak, kecerdasan, serta dapat memicu berbagai cacat otak bawaan ataupun gangguan terhadap otak.

Untuk dapat memastikan otak tetap mendapatkan asupan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkannya ialah sangat penting bagi semua kalangan usia. Dari berbagai jenis vitamin untuk otak, ini bisa Anda dapatkan melalui pilihan dari makanan yang sehat dengan kandungan gizi yang seimbang.

Untuk itu, Berikut ini adalah beberapa dari vitamin yang dibutuhkan otak serta dampak dari kekurangannya.

Vitamin  Otak Serta Dampak dari Kekurangannya


1. Vitamin B1


Kekurangan dari vitamin B1 dapat berpengaruh terhadap kondisi mental, energi, kemampuan untuk belajar, kemampuan untuk tubuh dalam menghadapi tekanan, serta daya ingat pada penderita penyakit Alzheimer.Vitamin B1 ini bisa kita temukan pada kacang-kacangan, ragi, dan daging.

3. Vitamin B6


Vitamin B6 ini juga memiliki peran dalam produksi serotonin dan dopamine yang fungsinya untuk menjaga suasana hati serta rasa kewaspadaan Anda terhadap sesuatu. Vitamin B6 bisa kita dapat pada sayur-sayuran seperti pada kangkung, sawi, kembang kol, lobak, dan bawang putih.

3. Vitamin B12


Vitamin ini juga berperan dalam pembentukan myelin, yaitu lapisan-lapisan pelindung serat saraf otak. Vitamin yang satu ini berguna untuk melindungi otak dari kerusakan-kerusakan saraf, menurunnya suasana hati, kehilangan ingatan, serta penurunan mental.Vitamin B12 bisa kita temukan pada daging seperti daging sapi, ikan, domba, dan unggas.

4. Vitamin C


Vitamin yang satu ini ialah merupakan antioksidan yang sangat penting yang fungsinya dapat melindungi otak dari radikal bebas. Vitamin ini juga telah dipercaya dapat membantu untuk mencegah penyakit alzheimer. Vitamin C yang satu ini juga dapat kita temui pada buah-buahan seperti, jeruk dan stroberi.

5. Vitamin E


Kekurangan dari vitamin E bisa membuat tubuh kekurangan kemampuannya dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh serta dapat menyebabkan berbagai gangguan terhadap otak, sebagai salah saru contoh yaitu penyakit degeneratif Alzheimer.

6. Asam Folat


Kekurangan dari asam folat juga dapat menurunkan kemampuan daya ingat dan fokus dari seseorang. Selain itu juga, Asam folat ini dapat membantu menurunkan level asam amino homosistein yang ada pada darah yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel otak. Untuk mendapatkan Asam folat, ini bisa kita temukan pada sayur-sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, dan sereal gandum.

Selain dari vitamin-vitamin yang ada di atas, kandungan bahan yang lain juga penting untuk otak, adapun kandungan yang penting itu adalah :

Asam Lemak Omega-3


Asam Lemak Omega-3 merupakan salah satu nutrisi yang penting dalam membantu perkembangan otak. Karena itu, kekurangan dari asam lemak omega-3 diduga dapat menyebabkan penurunan kognitif dan meningkatkan risiko gangguan mental, seperti depresi, disleksia, gangguan bipolar, dan skizofrenia. Asam lemak omega-3 ini bisa kita dapatkan pada kenari , buah kiwi, ikan salmon, dan biji rami.

Kesimpulan

Nutrisi dan vitamin untuk otak dapat memengaruhi proses kognitif dan juga tingkat emosi pada seseorang. Untuk itu Imbangilah dengan melakukan diet makanan yang  seimbang serta olahraga dengan secukupnya. Melakukan perpaduan diet makanan sehat dengan olahraga yang teratur dapat meningkatkan kemampuan otak serta dapat mengurangi berbagai jenis resiko gangguan otak.

Selain itu, bicarakan dulu dengan dokter mengenai tentang vitamin untuk otak dan suplemen seperti apa yang bagus dan cocok dengan kondisi tubuh Anda, termasuk dengan dosis atau takaran yang harus Anda konsumsi, serta efek lainnya sebelum Anda memutuskan untuk mengonsumsinya.

Demikian lah ulasan tentang 6 Vitamin Untuk Otak Yang Wajib Anda Konsumsi, semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

"6 Vitamin Untuk Otak Yang Wajib Anda Konsumsi"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.