4 Jenis Penyakit Tulang yang Jarang Kita Ketahui

Penyakit Tulang pada umumnya sering kita ketahui, baik itu penyakit tulang yang disebabkan oleh aktifitas fisik, ataupun penyakit tulang yang disebabkan oleh hal yang lainnya.

Jenis Penyakit Tulang yang Jarang Kita Ketahui
Penyakit Tulang yang Jarang Kita Ketahui


Namun ada juga beberapa penyakit tulang yang jarang atau yang sama sekali tidak kita ketahui.
Pada umumnya, pertumbuhan tulang pada seseorang lebih cepat terjadi ketika pada usia kanak-kanak jika dibandingkan pada orang dewasa, apa lagi ketika seseorang sudah memasuki usia 20 tahun ke atas.

Apalagi jika tidak medapaatkan kebutuhan yang kurang sempurna seperti vitamin D, kalsium, , dan olahraga, maka dengan kemungkinan besar seseorang yang akan  memiliki tulang rapuh akan terus meningkat.

Sebab itulah tulang memiliki peran yang paling penting untuk kesehatan tubuh, serta dapat membantu tubuh agar supaya bisa berdiri dengan kuat, membantu seseorang untuk bergerak, membantu seseorang untuk mengangkat benda berat, dan yang lain-lainnya.

Dengan adanya penyakit tulang, ini jelas akan mengganggu aktivitas-aktivitas  keseharian seseorang. Hal yang sedemikian bisa terjadi mengingat tulang yang  memiliki fungsi vital yang mampu menyokong bentuk serta mendukung tubuh untuk tetap berdiri kokoh.

Untuk menghindari terjadinya penyakit yang bisa terjadi terhadap tulang, selain untuk menghindari defisiensi konsumsi gizi dan olahraga, ada beberapa hal yang sebaiknya atau seharusnya Anda waspadai. Demi untuk menjaga kesehatan tulang, hindari mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan atau mengkonsumsi makanan yang kurang baik

Segera terapkan pola hidup yang sehat agar Anda memiliki tulang yang kuat dan sehat. Selain menjaga tulang yang sehat, Anda juga terhindar dari berbagai macam  penyakit yang tidak di inginkan.

Meskipun seseorang itu sudah berusaha dengan baik dan untuk melindungi tulangnya dari penyakit tulang dengan memenuhi kebutuhan gizi dan serta gaya dan pola hidup yang baik, namun tetap juga ada juga penyakit tulang yang dapat  menyerang seseorang.

Penyakit tulang yang jenis ini dengan kemungkinan tidak terkait dengan zat dan gaya hidup di atas. Namun kebanyakan penyakit menyerang karena kemungkinan terkait dengan lingkungan, serta penyakit yang tertentu yang diderita oleh seseorang.

Dari sekian penyakit tulang yang pernah kita ketahui, berikut ini beberapa penyakit tulang yang jaran kita ketahui, diantaranya :

Penyakit Tulang Yang Dapat Menyerang Seseorang


Penyakit Paget


Penyakit Paget adalah salah satu dari penyakit tulang yang jarang kita dengar. Kondisi yang seperti ini akan terjadi ketika siklus pembaharuan dan perbaikan terhadap tulang tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Pada kasus-kasus yang seperti ini, regenerasi terhadap tulang akan berlangsung lebih cepat dari yang seharusnya. Hanya saja, penyebab utama dari abnormalitas ini masih belum bisa diketahui dengan pasti. Perkiraan untuk sementara adalah faktor genetik yang terdapat di dalam keluarga juga dengan faktor lingkungan yang  mempunyai pengaruh terhadap timbulnya penyakit ini.

Akibat dari kelainan terhadap proses regenerasi tersebut, tulang justru akan menjadi lemah dan pada akhirnya akan mengalami kelainan pada bentuk (deformitas).

Gejala yang umum di dapari dari penyakit tulang jenis ini adalah timbulnya rasa nyeri terhadap tulang. Rasa nyeri ini biasanya sering terjadi pada area panggul dan tulang belakang. Ketika saat berbaring, rasa nyeri pada tulang kian makin menjadi-jadi atau makin tidak bisa tertahankan.

Kebanyakan kasus dari penyakit Paget, tidak ada gejala-gejala yang muncul.  Sehingga penyakit paget ini hanya bisa diketahui ketika saat terjadinya tulang retak atau patah ketika saat diperikas oleh dokter.

Oleh karena itu penyakit tulang yang satu ini jarang bisa kita ketahui penyebabnya, untuk dapat mengetahuinya segera menemui dokter saat mengalami gejala-gejala nyeri pada tulang atau ketika terjadi perubahan bentuk pada tulang.

Penyakit Tulang Rapuh


Penyakit tulang yang rapuh memiliki nama lain dalam medis osteogenesis imperfecta (OI) yang memiliki arti tidak sempurnanya dalam pembentukan tulang.

Penyakit yang seperti ini dapat dilihat dari tulang pasien yang mengalami kerapuhan tulang dan mudah retak atau patah. Penyakit tulang yang jenis ini biasanya akan terjadi pada saat seseorang lahir.

Meskipun demikian, Penyakit Tulang Rapuh hanya akan berkembang kepada anak-anak yang keluarganya memiliki riwayat penyakit yang sama atau genetik.

Pada umumnya, penyakit ini hanya bersifat penyakit yang ringan. Ketika penyakit tulang rapuh ini berkembang menjadi parah, maka hal yang seperti itu bisa berakibat terjadinya gagal jantung, karena sumsum tulang belakang bermasalah, cacat fisik yang permanen, atau hilangnya pendengaran.

Metastasis Tulang


Penyakit tulang yang berikutnya adalah metastasis tulang. Hal yang seperti ini terjadi ketika sel-sel kanker menyebar luas ke tulang. Adapun sel-sel kanker yang dapat menyebar ini, bisa berasal dari berbagai macam jenis kanker yang sebelumnya sudah ada.

Metastasis tulang pada umumnya lebih sering terjadi pada tulang belakang, tulang paha , dan tulang panggul. Kemungkinan, penyakit ini ialah merupakan indikasi awal bahwa seseorang telah menderita kanker.

Namun beberapa kasus, metastasis tulang mungkin bisa saja terjadi setelah seseorang itu menjalani pengobatan terhadap penyakit kanker beberapa tahun lalu. Seperti kanker payudara dan kanker prostat merupakan jenis kanker yang sering menyebarkan sel-sel kanker ke tulang.

Penyakit tulang yang jenis ini dapat menyebabkan rasa nyeri dan patah tulang. Pada kebanyakan, kanker yang sudah menyebar hingga ke tulang tidak dapat disembuhkan.

Ketika disaat kondisi kanker yang sudah tidak dapat disembuhkan, perawatan yang bisa diberikan hanya untuk mengurangi rasa sakit saja. Dalam hal seperti ini, perawatan juga hanya dilakukan untuk meringankan gejala lain akibat metastasis tulang tersebut.

Osteodistrofi ginjal


Osteodistrofi ginjal, adalah penyakit tulang yang hanya menimpa pada seseorang yang sedang mengalami gangguan ginjal. Gangguan ginjal tersebut ditandai dengan tidak mampunya ginjal dalam mempertahankan keseimbangan terhadap  komposisi kalsium dan fosfor di dalam darah.

Gangguan jenis ini adalah merupakan hal yang biasa atau umum terjadi pada orang-orang yang mempunyai penyakit ginjal.

Baca juga Gejala Batu Ginjal Dan Cara Mengobatinya

Jika penyakit ini menimpa terhadap anak Anda yang tulangnya masih saat berkembang, ini wajib Anda waspadai karena pada nantinya akan berdampak serius.
Sebagian dari dampak tersebut yang bisa di ketahui adalah terhambatnya pertumbuhan terhadap tulang dan menyebabkan penderita mengalami tulang yang cacat.

Kecacatan yang terjadi bisa dilihat seperti kedua kaki menekuk ke arah dalam atau keluar, dan yang lebih terlihat dari kecacatan ini adalah postur tubuh pendek pada anak.. Bentuk dari kelainan tulang jenis ini biasa disebut dengan rakitis ginjal.

Gejala penyakit yang seperti ini bisa di lihat dari pertumbuhan pada anak yang mengalami penyakit ginjal.

Penyakit tulang yang satu ini memang masih belum diketahui secara luas, namun setidaknya sekarang ini sudah ada gambaran-gambaran singkat terhadap gejala-gejala dari penyakit ini.

Satu lagi yang perlu Anda ingat adalah, semua orang berisiko akan terkena penyakit yang satu ini. Untuk itu jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli medis kesehatan guna untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat dan lengkap.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk berbagi dengan yang lainnya….



Baca Juga :

Postingan terkait:

"4 Jenis Penyakit Tulang yang Jarang Kita Ketahui"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.