4 Jenis Obat Herbal Ini Efektif Menurunkan Kadar Asam Urat

Sebenarnya, obat untuk penderita asam urat bukanlah obat yang sulit untuk didapatkan. Untuk mencari obat penderita asam urat, Anda bisa saja datang ke apotek, toko, atau pun swalayan yang terdekat dengan Anda. Selain itu, kualitasnyapun juga terjamin karena telah diakui oleh badan POM.

Obat Herbal Ini Efektif Menurunkan Kadar Asam Urat
Obat Herbal Ini Efektif Menurunkan Kadar Asam Urat


Nah, karena telah diakui oleh badan POM, sudah tentu obat ini aman di konsumsi  dan juga terbukti bisa menurunkan asam urat. Akan tetapi, apakah dengan mengkonsumsi obat-obatan tersebut penyakit asam urat yang Anda derita bisa turun? Apakah benar demikian?

Ini Tentu tidak, karena di samping dari mengkonsumsi obat-obatan yang dijual, Anda juga harus bisa untuk menjauhi hal-hal yang menjadi larangan untuk penderita penyakit asam urat, yaitu seperti mengkonsumsi makanan seafood, jeroan, daging kambing, jenis kacang-kacangan, kangkung, soft drink, serta makanan-makanan yang  mengandung tinggi protein dan lemak.

Nah, di samping untuk menghindari hal-hal yang tersebut, penderita penyakit Asam urat juga dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan asam urat yang berbau alami.

Obat penyakit asam urat yang berbau alami adalah obat yang terdiri dari bahan yang alami, baik itu berupa olahan ataupun bahan yang belum diolah atau masih mentah. Selain aman, obat ini juga dinilai sangat efektif untuk menurunkan kadar asam urat pada seseorang.

Bagi Anda yang ingin tahu seperti apa obat yang saya dimaksud tersebut, ini ada beberapa jenis herbal yang sangat efektif mampu menurunkan kadar Asam Urat.

Jenis Obat Herbal Efektif Menurunkan Kadar Asam Urat


1. Daun Salam 


Daun salam yang direbus dipercaya mampu untuk menurunkan kadar asam urat yang bandel, selain digunakan untuk tambahan bahan masakan, daun salam juga terbukti sangat efektif untuk menurunkan kadar asam urat. Ini karena kadar nutrisi yang tergantung ddidalm daun salam relatif tinggi, sehingga dapat mengurangi dan menurunkan kadar asam urat dalam jangka waktu yang begitu relatif cepat.

Selain itu, pengolahan terhadap daun salam untuk dijadikan sebagai obat penurun  asam urat yang alami juga tergolong sangat mudah. Selain itu, daun salam juga tergolong bahan yang sangat mudah untuk didapati. Selain bisa dijadikan obat asam urat yang alami, daun salam ini juga memiliki harga yang murah.

Kemudian daripada itu, didalam daun salam juga terdapat banyak sekali zat aktif, seperti flavonoid dan tannin. Kedua zat ini adalah jenis zat antioksidan yang memiliki khasiat baik bagi tubuh, serta mampu mengurangi kadar asam urat dalam jangka waktu yang relatif cepat.

Untuk Cara pengolahannya, bisa kita lakukan dengan cara sebagai brikut :

  • Siapkan beberapa jahe dan beberapa daun salam yang masih segar ( untuk daun salam sekitar 10 lembar ).
  • Haluskan sedikit jahe dan daun salam tersebut, ingat jangan terlalu halus.
  • Kemudian siapkan wadahatau panci dan air sebanyak 700 cc untuk merebus bahan tersebut.
  • Kemudian, rebus semua bahan tadi sampai air dalam wadah atau panci mengering jadi 200 cc.
  • Setelah itu dinginkan ramuan tersebut, lalu minum air tersebut 2x sehari.

Catatan : "Untuk pengolahan ini, sebaiknya dilakukan dengan cara yang maksimal. Di samping itu, bahan seperti jahe dan daun salam juga sangat dianjurkan untuk di haluskan, seperti yang di sebutkan pada poin dua diatas. Cara ini bertujuan untuk mengeluarkan zat aktif yang ada didalam daun salam dan jahe".

2. Daun tempuyung 


Daun tempuyung adalah obat asam urat yang cukup bagus juga dan telah banyak yang menggunakannya untuk menurunkan kadar asam urat. Selain dari daun salam, daun tempuyung juga bisa digunakan untuk dijadikan obat asam urat. Karena khasiatnya juga efektif dan ampuh.

Daun tempuyung sendiri terdapat banyak mengandung senyawa aktif. Yaitu seperti  Kalium, flavonoid, inositol, manitol, taraksasterol, ilica, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sebagian dari zat-zat tersebut berperan sangat aktif dalam penyembuhan penyakit asam urat. Sehingga banyak yang menggunakan dikalangan medis untuk menyembuhkan gangguan-gangguan kesehatan ini.

Selain berguna untuk sebagai obat asam urat, daun ini juga banyak digunakan sebagai untuk menyembuhkan penyakit yang lain, salah satu diantaranya adalah penyakit wasir.

Ini sama halnya dengan daun salam, pengolahan terhadap daun tempuyang sendiri, bisa dilakukan dengan cara merebus daun tempuyung tersebut. Dengan cara tersebut, semua zat yang terdapat di dalam daun tempuyung keluar dan dapat dikonsumsi sebagai obat penyakit asam urat.

3. Tanaman Sidaguri


Tanaman sidaguri dipercaya juga bisa digunakan untuk mengurangi kadar asam urat. Tidak hanya efektif, zat yang terkandung dalam tumbuhan sidaguri ini juga banyak, sehingga dapat membuat tanaman sidaguri ini bisa mengatasi asam urat dengan cepat. Karena kandungan evedrin, flavonoid, asam amino dan nutrisi yang lain terdapat didalm tumbuhan sidaguri.

Namun yang perlu Anda ketahui, karena tanaman sidaguri ini tergolong obat tradisional, tanaman inipun harus Anda konsumsi dengan rutin. Karena dengan penerapan yang seperti itu, kandungan yang ada pada sidaguri akan dengan mudah terserap. Dengan demikian, kadar asam urat akan semakin cepat menurun.

Ini Sama halnya dengan beberapa tanaman-tanaman obat yang lain. Nah, bagi anda yang ingin mengolah tanaman sidaguri, ini bisa anda lakukan dengan cara berikut :

  • Sediakan beberapa gram tanaman sidaguri yang telah kering, dan yang sudah dicacah atau sudah dihaluskan, serta dengan 3 gelas air putih.
  • Setelah itu rebus tanaman sidaguri dengan air tersebut sampai air tersisa sepertiga dari sebelumnya.
  • Jika sudah direbus, minumlah air rebusan tersebut 2x dalam sehari. Pada tiap sekali minum usahakan habis setengah gelas sedang.

Catatan : "obat asam urat yang satu ini adalah ramuan yang keras dan bisa berdampak buruk terhadap janin. Jadi, khusus bagi Anda yang sedang hamil, Anda dilarang keras untuk mengonsumsi ramuan ini karena bisa melemahkan janin. Selain itu, untuk mengkonsumsi ramuan ini, harus sesuai dengan anjuran untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan".

4. Daun Kumis kucing 


Daun kumis kucing adalah satu dari sekian obat asam urat yang termanjur, karena terdapat mengandung orthosiponin glikosida. Tanaman daun kumis kucing ini adalah salah satu tanaman obat  yang terkemuka di Indonesia. Tanam ini memang banyak digunakan untuk berbagai macam keperluan.

Mulai dari untuk perawatan sampai dengan untuk penyembuhan penyakit. Untuk obat penyembuhan penyakit, tanaman ini adalah obat dari berbagai macam penyakit, yaitu salah satunya adalah penyakit asam urat.

Kandungan orthosiponin glikosida yang terdapat dalam tanaman daun kumis kucing ini cukup tinggi dan terbukti sangat efektif  untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Obat asam urat yang satu ini tidak hanya mengandung orthosiponin glikosida, tapi  juga mengandung beberapa zat lain seperti damar , flavonoid, dan yang lainnya. Dengan perpaduan antara zat yang beragam, serta dengan penyebaran yang relatif luas, tanaman yang mirip dengan kumis kucing ini jadi obat dari aneka penyakit.

Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan tanaman daun kumis kucing ini sebagai obat asam urat, Anda bisa mengolah tanaman ini dengan cara berikut:

  • Sediakan lima lembar daun kumis kucing dan lima ranting kecil maniran.
  • Setelah itu rebus keduanya tersebut dengan 3 gelas air, lalu tunggu sampai mendidih.
  • Setelah mendidih biarkan sampai air tersebut tersisa lebih kurang 1,5 gelas, kemudian angkat air rebusan dan lalu dinginkan air tersebut.
  • Setelah itu minum ramuan tersebut 2 x dalam sehari.

Ini juga sama halnya dengan obat-obat asam urat alami yang pada umumnya, tetapi ramuan ini juga wajib untuk dikonsumsi secara rutin. Karena hal ini dilakukan untuk dapat memaksimalkan hasil dari reaksi yang akan didapati.

Catatan : “Beberapa dari ramuan ini juga tergolong berbahaya untuk beberapa kondisi, terutama wanita yang saat hamil. Oleh karena itu, penerapan dan cara pengolahan yang benar sangat dianjurkan. Selain daripada itu, untuk mendapatkan obat yang baik, hal ini juga berguna untuk dapat menghindari dari berbagai macam hal yang tidak diinginkan”.

Itulah beberapa jenis obat untuk penyakit asam urat yang secara alami yang efektif bisa Anda gunakan. Selain dari efektif, obat alami seperti ini juga tergolong obat yang aman, kenapa bisa dikatakan aman, karena tidak menggunakan atau mengandung bahan kimia. Semoga ini bermanfaat…



Baca Juga :

Postingan terkait:

"4 Jenis Obat Herbal Ini Efektif Menurunkan Kadar Asam Urat"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.