Penyebab Perut Buncit Pada Pria Dan Wanita Dan Cara Mengatasinya

Perut buncit Tidak hanya terjadi pada Pria atau Wanita yang dewasa saja, tapi melainkan bisa terjadi pada wanita atau pria muda. Hal yang seperti ini tentu saja dapat merusak penampilan dari seseorang dan bahkan hingga berisiko buruk bagi kesehatan.

Penyebab Terjadinya Perut Buncit Pada Wanita Atau Pria

Dalam istilah klinis, lemak yang berlebihan terdapat pada perut disebut dengan lemak visceral. Dan Ironisnya, jika wanita atau pria muda mebiarkan atau mengabaikan lemak ini, maka risiko yang bisa terjadi seperti penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.

Jadi, sebelum sobat mengalami kondisi yang sperti ini, penting bagi sobat untuk mengetahui faktor penyebab yang bisa mempengaruhi perut buncit. Adapun penyebab yang bisa terjadi adalah sebagai berikut.

 Faktor Penyebab Terjadinya Perut Buncit Pada Pria Dan Wanita


1. Faktor keturunan


Studi pada tahun 2012 yang telah dipublikasikan dalam jurnal Diabetes, telah  menemukan bahwa seorang wanita lebih sensitif mengalami penimbunan lemak pada perut akibat faktor keturunan atau genetik.

2. Pola makan yang buruk


Pola makan yang buruk atau tidak teratu,  dapat mengubah lemak yang ada di perut menumpuk dan akan kelihatan buncit. Ditambah lagi kurangnya melakukan aktivitas fisik, ini akan mendukung kebuncitan lebih cepat dibandingkan dengan wanita yang rutin berolahraga atau latihan fisik lainnya.

3. Perubahan pada hormon


Menurut Yale University, perubahan pada hormon sangat erat kaitanya sebagai faktor penyebab terjadinya perut buncit. Terutama lagi pada wanita yang tengah memasuki fase menopause.

Menurut pelatih pribadi yang bersertifikat di NASM, Pete Williams, yang juga seorang penulis dari sejumlah buku latihan fisik, ada beberapa gaya hidup yang bisa membantu pria atau wanita untuk mengatasi perut buncit.

Cara Mengatasi Perut Buncit Pada Pria Dan Wanita

 

1. Berjalan


Salah satu cara pria atau wanita untuk menghilangkan lemak ialah dengan berlari, atau lebih biasanya dengan perkataan jogging.

Namun olahraga yang seperti ini tidak efisien untuk menghilangkan lemak dan dapat menyebabkan cedera pada seseorang. Karena tubuh yang berlemak dan juga berat dapat membuat bobot tubuh terfokus pada sendi – sendi kaki kita.

Jadi lebih baik lakukan olahraga yang santaiseperti berjalan, namun fokus pada usaha untuk membentuk kekuatan otot perut. Hal ini akan dapat membakar kalori lebih efektif daripada berlari atau jogging.

2. Intensitas lari


Alasan yang lain mengapa joging tidak efektif dalam membakar lemak ialah, kebanyakan dari pria atau wanita berlari dengan lambat, dan kecepatan yang konstan. Na akan lebih baik, jika melakukan aktivitas dengan intensitas tinggi selama 20 menit ini jauh lebih baik untuk membakar lemak pada perut.

3. Usahakan tidur 8 jam setiap malam


Jika kita sering tidur lewat malam, kita mungkin akan sering menghabiskan waktu untuk menonton televisi, nah kalau kita sudah menonton televisi tentunya kita merasa ingin memakan sesuatu seperti memakan junk food. Semua hal yang seperti ini akan membuat tubuh kita sulit untuk membangun otot.

4. Mengonsumsi lebih banyak air


Mengonsumsi lebih banyak air atau makanan yang kaya dengan kandungan air seperti buah – buahan yang tinggi serat dan sayuran hijau, ini akan dapat membantu kita cepat merasa kenyang dan dan tentuunya dapat mencegah kita untuk makan yang terlalu banyak. Selain itu, seringlah untuk meminum segelas air putih setelah kita bangun tidur.

Baca Juga :

Itulah sedikit informasi tentang Faktor Penyebab Perut Buncint Dan Cara mengatasinya, semoga bermanfaat. Salam dari saya dan terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa untuk berbagi dengan yang lainnya, seperti di Facebook, Google +, twitter, dan yang lainnya.

Postingan terkait:

"Penyebab Perut Buncit Pada Pria Dan Wanita Dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.