Bahaya Tidur Yang Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Tidur yang terlalu lama, dapat mengurangi dari beberapa kesehatan bagi tubuh kita.

Bahaya Tidur Yang Terlalu Lama Bagi Kesehatan
 Jika kita peduli akan dengan kesehatan tubuh kita,  maka sebaiknya kita ketahui dari beberapa bahaya tidur yang terlalu lama.

Tubuh kita memang membutuhkan waktu istirahat yang cukup pada setiap harinya, terlebih lagi setelah kita melakukan berbagai macam aktivitas pada siang harinya.

Namun, ini bukan berarti kita pun harus tidur dengan sesuka hati kita, disaat kita sudah tidak melakukan berbagai macam aktivitas tersebut.

Jika menurut dari ketentuan medis, waktu istirahat atau tidur yang paling ideal ialah diantara 7 - 8 jam pada setiap harinya.

Jika tidur kita kurang dari 7 jam atau bahkan melebihi dari waktu yang 8 jam, maka dengan itu terdapat cukup banyak resiko yang buruk yang dapat menimpa kesehatan tubuh kita.

Bahaya Tidur Yang Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Jadi sebaiknya kita harus membiasakan pola hidup sehat sebaik mungkin dengan mengatur waktu tidur atau waktu istirahat kita.

Baca Juga Kekurangan Tidur Dapat Merusak Otak Anak Dan Orang Dewasa

Apa saja dampak negatif dari tidur terlalu yang lama pada setiap harinya?

Ini adalah beberapa bahaya tidur yang terlalu lama dan akan dampak negatif bagi kesehatan tubuh kita.

Bahaya Tidur Yang Terlalu Lama Bagi Kesehatan

 

1.Mudah Terkena Obesitas


Saat tubuh kita terlalu banyak tidur bahkan hingga lebih dari 8 jam perhari pun diketahui merupakan salah satu faktor terkenaobesitas, karena tubuh kita kurang melakukan gerak atau aktifitas.

Ketika saat tubuh kita kurang bergerak atau beraktivitas, maka salah satu risiko yang akan kita hadapi adalah berat badan dapat menjadi berlebihan atau obesitas.

Orang yang pola tidurnya tidak teratur, ini akan lebih berpotensi terkena obesitas jika dibandingkan dengan orang yang memiliki pola tidur yang teratur.

2. Mudah Sakit Kepala


Salah satu dampak atau akibat dari tidur yang terlalu lama adalah kepala kita akan mudah terasa sakit atau pusing.

Hal ini telah diketahui karena neurotransmitter yang berada di dalam otak akan mudah terganggu dan bermasalah ketika  disaat tubuh kita terlalu lama tidur.

Dari kondisi yang seperti ini, dampak yang ditimbulkan dari hal semacam ini adalah sakit kepala atau pusing.

3. Fungsi Otak Semakin Melemah


Risiko dan bahaya dari tidur yang terlalu lama akan dapat membuat melemahnya fungsi otak.

Tidur yang lebih dari 7 atau 8 jam setiap harinya telah diketahui dapat menimbulkan penuaan otak 2 tahun lebih cepat. 

Kondisi yang seperti ini biasanya, kemampuan dari otak untuk mengingat dan mempelajari hal yang baru dengan waktu yang cepat akan menurun frastis.

Bahkan otak akan bisa kesulitan saat menerima dan menyimpan informasi baru yang telah diperoleh.

4. Gampang Terkena Serangan Jantung


Orang yang setiap harinya dengan tidur yang lebih dari 8 jam sehari, telah diketahui akan mudah terkena serangan jantung.

Karena pada saat tubuh beristirahat lebih dari 8 jam tanpa beraktivitas, maka risiko anginapun akan memiliki prosentase dua kali lipat lebih banyak dari orang yang memiliki pola tidur yang teratur.

Kondisi yang sperti ini tentunya bukan tanpa alasan, karena telah diketahui bayak ahli medis yang melakukan riset atau penelitian pada hampir 3000 orang lebih.

5. Meningkatnya Risiko Terkena Diabetes Tipe 2


Salah satu bahaya yang lain yang tak kalah mengerikan adalah, tidur yang lebih dari 8 jam pada setiap malam adalah mudahnya terkena penyakit diabetes tipe 2.

Tubuh yang pasif tanpa banyak pergerakan atau beraktifitas, memang memiliki lebih besar terkena penyakit diabetes tipe 2.

Karena tidur yang terlalu lama pada setiap harinya tentu saja akan membuat tubuh akan lebih pasif, sehingga tidak heran lagi jika sistem metabolisme tubuh kita akan terganggu.

Hal yang seperti ini tentunya dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang akan timbul pada kita.

6. Risiko Kematian Yang Lebih Awal



Dari sekian banyak risiko yang ada dan telah kita bahas, bahaya yang satu ini adalah bahaya yang harus atau sangat kita waspadai.

Karena tubuh yang terlalu lama pasif tanpa ada gerakan atau aktifitas, ini tentu saja akan membuat kinerja dari organ tubuh akan terganggu dan tentunya tidak beraturan.

Simak Juga 2 Hal Yang bisa Meningkatkan Risiko Kematian tidak Terduga

Ketika pada saat sistem metabolisme tubuh kita terganggu, maka sudah tentu akan banyak terjadi hal-hal yang buruk di dalam tubuh kita.

Dari sekian hal-hal yang buruk yang akan trjadi adalah , yaitu besarnya risiko kematian.


Karena dengan waktu tidur yang berlebihan, akan banyak menimbulkan penyakit-penyakit yang berbahaya yang bahkan bisa merenggut nyawa.

Jadi untuk itulah kita harus menerapkan pola hidup yang sehat, dengan melakukan akktifitas-aktifitas yang teratur, makan yang teratur, tidur yang teratur, dan pola hidup sehat yang lainnya.

Baca Juga :

Sekian informasi tentang Bahaya Tidur yang terlalu lama bagi kesehatan kita, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa untuk berbagi dengan yang lainnya, seperti di facebook, google pllus, twitter dan yang lainnya.

Terima kasi atas kunjungannya.

Postingan terkait:

"Bahaya Tidur Yang Terlalu Lama Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.