Bahaya Memberi Vitamin Terlalu Banyak Pada Anak

Vitamin sebenarnya tentu sangat baik bagi pertumbuhan pada anak. Namun jika terlalu berlebihan memberinya justru akan menimbulkan dampak bahaya bagi si anak.

Bahaya Memberi Vitamin Terlalu Banyak Pada Anak


Dari beberapa makanan yang dikonsumsi anak, telah mengandung terlalu banyak vitamin dan mineral dari yang dibutuhkan.

Menurut penelitian yang baru yang telah dilakukan oleh Environmental Working Group (EWG), vitamin dan mineral yang terlalu banyak bisa menjadi berbahaya daripada menjadi bermanfaat bagi tubuh anak.

EWG adalah grup non profit yang telah memajukan kesehatan publik. EWG telah melakukan pengujian terhadap sereal sebanyak 1.556 dan snack bars sebanyak 1.025.

Dari pengujian ini, mereka telah menemukan jumlah besar dari vitamin A, Niasin, dan Zinc. serta dari produk yang telah diuji, mereka menemukan sebanyak 114 sereal tersebut, terdapat mengandung lebih dari 30% dari tiga nutrisi yang telah direkomendasikan oleh the Food and Drug Administration (FDA).

Nah Selain itu, dari snack bars yang telah diuji, terdapat 27 buah mengandung lebih dari 50% jumlah vitamin A, niasin dan zinc yang telah dianjurkan.

Kegunaan dari vitamin A, Niasin, dan Zinc ini, bagi tubuh sebenarnya ini pada umumnya paling baik saat masih fresh dan dalam makanan yang belum diproses.

Berikut ini ada beberapa manfaat dari vitamin – vitamin tersebut.


1. Vitamin A


Vitamin A berguna membantu kita untuk bisa melihat di dalam gelap, vitamin ini biasanya  terdapat dalam kandungan di dalam telur, daging, melon jingga (cantaloupe), wortel, dan bayam.

2. Niasin


Niassun adalah vitamin yang dapat membantu tubuh kita untuk memproduksi energi. Vitamin ini biasanya ditemukan di dalam ikan, biji-bijian, dan kacang – kacangan, serta di dalam biji – bijian seperti yang terdapat di dalam gandum dan beras merah.

3. Zinc


Zinc dapat membantu tubuh kita untuk melawan infeksi. Vitamin ini biasanya dapat ditemukan di dalam banyak makanan, termasuk produk makanan yang berbasis gandum, daging, dan kacang – kacangan.

Jadi makanan anak yang terlalu banyak mengandung vitamin, nilai nutrisi yang telah tercantum merupakan komposisi untuk orang dewasa sehingga lebih banyak vitamin dan mineral.

Sehingga ketika anak – anak mengkonsumsi produk makanan tersebut, mereka mendapatkan nutrisi yang melebihi dari yang dibutuhkan.

Anak – anak biasanya makan lebih dari satu porsi sereal atau snack bar sehari, sehingga dengan memakan jumlah yang begitu besar, dapat membahayakan kesehatan pada anak.

Karena Terlalu banyak vitamin yang masuk ke tubuh anak, juga dapat menyebabkan kerusakan pada hati, zinc dengan level yang tinggi. Sehingga dapat menganggu kekebalan tubuh alami atau dapat mengganggu kekuatan dari tubuh untuk melawan infeksi.

Baca juga Artikel Lainnya :


Sekian informasi yang bisa yang saya sampaikan, terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman – teman yang lain seperti di facebook, twitter, google + dan lain – lain.

Postingan terkait:

"Bahaya Memberi Vitamin Terlalu Banyak Pada Anak"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.