Bahaya Dari Teknologi untuk Kesehatan Fisik dan Psikis

Di era modern yang sekarang ini, mungkin ada banyak yang tidak peduli dan mengetahui dari bahaya-bahaya yang di sebabkan oleh teknologi untuk kesehatan.

Bahaya Dari Teknologi untuk Kesehatan Fisik dan Psikis

 Dengan pesatnya perkembangan teknologi yang ada pada saat ini, di Indonesia memang membuat berbagai hal menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Dengan kondisi yang seperti ini, maka tak heran lagi jika banyak orang-orang atau kalangan yang terlena dengan adanya teknologi modern yang ada pada saat ini.

Namun apakah kita tahu, bahwa kondisi yang seperti ini justru hanya memberikan  atau menghadirkan kebiasaan yang buruk salah satu contoh untuk kita ambil adalah kecanduan pada gadget.

Baca Juga : Bahaya Bagi Anak Yang Sering Bermain Gadget

Kebiasaan seperti ini dapat membuat seseorang menjadi ketergantungan pada gadget, bahkan bisa dibilang tidak bisa lepas dri gadget untuk waktu yang sesaat.

Dengan kondisi tersebut, ini jelas akan mengganggu kesehatan dan psikis  seseorang.

Akan tetapi, hal yang sperti ini sayangnya tidak banyak dari kalangan individu yang menyadari atau peduli terhadap hal-hal tersebut.

Sedangkan, dengan terlalu lama memainkan gadget, maka akan memberikan dampak pada kesehatan tubuh.

Tapi, tanpa teknologi kita juga akan merasa merasa kekurangan atau ketinggalan informasi dari teknologi yang sedang berkembang pada saat ini.

Apalagi dengan informasi-informasi yang disebarkan lewat media internet, jadi mau tidak mau kita juga harus menggunakan teknologi-teknologi yang yang modern sekarang ini.

Jadi, agar supaya kita tidak merasa ketinggalan dengan teknologi yang sekarang ini, dan ingin selalu merasa tetap sehat, baik itu kesehatan fisik maupun kesehatan psikis, hal yang perlu kita lakukan adalah mengimbangi penggunaan teknologi dengan aktifitas-aktifitas yang menyehatkan kita.

Untuk sekedar mengetahui, ancaman bahaya yang desebabkan oleh teknologi yang skarang ini, disini ada beberapa ancaman bahaya teknologi untuk kesehatan fisik dan psikis.

Berikut Bahaya Dari Teknologi Untuk Kesehatan Fisik Dan Psikis


1. Membuat Penglihatan Jadi Memburuk


Membuat penglihatan jadi memburuk adlah salah satu risiko yang sudah pasti akan kita alami jika terus-terusan menatap layar gadget.

Hal yang seperti ini tentu saja dapat memberikan dampak yang uruk, karena mata akan merasa lelah dan tegang, sehingga dapat menyebabkan gangguan pada indera penglihatan kita.

Maka dari itu, ada baiknya kita mengistirahatkan mata, dan menjaga jarak pandang mata dengan layar gadget yang kita digunakan, agar tidak terjadi kerusakan pada indra penglihatan kita.

2. Kurang Gerak


Selain membuat penglihatan menjadi memburuk, menggunakan gadget yang terlalu lama juga akan membuat seseorang menjadi pasif dan kerap berdiam diri.

Jika kita lihat dari sisi medis, ini jelas hal yang demikian bukan merupakan hal yang baik bagi kesehatan tubuh.

Ketika seseorang kurang  pergerakan pada tubuhnya, maka tubuhnya akan lebih mudah terserang oleh penyakit karena imunitas pada tubuh akan menurun.

Maka dari itu, seringlah untuk melakukan aktifitas-aktifitas gerak dan berolahraga, supaya tubuh kita tetap sehat selalu.

3. Kecanduan Gawai


Terlalu sering untuk menggunakan gadget juga akan dapat membuat seseorang menjadi kecanduan dan menjadi ketergantungan.

Stimulasi yang diberikan oleh gadget memang telah diketahui dapat memberikan kegembiraan dan membuat dunia sendiri pada seseorang sehingga seseorang menjadi ketergantungan pada gadget.

Nah sekarang ini, bukan orang-orang dewasa saja yang menjadi ketergantungan pada gadget, anak-anak juga banyak yang telah menjadi ketergantungan pada gadget.

Baca Juga Cara Menjauhkan Anak Yang Tergantungan Pada Gadget

4. Demensia Elektronik


Salah satu dari kebiasaan buruk lain yang sering dirasakan ketika disaat kita selalu mengandalkan teknologi adalah menurunnya daya ingatan seseorang.

Untuk salah satu contohnya untuk kita ambil adalah yakni dengan penggunaan GPS yang ada pada gadget.

Memang kalu kita lihat, untuk penggunaan fitur GPS memang sangat membantu kita, namun dengan teerlalu sering menggunakan fitur tersebut, ini hanya akan membuat seseorang untuk malas mengingat rute jalan.

Nah, dengan begitu, memori dari otak pun akan sangat jarang untuk kita gunakan atau terlatih untuk mengingat berbagai banyak hal.

5. Pegal dan Nyeri Pada Leher


Ketika disaat seseorang sudah berada di depan gadget, maka sudah bisa dipastikan seseorang itu akan menghabiskan waktunya hingga berjam-jam dengan kondisi yang membungkuk untuk melihat layar gadget.

Tanpa disadari, kondisi yang seperti ini justru akan menimbulkan keluhan tersendiri seperti pegal dan nyeri leher akibat terlalu lama membungkuk.

Hal yang lainnya selain merasa pegal dan nyeri, kondisi yang seperti ini juga akan menyebabkan tegangnya otot-otot pada leher.

Itulah beberapa penjelasan tentang bahaya teknologi untuk kesehatan yang sering kita abaikan di kalangan pengguna gadget.

Karena, ketika seseorang sudah memainkan gadget, seseorang tersebut akan lupa dengan kondisi tubuh mereka sendiri.

Hanya itu yang bisa saya sampaikan, semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi sumber referensi yang dapat membantu sekaligus dapat memberikan manfaat untuk kita semuanya.

Salam dari saya dan terimakasih sudah berkunjung, dan jangan lupa untuk berbagi dengan yang lainnya, seperti di Facebook, Twitter, Google pllus, dan yang lain-lainnya.

Postingan terkait:

"Bahaya Dari Teknologi untuk Kesehatan Fisik dan Psikis"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.