5 Cara menghasilkan uang dari blog paling populer


Untuk menghasilkan uang dari blog sudah tidak asing lagi untuk kita dengar. Bahkan ada dari beberapa dari teman kita sudah bisa menghasilkan jutaan bahkan sampai ratusan juta rupiah perbulan.

7 Cara menghasilkan uang dari blog paling populer

Percaya tidak.? Percaya tidak percaya mari kit simak ulasan – ulasan berikut ini.

Disini ada beberapa metode monetisasi yang paling populer yang sering digunakan para blogger master untuk bisa menghasilkan uang dari blogger.

Artikel ini sebenarnya sambungan dari artikel saya yang sebelumnya tentang cara mudah mendapatkan uang dari internet.

Tapi untuk yang ini saya akan membahas sedikit lebih fokusnya tentang menghasilkan uang dari blog saja.

Karena sebagian besar untuk bisa menghasilkan uang dari blog, yaitu dengan metode monetisasi sebuah blog yang akan kita ulas di bawah ini sudah pernah dilakukan oleh para blogger master, dan metode ini terus terang ada sebagian yang belom pernah saya coba.

Tapi saya akan bakalan mencoba dan memonetisasi blog ini.

Tapi ada beberapa teman saya yang sudah sukses dan bahkan sekarang sudah mempunyai penghasilan di atas 5 juta tiap bulannya.

Saya juga sebenarnya tidak percaya, tapi setelah melihat dari data – data transaksi ternyata apa yang dibilangnya memang benar – benar sudah pasti.

Berikut ini metode monetisasi yang sering di terapkan oleh para blogger master untuk cara menghasilkan uang dari blog.

Cara menghasilkan uang dari blog paling Populer

 

1. Pasang Iklan


Untuk yang pasang iklan di sebuah blog adalah hal yang paling populer di antara yang paling populer. Untuk memonetisasi blog dengan iklan, disini ada dua tipe yang bisa sobat pilih.

a. Kita bisa mendaftarkan blog sobat ke program Advertising Networks atau jejaringan periklanan.

b. Kita bisa menawarkan secara langsung kepada calon pemasang iklan untuk memasang iklan di
    blog. Biasanya para blogger menyebutnya Direct Advertising.

  • Advertising Networks


Advertising Networks, ( jaringan periklanan ) ialah sebuah program layanan yang menghubungkan antara pemasang iklan dengan pemilik blog atau website.

Nah, jika sobat ingin mendapatkan penghasilan dari program yang seperti ini, sobat hanya perlu mendaftarkan blog sobat kepada jejaringan tersebut, kemudian setelah itu sobat nanti akan diberikan kode iklan yang harus sobat pasang di blog sobat.

Penghasilan yang bisa didapatkan dari jejaringan ini biasanya dihitung apabila ada orang yang mengklick iklan yang ada di blog sobat atau biasanya disebut dengan PPC ( Pay Per Click ).

Nah, alah satu contoh program Advertising Networks yang paling populer di Indonesia atau dinegara – lain adalah Google AdSense.

Karena itulah banyak dari para blogger berjuang habisan - habisan untuk bisa menjadi publisher Google Adsense.

  • Direct Advertising


Direct Advertising Berbeda dengan Advertising Networks, Direct Advertising adalah metode dimana sobat sendiri yang menawarkan secara langsung kepada calon pemasang iklan untuk memasang iklan di blog sobat.

Kelebihan dari metode ini ialah penghasilan dari blog sobat bisa jauh lebih tinggi. Ini dikarenakan iklan yang terpasang di blog sobat tidak melalui perantara ( pihak ketiga ).

Harga dari pemasangan iklan ini sendiri bisa bermacam - macam, umumnya tergantung dari jumlah dan kualitas dari pengujung blog.

Tapi meskipun sobat bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan tinggi, cara ini boleh dikatakan tidaklah begitu mudah. Kenapa bisa seperti itu.?

Karena sobat harus bisa mencari calon pemasang iklan yang mau untuk memasang iklan di blog sobat.

2. Paid Review

 
Paid review ( paid posts ) ialah metode monetisasi dimana kita akan mendapatkan penghasilan dengan cara mereview produck atau jasa yang dimilik orang lain melalui postingan yang ada di blog kita.

Pada dasarnya cara ini tidak jauh bedanya dengan Direct Advertising, hanya saja jika Direct Advertising iklannya berbentuk sebuah banner iklan, sedangkan paid review iklannya berbentuk postingan review.

3. Jual Produck Sendiri


Menjual produck sendiri adalah merupakan salah satu metode monetiasi blog yang terbaik yang bisa sobat lakukan.

Alasannya kenapa, karena dengan kita menjual prodcuk kita sendiri kita bisa mendapatkan penghasilan yang berkali – kali lipat lebih besar daripada menggunakan metode monetisasi yang lain.

Nah, Jika sobat menggunakan metode ini, sobat bisa dibilang tidak menghasilkan uang dari blog yang secara langsung, karena penghasilan yang sobat dapatkan ialah dari hasil sobat yang berjualan sendiri.

Sementara fungsi dari blog yang sobat kelola, hanya sebagai tempat sobat mempromosikan produck yang sobat jual.

Apa saja yang bisa kita jual lewat blog.? Banyak yang bisa kita jual lewat blog, asalkan sobat punya pruduck untuk dijual.

Untuk bisa berjualan lewat blog, ini bisa terbagi menjadi dua jenis.Yaitu produk fisik dan produk digital.

  •  Produck Fisik
Hampir dari semua jenis produck fisik bisa kita dijual lewat blog. Tapi ini tentunya produk yang kita jual harus sesuai dengan topik blog yang kita miliki.

Contohnya :
Misalnya blog sobat membahas tentang Tentang Kecantikan, sobat boleh menjual tentang alat make-up, dan alat yang berhubungan dengan kecantikan.

  • Produck Digital

Sedangkan untuk berjualan produck digital, bisa yang sering dijual lewat blog adalah produck – produck seperti Ebook ( Buku Elektronik ), Video, Audio, Software, Theme Website, Plugin, Desain gambar, Template Blog dan masih banyak yang lainnya.

Salah satu contoh blog yang sukses berjualan Template adalah blog mas sugeng.id. Mungkin masih banyak yang lainnya.

Untuk Jualan produk sendiri lewat blog, ini tentu saja bukan perkara yang mudah.

Yang pertama sobat harus memiliki produck untuk bisa dijual, yang kedua sobat harus bisa mencari pengunjung blog yang tertarget, agar supaya mau membeli produk yang sobat jual.

4. Jual Jasa Sendiri


Nah selain menjual produck, sobat juga bisa menjual jasa melalui blog. Metode monetisasi yang satu ini sangat cocok buat sobat yang mempunyai atau memiliki keahlian yang khusus yang bisa disalurkan lewat blog.

Sebagai contoh:
  • Jika sobat ahli dalam desain, sobat bisa menyediakan jasa desain. Sesuai dengan keahlian yang sobat miliki.
  • Jika sobat ahli dalam menulis, sobat bisa menyediakan jasa untuk menulis. Saya yakin diluar sana banyak orang yang membutuhkan jasa penulis apa lagi Jasa Menulis Artikel. pasti sangat banyak yang mencarinya.

5. Mengkuti Program Affiliasi


Nah, bagi sobat yang suka dengan berjualan tetapi tidak mempunyai Produck atau belum mempunyai produck sendiri yang ingi dijual, sobat bisa mengikuti program ini. Affiliasi adalah alternatif  yang lain yang bisa sobat pilih untuk bisa menghasilkan uang dari blog.

Mungkin ada beberapa dari sobat yang belum mengerti tentang apa itu Affiliasi ya kan.? Sekarang mari kita simak tentang Affiliasi. 

Apa Itu Affiliasi.?


Affiliasi adalah sebuah program yang dimana kita membantu utuk  mempromosikan produk dari orang lain. Dan jika kita berhasil menjual salah satu produck mereka, maka kita akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan tersebut.

Jadi bagi sobat yang ingin mencoba untuk bisa mengikuti program afiliasi ini, sobat bisa mencari penyedia produck atau jasa yang menyediakan program afiliasi ini. Atau sobat bisa juga melalui affiliate network.

Jadi Itulah beberapa metode monetisasi blog yang menghasilkan uang paling populer. Mungkin masih ada banyak lagi metode – metode monetisasi blog yang belom saya sebutkan. Tapi untuk yang ini sudah jelas bisa memberikan penghasilan bagi kita.

Semoga artikel ini bermanfaat Salam dari saya dan semoga sukses. Jangan lupa untuk berbagi dengan teman – teman yang lainnya dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca juga :

Postingan terkait:

  1. Iya mas, maaf baru bisa balas, baru buka blog soalnya..=D
    OK mas, segera meluncur..

    ReplyDelete
  2. Ilmu lagi nih, terima kasih kak ulasannya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.