6 Tanda Pembekuan Darah Pada Tubuh

6 Tanda Pembekuan Darah Pada Tubuh

Pembekuan darah pada tubuh sebenarnya ada juga yang menguntungkan jika terjadi pada saat cedera atau terluka untuk dapat menghentikan pendarahan.

Namun pembekuan darah juga dapat terjadi dalam pembuluh darah dan dekat otot.

Pendiri Pusat Pengobatan Pembuluh Darah Luis Navarro, M.D di New York City mengatakan, "Ketika telah terjadi pembekuan darah pada pembuluh darah yang lebih dalam, ini bisa sangat menyakitkan dan berbahaya bagi kita".

Baca juga : Gejala Keracunan Yang Disebabkan Oleh Matahari

Di dalam istilah medis, kondisi pembekuan darah ini telah dikenal dengan deep vein thrombosis ( DVT ).

DVT dapat menyebabkan kemacetan pada sirkulasi darah pada tubuh. Dalam kondisi yang lebih parah ini, pembekuan darah bisa berjalan ke daerah paru-paru dan ini akan terjadilah emboli paru.

Masalah yang akan terjadi berikutnya adalah organ vital tidak cukup mendapat oksigen dan darah yang dibutuhkan, sehingga akan menyebabkan akibat yang fatal.

Dr.Luis telah mengatakan, "sangat penting bagi kita untuk mengenali tanda-tanda terjadinya pembekuan darah pada tubuh kita".

6 Tanda Pembekuan Darah Pada Tubuh


Dengan sperti itu, pengobatan yang tepat bisa segera kita lakukan dan  ini  tentunya dapat mencegah terjadinya emboli paru.

Untuk mengenali tanda-tanda terjadinya pembekuan darah pada tubuh, ada bebrapa tanda-tanda yang harus kita ketahui.

Berikut tanda-tanda pembekuan darah pada tubuh kita 


1. Kaki bengkak


DVT pada umumnya akan bermula dari pembengkakkan di daerah sekitar kaki.

Hal ini biasanya terjadi akibat pembekuan darah atau darah yang menggumpal dan telah memblokir aliran darah pada kaki.

Pada Akhirnya akan terjadi pembengkakkan pada kaki. DVT juga bisa terjadi ketika kita duduk yang terlalu lama tanpa melakukan aktivitas.

2. Terasa Nyeri pada Kaki atau lengan


Terasa nyeri pada tungkai kaki dan lengan bisa saja terjadinya tanda DVT. Rasa nyeri yang kita rasakan, biasanya kita hanya mengira kram otot atau ketegangan saja.

Rasa nyeri memang juga bisa disebabkan oleh banyaknya hal, Akan tetapi ada lebih baik kita waspadai.

Karena jika disertai dengan gejala lain seperti bengkak atau kemerahan itu bisa saja terjadi DVT.

Terkadang rasa nyeri juga terjadi tanpa gejala lain. Biasanya, terasa nyeri saat mulai berjalan atau mengayunkan kaki ke atas.

3. Kulit Terlihat Memar


Kulit yang terlihat memar atau di iringi dengan muncul kemerahan pada kulit, ini  merupakan tanda adanya gumpalan darah.

Namun, memar pada umumnya bisa juga terjadi pada semua orang.

Menurut National Blood Clot Alliance, pada saat kondisi DVT, kemerahan biasanya akan terjadi pada kaki atau lengan dan kemudian menyebabkan terasa hangat ketika disentuh.

4. Napas Menjadi Sesak


Pembekuan darah pada paru-paru dapat memperlambat aliran oksigen. Setelah oksigen merendah, detak jantung akan jadi meningkat.

Dan ini akan dapat menyebabkan napas akan menjadi sesak. Selain dari itu, dengan napas yang sesak lama-kelamaan mungkin tubuh menjadi lemas, bahkan pingsan.

Untuk itu jangan menunda untuk melakukan pemeriksaan ke dokter jika sudah terjadi hal tersebut.

5. Nyeri Pada Dada


Terasa nyeri pada dada, ini tidak hanya gejala serangan jantung saja. Akan tetapi Jika kita mengalami DVT dan sudah terjadi emboli paru, nyeri pada dada pun tidak dapat dihindari.

Terasa nyeri pada dada juga biasanya terasa sangat dan tajam dan terasa menusuk-nusuk.

Kemudin kita merasakan dada semakin sakit ketika kita mencoba untuk menarik napas dalam-dalam.

6. Batuk


Ketika kita Tiba-tiba terbatuk tanpa alasan yang jelas, ini juga bisa tanda-tanda terjadinya DVT.

Apalagi jika sebelumnya diringi dengan sesaknya napas, detak jantung yang cepat, dan nyeri pada bagian dada yang merupakan gejala sudah terjadinya emboli paru.


Dr. Luis mengatakan:
" batuk yang terjadi akibat DVT, itu biasanya batuknya akan kering, tapi ada juga pada beberapa orang terkadang mengalami batuk berlendir, bahkan bisa sampai berdarah".

Nah untu itu, kita harus bisa mengenali tanda-tanda terjadinya pembekuan darah pad tubuh kita, guna untuk menjaga hidup yang sehat.

Baca Juga :


Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk berbagi dengan yang lainnya, seperti di Facebook, twitter, google pllus, dan lain sebagainya. Terima kasih atas kunjungannya.

Salam Sehat untuk semuanya…

Postingan terkait:

"6 Tanda Pembekuan Darah Pada Tubuh"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.