5 Cara Menjauhkan Anak Yang Ketergantungan Dengan Gadget

5 Cara Menjauhkan Anak Yang Ketergantungan Dengan Gadget
imusinformasi.com
Dizaman yang sekarang, semua orang telah mengikuti perkembangan dari teknologi. Kalau kita lihat sekarang ini hampir semua orang telah memiliki gadget atau smartphone.
 Hebatnya lagi, sekarang ini bukan hanya orang dewasa saja yang hanya memiliki gadget, anak-anak juga banyak yang sudah memilikinya.

Jadi, sisi buruknya sekarang adalah, anak-anak jadi ketergantungan untuk main gadget sehingga mereka lupa dengan hubungan sosial yang harus perlu di bangun pada usianya yang masih kanak-kanak.

Nah, untuk mencegah anak-anak supaya tidak menjadi ketergantungan pada gadget, ada baiknya selaku orang tua mulai perhatian dan melakukan tips ini di rumah ya.

Karena, ketika anak telah mengalami ketergantungan terhadap gadget, ini tentu saja bisa membahayakan kesehatan terhadap anak.

Untuk lebih jelasnya silahkan Anda baca postingan saya yang sebelumnya tentang Bahaya bagi anak yang sering bermain gadget.
 
Jadi apa saja yang bisa di lakukan orang tua agar supaya anak tidak menjadi ketergantungan terhadapa gadget.? Berikut ulasannya.

1. Ketahui alasan mereka kenapa menyukai gadget


Kebanyakan sekarang adalah kenapa anak jadi ketergantungan pada gadget ialah karena orangtua yang selalu mendukung penggunaan gadget dengan alasan orang tua sibuk dan tidak bisa memberikan perhatian yang cukup pada anak.

Itu sebabnya cara ini sebagian dari cara anak untuk lari dari realita dan tak bisa menghadapi kehidupan sosial dengan baik nantinya.

Nah untuk itu, ketahui alasan mereka kenapa bisa jadi ketergantungan terhadap gadget, dengan cara yang seperti ini, kita bisa memberikan beberapa alasan untuk membuat mereka bisa mengurangi bermain gadget.

2. Dorong anak untuk melakukan aktivitas outdoor


Minta kepada anak untuk bermain di luar rumah bersama teman-temannya atau dengan anak-anak yang lainnya.

Bermain atau melakukan kegiatan yang diluar rumah akan membangun kebugaran mental dan fisik pada anak, terutama lagi jika mereka bermain secara berkelompok. Tapi tentunya ini tidak lepas dari pengawasan orang tua juga.

3. Batasi waktu mereka untuk main gadget


Bagi anak yang lebih besar, ini mungkin mereka membutuhkan gadget untuk bisa mendukung pendidikan mereka, seperti contoh misalnya mencari bahan untuk tugas sekolah atau mencari informasi.

Nah untuk itu orang tua kasi waktu untuk hal itu, akan tetapi batasi waktunya. Selaku orang tua anak harus perlu dikasi batasan spesifik berapa lama dia bisa memegang atau menggunakan gadget.

Kasi mereka sedikit masukan dan ajari mereka sedikit tentang disiplin untuk  menggunakan barang yang seharusnya belum bisa dia miliki.

4. Kembangkan hobi anak


Akan lebih baik lagi jika anak telah menunjukkan ketertarikan pada suatu bidang. Hal ini tentunya bisa dijadikan hobi yang bisa menjauhkan anak dari ketergantungan terhadap gadget.

Sebab anak biasanya akan lebih antusias dengan menekuni hobinya daripada mereka menghabiskan waktu dengan gadget.

Dukung dan fasilitasi anak untuk melakukan hobinya. Agar supaya mereka tidak menja terlalu untuk mengingat gadget.

5. Ajarkan Mereka keterampilan


Ada banyak sekali keterampilan seni atau olahraga yang bisa dapat membantu fisik motorik dan kognitif pada anak, sehingga anak akan lebih kreatif dan bisa punya hubungan sosial yang baik.

Ajak anak untuk membuat barang-barang yang mereka suka, atau bisa juga dengan berlatih berenang, les musik dan lain sebagainya.

Ini tentunya agar supaya mereka bisa mengembangkan bakat dan kemampuannya yang mereka miliki.

Ada banyak lagi cara alternatif atau permainan dan kegiatan yang jauh lebih seru dibanding dengan hanya memandang layar gadget di luar sana.

Sebenarnya bukannya tidak boleh bagi anak untuk mengenal teknologi dengan lebih dekat, namun alangkah baiknya jika waktu yang dihabiskan anak dengan gadget tidak merusak interaksinya dengan teman-teman dan merenggut waktu bermainnya bersama anak-anak lain.

Baca juga :
Hanya itu informasi yang bisa saya sampaikan tentang cara Menjauhkan Anak Yang Ketergantungan Dengan Gadget.Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk berbagi dengan yang lainnya. Salam dari saya dan terimakasih sudah berkunjung.

Postingan terkait:

"5 Cara Menjauhkan Anak Yang Ketergantungan Dengan Gadget"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.