3 Posisi Tidur yang Benar untuk Tubuh Anda

Setiap orang memiliki posisi tidur favorit tersendiri, mulai dari tengkurap, menyamping bahkan telentang. Namun penting untuk memastikan bahwa posisi tidur mana yang paling terbaik buat tubuh kita.

3 Posisi Tidur yang Benar untuk Tubuh Anda


Namun posisi tidur yang salah dapat berpengaruh besar terhadap kesehatan kita secara keseluruhan. Karena jika tidur dengan posisi yang salah atau kurang tepat, dapat menyebabkan kondisi seperti sakit punggung dan leher, kelelahan, sleep apnea, sakit kepala, masalah perut, dan masih banyak yang lainnya.

Jika kita ingin mengurangi risiko dari hal tersebut, berikut ini adalah posisi tidur yang paling terbaik hingga paling terburuk untuk tubuh kita.


1. Tidur telentang


Posisi tidur telentang adalah posisi yang paling baik untuk tubuh kita. Karena tidur dengan posisi yang telentang dapat membuat kepala, leher, dan tulang belakang beristirahat dalam posisi netral.

Ini tentunya, tidak ada tekanan ekstra pada area – area tersebut yang dapat membuat kita merasa sakit pada keesokan paginya.

Posisi tidur telentang juga cocok untuk menangkal refluks asam, namun pastikan kita menggunakan agak banyak bantal untuk mengangkat kepala kita lebih tinggi dari perut, agar supaya makanan kita makan tidak naik kembali ke tenggorokan.

Tetapi bagi orang – orang yang mengalami sleep apnea, posisi ini kurang cocok baginya, karena tidur dengan posisi telentang dapat menyebabkan lidah memblokir saluran pernapasan. Dengan posisi seperti ini bisa membuat dengkuran menjadi lebih parah.

2. Tidur Menyamping


Posisi tidur menyamping juga dapat menurunkan refluks asam, sakit pada punggung, dan sakit pada leher. Tidur menyamping juga dapat membuat saluran pernapasan terus terbuka.

Sehingga sehingga dengan posisi tidur menyamping sangat baik bagi mereka yang menderita sleep apnea. Namun, posisi tidur menyamping dapat membuat wajah kita keriput, karena wajah kita terus menempel pada bantal.

3. Posisi Tidur Seperti Janin


Posisi tidur yang seperti janin ini  yaitu badan menyamping ke arah kiri, kemudian tubuh membungkuk, dan lutut ditekuk ini sangat baik dipraktekkan jika anda sedang dalam hamil.

Karena bisa meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh dan janin di dalam perut, serta dapat mencegah rahim menekan hati. Namun, tidur dengan posisi yang seperti ini dapat membuat pernapasan kita menjadi terbatas dan dapat menyebabkan nyeri pada sendi dan punggung pada keesokan harinya.

Untuk dapat mengurangi resiko tersebut, renggangkan tubuh kita sebanyak mungkin, atau bisa juga dengan menempatkan bantal diantara lutut kita.

Berikut Posisi Tidur Yang Buruk

 

1. Posisi Tengkurap



Diantara semua posisi tidur yang kita tahu, Posisi tidur tengkurap ini adalah posisi tidur yang paling buruk, karena dengan posisi yang seperti ini dapat menyebabkan sakit punggung dan leher.

Ditambah lagi, posisi tidur tengkurap juga menekan otot dan sendi yang dapat menimbulkan kesemutan, mati rasa, dan pegal – pegal pada tubuh kita. Jadi sebisa mungkin hindari posisi tidur seperti ini.


Saya rasa hanya itu yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa untuk berbagi dengan yang lain – lainnya, seperti di facebook, twitter, Google+ dan yang lainnya. Salam dari saya terima kasih sudah berkunjung.

Postingan terkait:

  1. Artikel yang bagus dan menarik min, jika diperbolehkan maka jawablah pertanyaan ini.Apakah posisi tidur yang baik dapat menyebabkan penyakit vertigo ? Dan bagaimana dengan sakit kepala belakang apakah disebabkan oleh posisi tidur yang tidak baik? Terima Kasih….

    ReplyDelete

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.