Bahaya Bagi Anak Yang Sering Bermain Gadget


Dengan semakin berkembangnya zaman, semakin maju pula teknologi komunikasi dan informasi saat ini, bergbagai macam teknologi telah bermunculan dan tentunya semakin mengesankan dan mengagumkan.

Perkembangan teknologi ini juga dapat membantu setiap orang untuk menemukan berbagai kemudahan di dalam kehidupan sehari – hari.

Bahaya Bagi Anak Yang Sering Bermain Gadget

Bisa dibilang, hampir dari setiap orang di dunia memiliki gadget sebagai alat untuk komunikasi. Dan juga untuk mengakses untuk mencari berbagai macam informasi.

Tidak hanya orang yang dewasa saja yang memiliki gadget, anak – anak pun sekarang kalau kita llihat juga tidak mau ketinggalan, dan mereka pun juga telah memiliki gadget.

Memang sih, kalau kita lihat dalam satu sisi, gadget memiliki manfaat yang luar biasa untuk mempermudahkan kita berkomunikasi dan mengakses informasi.

Tapi, bagi anak – anak, untuk pemakaian gadget yang berlebihan terutama pada saat malam hari, ini dapat membuat anak mengalami berbagai efek buruk.

Adapun  Bahaya Bagi Anak Yang Sering Bermain Gadget adalah :


1. Dapat memicu Obesitas,

2. Dapat Merusak Mata,

3. Dapat mengurangi sistem kekebalan tubuh,

4. Dapat menyebabkan kerusakan pada otak.


Sebuah studi baru menemukan. Pemakaian gadget pada anak, bahwa idealnya anak – anak usia 10 ampai 14 tahun mereka memiliki waktu tidur selama 9 sampai 10 jam untuk setiap harinya.

Anak – anak juga tidak boleh menatap layar komputer maupun gadget lebih dari 4 jam untuk setiap hari.

Kurangnya waktu tidur yang disebabkan seringnya menatap layar komputer atau gadget terutama saat malam, ini dipercaya dapat merusak kesehatan otak anak.

Baca juga 2 Hal yang bisa meningkatkan resiko kematian
Nah , dampak dari kerusakan otak itu sendiri biasanya didapati bahwa anak tidak bisa fokus saat belajar, anak juga tidak bisa mengingat sesuatu dengan baik, anak juga lambat dalam berpikir dan terlebihnya lagi anak mempunyai emosi yang tinggi.

Dr. Ben Carter mengatakan, Tidur adalah suatu aktivitas yang sangat penting bagi anak – anak.

Tidur adalah suatu aktivitas dimana anak akan mengalami waktu pertumbuhan serta perkembangan fisik maupun psikisnya.

Dengan adanya tidur yang cukup, anak – anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Begitu pula dengan sebaliknya, tidur yang kurang dapat berakibat sangat buruk bagi anak. Terlebih lagi jika anak kurang tidurnya disebabkan oleh betmaian gadget pada saat malam hari.

Para peneliti yang telah melakukan sebuah penelitian terhadap 125.198 anak yang berusia rata – rata 14 tahun, mereka menemukan bahwa anak dengan kualitas tidur cukup akan  memiliki kesehatan fisik yang baik serta psikis yang baik.

Sementara anak yang kurang tidur, bisa dikatakan bahwa mereka sering mengalami gangguan belajar dan kurang fokus.

Dari penelitian ini, para peneliti sangat menyarankan agar orang tua anak selalu memperhatikan dan mengontrol waktu istirahat atau waktu tidur pada anak.

Orang tua juga harus bisa meberikan masukan terhadap anak supaya bisa membatasi anak bermain gadget.

Dr. Ben Carter telah mengatakan, Orang tua harus memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan anak.

Orang tua juga harus bisa memberikan masukan atau nasehat yang terbaik kepada anak, dan memastikan bahwa anak tidak bermain gadget terlalu berlebihan.

Orang tua juga harus bisa membuat anak memiliki waktu tidur yang cukup untuk setiap harinya.

Supaya agar buah hatinya tidak mengalami masalah kesehatan terutama mengalami kesehatan pada otak, dan pastikan untuk senantiasa memantau aktivitas keseharian mereka, dan batasi waktunya untuk bermain gadget atau menatap layar komputer serta game.

Agar supaya anak senantiasa terjaga kesehatannya dan ia pun tak terlalu berlebihan saat bermain gadget.

Itulah yang bisa saya sampaikan tentang bahya bagi anak yang sering bermain gadget, mohon maaf kalau ada kesalahan, dan terimakasih karena telah brkunjung. Semoga artikel in bermanfaat. Jangan lupa untuk berbagi….

Simak juga 7 Kepribadian Yang dapat mempengaruhi kesehatan atau Maanfaat Mengkonsumsi Air Putih

Postingan terkait:

"Bahaya Bagi Anak Yang Sering Bermain Gadget"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.