8 Kesalahan yang sering dilakukan Oleh blogger pemula

Blog adalah satu aktivitas yang sangat menyenangkan untuk memberikan suatu informasi kepada semua orang. Tapi bagi blogger pemula banyak hal – hal yang kurang berguna atau hal yang tidak begitu penting untuk dilakukannya.

8 Kesalahan yang sering dilakukan Oleh blogger pemula
Hal yang tidak terlalu penting ini, sebaiknya kita abaikan saja, karena ini bisa membuat blog kita akan terbenam dalam persaingan.

Dari suatu kasus yang saya amati, para blogger pemula banyak melakukan kesalahan – kesalahan yang membuat diri mereka lengah terhadap kesalahan – kesalahan itu.

Dari banyaknya kasus yang saya amati, ada beberapa kesalahan yang menurut saya baik untuk di tinggalkan atau harus diperbaiki.

Jika sobat seorang blogger pemula, lebih baik sobat baca dulu di sini dasar dari mana harus memulai blog.

Nah, Setelah sobat mengetahui bagaimana dasar untuk memulai sebuah blog, ada baiknya sobat menyimak atau memperhatikan beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula. 

Supaya Agar sobat tidak melakukan kesalahan – kesalahan yang sama seperti yang sebelumya.

Kesalahan ini sering kita lakukan bahkan ketika setiap kali kita membuka blog kita, jadi untuk itu mari perbaiki kesalahan – kesalahan berikut :

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Oleh Blogger Pemula


1. Terlalu sibuk dengan bentuk tampilan 


Seperti yang sudah saya katakan, saya telah banyak mengamati kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula. Bahkan hampir dari seluruh blogger melakukan kesalahan yang sama.

Apa itu kesalahannya.? Keslahan bagi bloger pemula adalah terlalu sibuk dengan tampilan blog.

Terlalu sibuk dengan asik mengganti template, copot pasang widget, dan lain sebagainya. Sebenarnya ini tidak perlu di lakukan. Ada lebih baiknya sobat fokus saja terhadap konten sobat.

Memang sih tidak ada salahnya untuk memiliki tampilan blog yang cantik dan indah di pandang mata memang bagus, tapi asal sobat tahu, sebuah blog bisa terkenal dan menjadi besar, itu bukan karena tampilannya.

Tapi itu karena konten yang berkualitas yang sobat sajikan terhadap pembaca.

2. Sering mementingkan kuantitas daripada kualitas


Ini yang sering terjadi dikalangan blogger pemula. Blogger pemula biasanya berlomba – lomba untuk mengisi blognya dengan konten sebanyak mungkin.

Ini dilakukannya karena ingin mendapatkan pengunjung yang banyak.

Tapi tidak pernah berfikir, apakah konten yang dibuatnya itu hasil buatan sendiri    ( Orsinil ) atau hanya Copy Paste.

Terus tidak pernah memikirkan konten yang di buat itu benar – benar mempunyai keunikan dan kuliatas.

Jadi saran saya, buanglah hal yang seperti itu jauh – jauh dari diri sobat, karena jika sobat masih seperti itu, saya yakin blog sobat tidak akan bisa bertahan lebih lama apa lagi untuk bersaing dengan blog yang sudah banyak pengunjungnya. Saya yakin blog sobat akan tenggelam jauh kebawah.

3. Sering Mencari Informasi tapi tidak jarang untuk praktek 


Hal ini juga paling banyak ditemukan pada blogger pemula. Sebagai seorang blogger pemula rasa ingin tahu nya itu sangat – sangat besar sekali.

Sering baca tentang ini baca tentang itu, sehingga fikiran yang ada dikepalanya dipenuhi dengan informasi.

Dan pada akhirnya akan merasa bingung sendiri dengan informasi yang telah dibaca. Bingungnya karena apa coba.?

Karena tidak tahu informasi yang mana yang harus ia terapkan, jadi ini akan banyak membuang waktu sobat yang seharusnya bisa melakukan hal positif.

Jadi lebih baik buang rasa yang penasaran yang kurang jelas itu. Lebih baik sobat mencari sedikit informasi tapi sobat peraktekan dengan baik dan benar.

Dari pada banyak informasi tetapi tidak pernah di praktekan, ini tidak ada gunanya, yang akhirnya blog sobat akan terbengkalai jadinya.

4. Tidak bisa konsisten 


Yang ini yang paling banyak di temukan. Saya akui, memang para blogger pemula pada awalnya sangat rajin sekali mengupdate postingan, bahkan setiap hari update artikel.

Tapi setelah itu tiba-tiba menghilang entah kemana.

Memang sih update artikel setiap hari memang bagus, bahkan saya pernah disaran oleh master blogger untuk update artikel setiap hari.

Tapi bagus yang dimaksud disini adalah bagi kita yang sudah terbiasa membuat artikel. Tentunya bukan artikel copy paste.

Tapi bagi kita blogger yang baru atau pemula, lebih baik kita konsisten saja, tentukan hari, tentukan jam, karena menurut saya ini jauh lebih baik dari sering update.

5. Terlalu banyak membahas topik 


Membahas banyak topik ini akan cepat membuat kita merasa bosan terhadap blog kita. Karena kita dipusingkan oleh topik yang banyak.

Tapi apakah masalah kalo membahas banyak topik itu.?  Sebenaynya tidak salah. Tapi yang pasti blog kita akan sulit berkembang, karena tidak memiliki keunikan, dan akan sulit untuk mendapatkan pembaca yang setia.

Saya saja mengakui, kalau blog saya masih melakukan kesalahan, lihatlah blog saya masih tergolong dengan point yang no 5 ini.

Terusa kenapa saya membuat artikel seperti ini.? Karena saya ingin berbagi dengan sobat supaya tidak melakukan kesalahan yang sama seperti blog saya ini.

Dan saya membuat artikel ini supaya saya tidak melakukan lagi kesalahan – kesalahan dari yang sebelumnya.

6. Memiliki terlalu banyak blog 


Untuk kita sebagai pemula, kalau ingin blog kita sukses dan jadi besar, hindarilah point yang ini.

Jujur saja, untuk memiliki banyak blog cukup blogger – blogger yang sudah berpengalaman dan profesional saja yang bisa mengelola banyak blog, yang bisa mengelola puluhan bahkan sampai ratusan blog.

Tapi khusus bagi kita yang masih baru atau masih pemula ini sangat tidak disarankan. Karena apa.?

Karena membuat atau memiliki terlalu banyak blog akan membuat kita menjadi tidak bisa fokus, satu blog saja kita kurang fokus apatah lagi dengan banyak blog, sudah pasti kita tidak bisa fokus. dan akhirnya timbul rasa malas.

baca juga Cara mengatasi rasa malas dalam ngeblog

Jadi lebih baik kita fokus pada satu atau dua blog saja, karena satu atau dua blog masih bisa kita kendali, tapi saya rasa ini juga cukup menguras sedikit fikiran kita. Terkecuali sobat sudah profesional, itu wajar – wajar saja sobat bisa mempunyai banyak blog.

7. Berambisi Supaya Bisa Cepat mendapatkan Uang 


Untuk yang point ini tidak bisa dipungkiri lagi, semua dari para blogger yang ngeblog karena bertujuan ingin mendapatkan uang.

Sebenarnya kalau kita fikir – fikir, mendapatkan uang dari blog apakah bisa dilakukan dalam waktu semalam.? Sudah jelas jawabannya tidak bisa.

Untuk bisa mendapatkan uang dari sebuah blog itu butuh waktu, bahkan sekarang banyak kita lihat, banyak dari blogger yang ngeluh bahwa blog mereka tidak bisa menghasilkan uang.

Apalagi untuk mendaftar ke Adsense itu butuh perjuangan, butuh kerja keras, usaha dan konsistensi.

Jadi sobat jangan mudah untuk berfikir dengan ngeblog satu atau dua hari blog sobat sudah bisa menghasilkan uang.

Itu salah besar, jadi untuk itu, sobat lupakan sejenak masalah untuk menghasilkan uang, lebih baik fokus dan konsisten terhadap blog sobat.

Setelah blog sobat sudah besar, sudah bterkenal, baru sobat keluarkan fikiran tentang blog sobat yang bisa menghasilkan uang.

8. Kurang Memanfaatkan mesin Google dengan maksimal 


Mesin Google adalah mesin yang sangat populer sekarang, mesin Google yang  bisa memberikan semua jenis dan bentuk dari semua informasi.

Jangankan cuma tentang masalah blog,semua informasi tentang apapun bisa kita temukan atau kita dapatkan dengan mudah di google.

Jadi manfaatkanlah mesin Google dengan baik untuk belajar ngeblog. Cari informasi yang benarn – benar kita pahami.

Kesimpulan


Jika sobat ingin menjadi blogger yang sukses dan mempunyai blog yang besar dan terkenal, seringlah mencari informasi seputar dunia blog.

Tapi ingat, jangan terlalu banyak informasi, itu akan membuat sobat tambah pusing saja, cari saja informasi yang benar – benar bisa sobat serap, dan bisa sobat terapkan dengan baik dan benar.

Hanya itulah yang bisa sampaikan kepada sobat, semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat, jika ada keslahan dalam penulisan kata atau huruf, saya mohon maaf, dan kalau boeleh tinggalkan komentar sobat, tentang dimana letak kesalahan saya.

Salam dari saya dan Terima Kkasih telah berkunjung. Baca juga cara sederhana Mengembangkan sebuah blog atau cara menulis artikel SEO menurut para blogger master

Postingan terkait:

  1. Saya Suka Artikelnya, Terima Kasih untuk infonya ya mbak RI TA...

    ReplyDelete
  2. Pelajaran untuk saya yang baru belajar ngeblog. Terima kasih ya kak.

    ReplyDelete
  3. Sama-sama,,..
    semangat dan selamat ngeblog..

    ReplyDelete

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.