5 Dasar Dari Mana Harus Memulai Blog

Mempunyai blog itu adalah hal yang menarik bagi kita yang suka berbagi informasi atau berbagi cerita terutama bagi saya yang mempunyai hobi ngeblog. Nah, kebanyakan dari kita ingin membuat sebuah blog tapi tidak tau harus memulainya dari mana.

5 Dasar Dari Mana Harus Memulai Blog


Nah untuk kali ini saya ingin berbagi darimana sobat harus memulai sebuah blog. Sebenarnya, untuk memulai dari sebuah blog tidaklah begitu sulit sebagaimana yang kita fikirkan. Akan tapi kebanyakan dari kita, kita sendiri yang membuat diri kita merasa kesulitan.

Nah untuk itu jika sobat ingin memulai ngeblog, yang harus sobat lakukan adalah pertama – tama sobat setidaknya sudah punya blog,Tapi saya yakin sobat sudah punya blog. Tapi kalau blom punya juga, sobat boleh kunjung Cara Membuat Blog Praktis Diblogspot. Sekarang mari kita simak ulasan berikut :

Dasar – dasar Darimana Harus Memulai Blog


1. Tentukan Tujuan Sobat Untuk Membuat Blog


Pasti sobat bertanya – tanya , kok bisa Menentukan Tujuan.? Sebenarnya apakah tujuan ngeblog itu penting? Ya itu Sangat penting. Karena apa, Jika kita memiliki sebuah blog dan kita tidak memiliki tujuan, maka sudah dipastikan blog kita nantinya tidak akan jelas arah tujuannya mau kemana,.

Dan kita juga tidak bisa menjadi konsisten dalam mengurus blog yang telah kita buat. Sebenarnya ngeblog itu butuh waktu bro, butuh tenaga, dan butuh pikiran juga. Jadi kalau bisa Jangan sampailah semuanya menjadi terbuang sia – sia karena satu hal, yaitu tidak memiliki tujuan.

2. Tentukan topik Pilihan


Nah, agar blog sobat tidak menjadi blog yang suram, untuk itu pilihlah topik yang benar – benar sobat sukai atau minati sesuai dengan hobi dan kemampuan sobat. Karena apa, karena jika sobat memilih topik yang tidak sobat sukai, maka sudah bisa dipastikan blog sobat tidak akan bisa bertahan lama. Apalagi bersaing di mesin pencarian google.

3. Pilih layanan blog yang sobat anggap paling gampang untuk di urus


Untuk layanan blog, sebenarnya banyak sekali layanan yang bisa atau dapat kita gunakan untuk ngeblo, seperti layanan Blogger.com, WordPress.com, Tumblr.com, dan lain sebagainnya.

Dan semuanya itu mempunyai kelebihan serta kekurangannya tersendiri. Tapi kalau menurut saya untuk sobat sebagai pemula lebih baik sobat pilih blogger.com saja. Kenapa harus blogger, kenapa tidak wordPress.? Karena blogger, Selain layanannya yang gratis, blogger.com sangat mudah untuk digunakan oleh seorang pemula. Seperti saya ini.

Jika sobat sudah mahir atau sudah bisa dibilang ahli, sobat tinggal pindah aja lagi ke wordPress.com

4. Mulai dengan menulis


Setelah sobat sudah memiliki sebuah blog maka yang harus atau yang paling penting adalah sobat harus mengisi blog sobat dengan tulisan tentang informasi atau tentang apalah sesuai dengan topik yang sudah sobat tentukan.

5. Mempercantik tampilan dari blog


Sebenarnya ini Hal yang tidak begitu penting untuk dilakukan oleh blogger pemula, tapi gak ada salahnya juga kalo sobat ingin melakukannya asalkan tidak terlalu berlebihan.

Sobat bisa saja mengganti template atau tampilan blog sobat kapanpun yang sobat inginkan dengan yang tampilan yang lebih bagus, atau memasang widget – widget pada blog sobat agar kelihatan semakin cantik dan menarik untuk dilihat.

Tapi sobat harus ingat!  Jangan terlalu berlebihan. Karena, kalau kita perhatikan, kebanyakan dari blogger pemula merasa ketagihan dengan gonta – ganti template blog atau tampilan, yang akhirnya banyak waktu yang sia – sia untuk hal yang lainnya.

Jujur saya dulunya juga seperti itu, sering gonta ganti template pada blog saya, senhingga saya lupa untuk menulis dalam blog. Pada akhirnya saya disarankan oleh teman saya supaya tidak terlalu sering untuk gonta – ganti template, tapi berfokus lah pada hal yang yang lain, seperti menulis, mencari ide, intinya yang bermanfaat.

Dari semenjak itu, saya tidak pernah lagi untuk gonta – ganti template, dan saya hanya berfokus untuk membuat konten yang sebaik mungkin.

Kesimpulan


Jika sobat ingin menjadi seorang blogger yang profesional, maka sobat tidak perlu membuang waktu sobat dengan hal – hal yang tidak penting. Lebih baik sobat fokus dengan hal yang bermanfaat. Dan seringlah mencari ide tentang tipik yang sudah sobat tentukan.

Hanya itu yang bisa sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat. Salam dari Blog Ciri Khas. Semoga sukses untuk teman semuanya. Terima kasih karena telah berkunjung di blog saya…

Baca juga Strategi Ampuh Untuk Blogger Pemula dan Langkah Pertama Dilakukan Pertama Ngeblog

Postingan terkait:

"5 Dasar Dari Mana Harus Memulai Blog "

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.