#3 Makanan Yang Sehat Buat Bayi

Sebagai untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sibayi, bayi sangat membutuhkan asupan yang sehat, baik berupa makanan maupun hanya susu yang diminumnya.

3 Makanan Yang Sehat Buat Bayi


Hal ini berlaku setelah bayi berumuran lebih kurang dari 6 bulan, di hitung dari sejak lahir hingga usia 6 bulan, ini sebaiknya orang tua harus memberikan asupan ASI ekslusif.

Selaku orangtua, Anda tentunya ingin memberikan yang paling terbaik untuk sang buah hati anda. Akan tetapi, karena kurangnya informasi yang anda dapatkan, asupan yang diberikan untuk si kecil dapat merusak kesehatan si kecil.

Sementara itu, pernahkah anda berfikir bahwa anda Sudah memberikan makanan bayi dan susu yang terbaik dan sehat untuk bayi Anda? Tentunya sudah ada, tapi belom seenuhnya.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan, ada beberapa makanan yang paling sehat untuk sibayi, tapi ada juga makanan yang kurang sehat untuk bayi apalagi untuk pertumbuhan dan perkembangan si bayi.

Ini ada beberapa makanan sehat dan terbukti mampu membantu pertumbuhan dan perkembanga bayi dengan baik dan sehat. Tapi sebelum itu saya ingin mengulas sedikit lagi tentang seperti apa makanan yang baik buat si bayi.

Makanan Bayi yang Alami


Nah , setelah bayi selesai asupan ASI eksklusif hingga bayi berusia 6 bulan, maka sibayi mulailah diberikan makanan tambahan. Ini tentunya makanan yang dibutuhkan haruslah makanan yang terbaik

Untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan si bayi, bayi membutuhkan banyak makanan yang penuh dengan kandungan Gizi yang tinggi.

Untuk itu makanan yang sehat untuk si bayi haruslah makanan yang Alami, Alami maksudnya adalah makanan yang bebas atau tidak mengandung zat pengawet, penyedap rasa, zat pewarna, dan lain – lain sebagainya.

Namun sekarang ini, dengan kesibukan akan hal – hal yang lain, makanan yang instant atau yang praktis selalu menjadi pilihan untuk makanan sibayi.

Ditambah dengan melihat iklan-iklan yang tampil dan menarik yang sering memberikan kesan makanan instant yang menyehatkan.

Nah, bagi orang tua, Agar anda tidak salah memberikan asupan untuk si kecil yang anda sayang, informasi tentang memberikan makanan yang sehat dan tepat untuk bayi kesayangan anda harus lebih banyak lagi.

Berikut ini ada beberapa makanan yang sehat buat sibayi, terutama untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan sibayi.

Makanan Yang Sehat Untuk Bayi


1. Buah-buahan


Untuk membantu pertumbuhan si bayi Buah – buahan sangat baik untuk bayi yang mulai  makan. Karena buah dapat dimakan secara langsung atau tanpa dimasak, sehingga gizi dan enzim yang terdapat didalam buah dapat diperoleh dengan utuh.

Sehingga gizi yang ada di dalam buah yang alami mudah diserap oleh tubuh, jadi sangat cocok untuk sibayi yang baru mulai makan untuk mencerna makanan yang pertama kalinya.

Nah adapun buah – buahan yang bagus dan sehat sibayi adalah seperti buah buah pisang, tomat, pepaya,  jeruk manis, dan masih banyak lain, tapi ada juga buah – buahan yang tidak boleh atau tidak baik buat si bayi, seperti buah sirsak, durian, nangka, cempedak, dan masih banyak lagi.

Buah Pisang sangat baik buat si bayi, karena buah pisang banyak mengandung kalori yang sangat membantu untuk pertumbuhan si bayi, kandungan yang terdapat dalam buah pisang seperti vitamin C, kalium, dan kalsium tentunya baik buat bayi.

Buah Pisang sangat disarankan sebagai makanan lumat Bayi diawal pemberian MPASI. Ini di karenakan tekstur buah yang lembut.

  • Pisang

Pisang juga memiliki kadar tepung yang tinggi, dibandingkan dengan buah semangka pisang jauh lebih baik buat si bayi, karena semangka banyak mengandung air dibanding tepungnya. Sementara Pisang juga mengandung mineral yang tinggi.

  • Tomat

Tomat atau sari dari tomat dan pepaya ini sangat baik buat bayi. Nah pada saat ingin memberikan sari tomat pada bayi, kulit dan biji tomat harus dipisahkan dahulu, ini karena keduanya itu tidak dapat dicerna oleh pencernaan bayi.

Tomat dan pepaya ini sangat baik untuk bayi karena karena banyak terdapat kandungan vitamin A yang ada di dalamnya. Jadi Vitamin ini berfungsi untuk  meningkatkan daya tahan tubuh pada bayi juga untuk kesehatan mata pada bayi.

  • Buah Jeruk

Buah jeruk, air dari jeruk sangat baik buat bayi, karena banyak mengandung Vitamin C yang berfungsi untuk memperbaiki lapisan – lapisan yang ada dalam pembuluh darah, termasuk lapisan mulut.

Juga baik untuk pertumbuhan , penyembuhan luka, pertumbuhan tulang dan gigi bayi.


Air jeruk, sangat baik diberikan karena banyak mengandung vitamin C yang berfungsi memperbaiki lapisan-lapisan dalam pembuluh darah, termasuk lapisan mulut. Juga untuk pertumbuhan, perbaikan jaringan tubuh, penyembuhan luka, pertumbuhan tulang dan gigi bayi.

2. Bubur bayi


Bubur bayi, ini Anda dapat membuatnya sendiri. Setelah bayi berusia 6 bulan, bayi Anda akan mulai belajar untuk makan. Nah pada saat ini, berilah bayi anda makanan yang alami, seperti makanan yang penuh karbohidrat dan Protein.

Makanan yang ingin diberikan kepada bayi ini tidak perlu ditambahkan dengan bumbu yang lain atau garam, gula, apalagi penyedap atau pewarna sintetis karena ini tidak baik buat buah hati anda.

3. ASI


Sebagai untuk penyempurnaan bayi anda, bayi sangat membutuhkan asupan susu yang merupakan minuman yang wajib bagi bayi. Nah, susu yang paling terbaik untuk bayi itu adalah ASI atau ( Air Susu Ibu ), karena ASI adalah merupakan susu yang benar – benar atau sangat alami.

Jika dibandingkan dengan susu formula atau susu yang sudah di kemas yang pernah anda lihat di iklan – iklan atau di tempat lainnya yang kelihatannya dapat memenuhi kebutuhan si kecil yang imut, ternyata setalah ada perbandingan ASI jauh lebih baik buat si kecil.

Ini pada awalnya untuk penggunaan susu formula, ini hanya diberikan kepada bayi yang ibunya meninggal saat melahirkan atau dengan hal yang lainnya.

Nah, tentunya bayi-bayi tersebut tidak bisa mendapatkan susu dari ibunya lagi. Jadi susu formula inilah jadi pengganti ASI buat si bayi.

Akan tetapi sekarang ini, susu formula banyak diberikan sebagai asupan utama untuk bayi, sedangkan dalam aturan penggunaannya, susu formula ini harus diperlakukan seperti obat.

Yang artinya, harus dengan resep dokter, karena ada aturan pakai, dan durasi penggunaannya.

Dalam hal ini penggunaan susu formula dapat menimbulkan efek samping, layaknya seperti penggunaan obat.

Nah, efek samping yang umum atau yang sering terjadi adalah diare akibat susu formula yang tidak cocok buat sibayi.

Nah setelah ada perbandinga yang telah dilakukan oleh beberap dokter, Susu formula yang mengklaim paling baik atau semahal apapun, tidak ada yang bisa menandingi dengan kandungan gizi yang terdapat pada ASI.

Karena ASI terdapat banyak zat gizi yang sangat lengkap dan tentunya dapat menyesuaikan sesuai kebutuhan bayi. Maka dari itu, upayakan untuk seorang Ibu memberikan ASI pada buah hatinya.

ASI secara ekslusif, tanpa makanan dan minuman apapun atau yang lainnya, bisa diberikan pada bayi hingga berusia 6 bulan, bahkan ASI bisa diberikan hingga bayi  berusia 2 tahun. Jadi utamakan ASI sebagai susu untuk buah hati Anda.

Itulah makanan Yang sehat buat bayi, semga informasi ini bermanfaat buat anda, sekian dan salam semuanya. Jangan lupa untuk berbagi dengan yang lainnya.

Simak juga Bahaya Bagi Anak Yang Sering Bermain Gadget atau Cara Menghilangkan Rasa Takut Pada Anak Usai Menghadapi Bencana

Ingin Berlangganan Artikel??:

Post a Comment

Tingalkan komentar Anda tentang artikel ini..