Rahasia Judul Postingan Menarik Pembaca

Rahasia Judul Postingan Menarik Pembaca
Sebenarnya, menetukan judul sangatlah penting dalam sebuah artikel, kenapa saya berkata begitu, ketika kita membaca suatu artikel, yang paling pertama kali kita lihat adalah pasti judulnya

 Nah kalau seandainya suatu artikel itu punya kualitas yang sangat baik, tetapi dengan judul yang tidak menarik minat para pembaca, sebuah artikel yang berkualitas itu kurang menarik perhatian para pengunjung.

Nah seperti yang sekarang ini, Apa yang pertama kali barusan sobat lihat sebelum mulai membaca artikel ini?

Pasti judulnya kan. Karena kita tahu Tidak ada orang yang membaca isi artikel tanpa membaca judulnya.

Tapi banyak pula orang yang hanya membaca judul tanpa melanjutkan ke isinya. karena judulnya kurang mempunyai daya tarik. Sehingga Pembac tidak mau membuka isi laman dari artikel yang kita buat.

Jadi untuk itu judul itu penting untuk sebuah artikel, karena judul itu sangat berperan untuk mengundang minat pembaca. Akan tetapi sesuaikan juga judul dengan isi dan informasi yang di sampaikan dalam suatu artikel.


Sekarang Coba teman – teman Bayangkan, Teman – teman sudah membuat sebuah artikel dalam waktu yang berjam-jam atau bahkan berhari-hari.

Kemudian judulnya teman – teman buat secara asal-asalan atau dengan biasa saja, ini akan mempengaruhi artikel yang teman – teman buat.

Sehingga artikel yang teman – teman buat jadi kurang minat orang yang ingin membacanya, ini tentu saja secara pribadi kita merasa Rugi.

Karena dengan jerih payah kita membuat suatu artikel, dan pada akhirnya hanya sedikit yang mau membacanya karena di pengaruhi oleh judul yang kurang menarik, atau kurang mempunyai daya tarik untuk minat pembaca.

Nah, Untuk mencegah hal yang sedemikian, kali ini saya akan memberikan sedikit tips Rahasia Judul Postingan Menarik Pembaca dan bagaimana cara teman –teman  membuat judul yang mampu mengundang orang lain agar tertarik untuk membaca artikel teman – teman.

Terkadang banyak dari teman –teman kita berkata " inikan Judul, kenapa sih dibikin ribet ".

Nah sebenarnya perkataan ini sebenarnya salah, memang kalau kita berpikir hanya sepintas lalu kita akan berkata seperti itu.

Tapi itu adalah kesalahan besar teman – teman. OK Sekarang akan saya perjelaskan.

Di dunia internet, itu setiap harinya ada ratusan, ribuan, bahkan jutaan artikel yang update setiap hari.

Nah, kita anggaplah seperti ini, satu orang setiap harinya mendapatkan link lebih dari lima link bahkan bisa sampai puluhan link artikel dari teman-teman mereka.

Akan tetapi,  setiap link yang mereka terima apakah mereka baca.?

Dan saya yakin, semuanya itu tidak akan mereka baca. Dan lagian, kalau kita fikir – fikir Mana ada orang yang sanggup baca artikel sebanyak puluhan link yang mereka terima.

Palingan Cuma 3-4 itu pun kalau ada, Jangan-jangan hanya Cuma di like kalau di FB, namun untuk membaca itu sulit.

Terus bagaimana mereka tahu kalau artikel yang kita buat itu menarik atau tidak menariknya? Nah ini lah yang saya maksudkan, yaitu dengan Memperhatikan JUDUL.

Kalau teman – teman membuat judulnya asal – asalan, kekuatan dari sebuah artikel yang mampu menarik perhatian jadi tidak berdaya.

Jadi seharusnya, untuk menentukan judul suatu artikel itu bukan asal–asalan tebak. akan tetapi ada unsur-unsur yang harus kita pelajari dan kita pahami untuk membuat sebuah judul yang baik dan mampu mengundang ketertarikan terhadap pembaca.

Maka dari itu, Buatlah Judul yang Bisa Membuat hati Pembaca Jadi Penasaran.

Bukan Cuma hanya menarik atau memancing memereka, akan tetapi melainkan judul yang mampu mengikat dan membuat hati mereka jadi penasan agar mereka mau membaca artikel yang kita buat dan merasa puas dengan informasi yang mereka dapatkan.


untuk itu, ini ada beberapa unsur – unsur yang saya bicarakan di atas. karena suatu artikel yang menarik itu bisa di pengaruhi oleh unsur-unsur yang seperti ini :


1.   Kesalahan Dalam menulis Topik dengan Judul


Sebenarnya ada banyak dari kita tidak mengerti apa itu topik dan apa itu Judul.

Sehingga dalam menulis suatu artikel, topik dengan judul sering kita jadikan satu.

Jadi, sebenarnya apa sih yang membedakan TOPIK dengan JUDUL?

  • Topik

Topik adalah intisari dari sebuah artikel atau pokok pikiran yang menjadi pembahasan di dalam sebuah artikel.

Jadi untuk memilih topik, topik harus berada di sekitar kita, baik itu di sekitar pengalaman maupun disekitar pengetahuan.

Saya rasa teman-teman sudah mengerti apa itu topik.

  • Judul
Judul adalah kalimat yang dijadikan headline atau kepala tulisan agar lebih menarik dan membuat pembaca merasa penasaran dengan isi artikel.

Untuk memilih judul, judul Harus yang relevan.

Judul harus Harus provokatif, yaitu harus menarik dengan sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa ingin tahu dari informasi yang kita berikan.

Nah, dari penjelasan antara Topik dengan Judul, dari situ kita bisa mengambil kesimpulan bahwa pentingnya sebuah Judul untuk menarik perhatian pembaca.

Jadi judul yang baik itu akan memberikan dampak atau kesan yang baik terhadap artikel kita.

Bahwa artikel kepunyaan kita berbeda dari artikel kepunyaan orang lain walaupun dalam topik yang sama.

Karena sebuah Judul akan membuat artikel Kita mempunyai nilai diantara artikel yang lain.

Jadi sebaiknya, untuk membuat judul, kita sebaiknya langsung menjelaskan manfaat inti dari artikel yang akan mereka dapatkan setelah membacanya. Dengan demikian, para pengunjung akan tertarik untuk membacanya.

Sebagai contoh, coba kita perhatikan contoh membuat judul di bawah ini :

Contoh judul   I  : Cara Membuat judul yang Menarik

Contoh Judul  II : Cara  Membuat Judul Yang Menarik Pembaca

Dari kedua contoh tersebut, mana yang lebih membuat teman – teman menjadi teertarik untuk membacanya.?

Saya yakin tentunya teman – teman lebih memilih contoh judul yang kedua.

Kenapa teman – teman memilih yang kedua.? Karena yang kedua itu lebih memberikan informasi yang akurat. Smentara yang pertama kurang memberikan informasi yang akurat.

2.   Buatlah Judul Paling Tidak Lebih dari 3 judul untuk mengeluarkan kreativitas

Proses pembuatan judul itu biasanya bergantung pada kreative dari diri kita sendiri. 

Karena Semakin kreatif kita maka semakin bagus. Aan tetapi, kreative itu hanya bisa muncul ketika kita sudah memiliki banyak pengalaman dari sesuatu yang kita telah kita jalani. 

Hampir tidak ada orang yang bisa menciptakan sesuatu yang bagus dalam sekali percobaan.Karena itu, buatlah banyak judul sekaligus.

Karena dengan membuat banyak judul, ini setidaknya akan membantu kita untuk meningkatkan kreativitas kita.
Catatan : Ini bukan hanya untuk judul artikel saja, tapi untuk semuanya, baik itu judul
                Video, karya Ilmiah, dan Sebagainya, ini bisa anda terapkan.

Nah itu lah Cara Membuat Judul Menarik Minat Pembaca, Mungkin Teman – teman ada yang ingin menambah.? Kalau ada jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di bawah. Sekian dan terimakasih karena telah berkunjung di blog saya yang sederhana ini..


Jangan lupa untu d share yach,…

Postingan terkait:

"Rahasia Judul Postingan Menarik Pembaca"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.