Cara Riset Keyword Bagi Blogger Pemula


Hai sobat…..kali ini blog Ciri Khas akan berbagi informasi kepada sobat tentang bagaimana Cara Riserd Keyword Bagi Blogger Pemula.

Nah, Untuk memilih keyword atau kata kunci buat para blogger, ini adalah hal yang sangat penting. Karena ini bisa mempengaruhi jumlah pengunjung di blog kita.


Cara Riset Keyword Bagi Blogger Pemula




Jika agan salah untuk memilih keyword atau kata kunci, sobat ku yang tercinta jangan merasa heran kalau blog agan sepi, tidak ada pengunjung, dan kalau udah sepi timbul deh rasa malas sobat untuk ngeblog, hehehe..

Tapi saya yakin, ketika agan sudah membaca artikel ini agan pasti gak malas lagi untuk ngeblog, sehingga bisa membuat blog agan jadi ramai pengunjung. Sekarang mari kita beralih ketopik pembicaraan.

Riserd keyword itu sebenarnya apa sih.?


Riset keyword atau bisa di bilang mencari kata kunci adalah salah satu bagian dalam SEO untuk mengoptimalkan mesin pencarian google.


Nah untuk kita yang ingin blognya ramai pengunjung setiap harinya, kita harus melakukan yang nama nya riset keyword.

Boleh sih kita tidak membuat riset keyword, tapi nanti hasilnya kurang memuaskan, karena pencarian di mesin pencari tidak maksimal. Baca juga Cara Meningkatkan Trafic Pembaca Di Blog

Jadi Riset Keyword atau kata kunci pada dasarnya adalah kata yang sering di ketik orang pada mesin pencari.

Contoh :

Kita akan mencari informasi tentang “ Olah Raga “ tentu kita akan mengetikan kata kunci ini di mesin pencari google, atau yang lainnya.

Jadi jika agan ingin mencari kata kunci untuk blog agan tentukan dulu kata kunci apa yang harus agan gunakan. Baca juga Langkah Pertama Yang Harus Dilakukan Pertama Ngeblog

Contoh nya seperti ini :

Jika blog agan membahas tentang “ Olah Raga”, maka kata kunci apa yang sering orang gunakan di mesin pencari google.

Sebagai contoh, setidak nya orang akan mengetikan “ cara olah raga yang baik” atau “ cara olah raga yang teratur” atau “ Jenis – jenis olah raga”, dan masih banyak yang lain.

Sekarang agan pasti sudah ngertikan.? Saya yakin agan – agan pasti sudah pada mengerti.

Mengenal macam – macam jenis keyword


Sebelum agan membaca artikel ini lanjut, ada lebih baiknya agan kenali dulu macam – macam jens keyword yang ada dalam dunia SEO.

Didalam dunia SEO, ada beberapa macam jenis keyword yang perlu kita ketahui.

Macam – macam jenis keyword tersebut antara lain :

•    Short Tail Keyword
•    Long Tail Keyword
•    Keyword Musiman
•    Keyword Abadi

Diantara jenis keyword yang ada diatas. sebenar nya masih banyak lagi terdapat macam – macam jens keyword, namun yang paling penting untuk di ketahui itu yang empat ini saja.

Berikut ini penjelsan yang lengkapnya tentang keempat jenis keyword tersebut.

1.  Short Tail Keyword 

Short Tail Keyword  adalah merupakan kata kunci yang di gunakan didalam blog yang hanya terdiri dari satu atau dua kata.

Contoh :

•    Laptop
•    Smarphone
•    Laptop terbaru
•    Smarphone termurah
•    Dan lain sebagainya.

Jenis keyword atau kata kunci yang seperti ini, biasanya mempunyai persaingan yang sangat tinggi di mesin pencari google atau yang lainnya. Sehingaga sangat sulit untuk bersaing dengan keyword atau kata kunci ini, terkecuali agan empunya SEO. Hehehe..

2.  Long Tail Keyword

Long Tail Keyword adalah merupakan jenis kata kunci yang mempunya bentuk kata kunci yang panjang yang terdiri lebih dari 3 kata.

Contoh :

•    Daftar Harga laptop acer terbaru
•    Daftar harga smharpone samsung terbaru
•    dan lain – lainnya.

3.  Keyword Musiman

Keyword musiman adalah kata kunci yang ngetrennya hanya sebentar, kata kunci ini hanya di gunakan pada saat musiman saja.

Contoh :

•    Hasil pertandingan sepak bola liga inggris
•    Dan lain sebagainya.

4.  Keyword Abadi

Keyword  Abadi adalah kata kunci yang bersifat abadi, yang dimaksud abadi adalah kata kuncin yang tidak pernah habis – habisnya di cari oleh pengunjung. Nah kata kunci ini kebalikan dari kata kunci Musiman.

Contohnya :

•    Cara memperbaiki laptop hank
•    Cara memperbaiki smarphone matot
•    Cara menghilangkan ketombe
•    Cara menghilangkan bau badan
•    Dll

Nah, tanpa saya jelaskan panjang lebar, saya yakin  sobat sudah pada ngertilah antara keyword musiman dengan keyword abadi. Iya kan.?  Tapi yang jadi pertanyaan nya, bagai mana sih cara riset keyword nya.?

Cara Rised Keyword


Baiklah sekararang saya akan meberikan sedikit panduan tentang bagaimana cara tentang riset keyword dengan memanfaatkan dua tools yang gratis ini yaitu Google Awords : Keyword Palnner dan Ubersuggest. Dua tools ini banyak para blogger bahkan master blogger banyak menggunakan dua tools ini.

Fungsi dari kedua tools ini adalah untuk menentukan keyword yang kita targetkan dan menentukan jumlah persaingan dari keyword yang kita bidik. Untuk itu Mari kita simak baik – baik cara riset keyword yang ingin agan cari.

Pertama tentukan dulu keyword yang ingin agan bahas, contoh nya agan ingin membahas tentang Komputer, maka langkah selanjutnya agan buka Ubersuggest di browser agan. Dengan cara :

1. klick http://ubersuggest.org.

2. Masukan kata kunci agan yang telah agan bidik Misalnya “ Komputer” masukan kata kunci komputer.

Cara Riset Keyword Bagi Blogger Pemula


•    Masukan kata kunci aga contohnya “ Komputer”
•    Masukan bahasa yang di gunakan.
•    Klick suggest


3. Setelah itu keyword yang kita sugest tadi akan muncul didaftar Keyword yang kita bidik tadi. Lihat Gambar dibawah .
Cara Riset Keyword Bagi Blogger Pemula

4. Nah karena Keyword yang muncul hanya terdiri dari satu atau dua kata saja, agan boleh arah cursor mouse agan dan klik pada keyword yang ada untuk melihat turunan dari kata kunci yang agan masukan tadi.contohnya, saya memilih keyword tentang " Komputer Rakitan" maka saya akan klik komputer rakitan, lihat gambar.

Cara Riset Keyword Bagi Blogger Pemula

5. setelah itu agan ambil kata kunci dengan cara klick kata kunci yang agan inginkan, kemudian klick Expand this keyword, akan mucul kata kunci turunan yang lain, lihat gambar.

Cara Riset Keyword Bagi Blogger Pemula

6. klic View As text untuk mengcopy kata kunci yang ada.


Cara Riset Keyword Bagi Blogger Pemula

7. copy semua keyword yang ada, kemudian simapan dalam text documen di komputer agan dalam bentuk file. Txt.

Kemudian setelah itu baru kita analisa tingkat pencarian di mesin pencari dari keyword atau kata kunci yang kita cari tadi.
Caranya :

1.  Masuk ke https://adwords.google.co.id/KeywordPlanner
2.  Upload file yang agan simpan tadi.
3.  Klick “ Get Search Volume ”
4.  Klik Download
5.  Pilih Format File Excel CSV kemudian klik download.
6.  Buka file yang telah agan download tadi, setelah agan pilih mana keyword yang cocok untuk agan, buat keyword di blog agan.

Sekian dari tentang Cara Rised Keyword Bagi Blogger Pemula, Hanya itulah yang bisa saya sampaikan kepada agan – agan, apabila ada kekurangan saya mohon maaf yach, oh iya jangan lupa baca juga Cara Menulis Postingan Yang Berkualitas

Happy Blogging….

Postingan terkait:

"Cara Riset Keyword Bagi Blogger Pemula"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional. Terimakasih Atas Kunjungannya.