13 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh

Buah Apel adalah buah dengan rasa serta tekstur yang unik, Merupakan salah satu buah yang dikenal dalam dunia kecantikan karena khasiat dan manfaatnya.

Buah Apel adalah buah dengan kadungan serat tinggi dan mengandung lemak dalam jumlah kecil.

13 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh


Buah apel merupakan buah yang sudah sangat familiar di Masyarakat, buah ini gampang sekali untuk ditemui.

Tapi, Tahukah sobat jika buah apel memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Apa lagi bagi sobat yang ingin diet, buah apel ini sangat cocok untuk di konsumsi untuk membantu agar diet sobat berjalan dengan lancar.

Pada kesempatan kali ini Saya akan berbagi informasi tentang mengenai Manfaat Buah Apel utnuk Kesehatan Tubuh.

Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh


1.    Membantu kerja usus halus


Pencernaan tidak pernah lepas dari kerja usus halus sebagai untuk memeroses makanan dan mengambil nutrisinya.

Nah guna untuk membantu kerja usus halus kita bisa mengkonsumsi apel secara teratur, ini dapat mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan yang terjadi pada usus halus.

2.    Mengurangi resiko gangguan pernapasan


    Sebuah penelitian baru – baru ini  menunjukkan  bahwa anak yang mengkonsumsi jus apel secara rutin dapat mengurangi resiko penyakit pernapasan.

Selain itu wanita hamil yang dengan rutin dan teratur mengkonsumsi jus apel juga efektif menekan gangguan pada pernafasan anak dalam kandungannya.

3.    Untuk Kesehatan Rongga Mulut Dan Gigi


Buah apel juga memiliki fungsi untuk kesehatan mulut dan gigi, mengkonsumsi apel dengan langsung mengunyahnya akan merangsang produksi air liur untuk membersihkan rongga mulut.

Selain itu zat tanin yang terkandung pada apel, membersihkan plak yang merusak gigi dan gusi.

4.    Memberi Perlindungan Pada Tulang


Kandunga flavonoid (phloridzin) pada Apel merupakan manfaat  yang dapat mengurangi masalah osteoporosis pada wanita pasca monopouse.

Kandungan Boron pada buah apel berfungsi memperkuat tulang pada tubuh agar tidak mudah keropos. Ini juga sangat baik untuk menceggah timbulnya gejala penyakit rematik.

5.    Dapat Mengontrol Gula Darah


    Galacturonic acid disuplai buah apel dapat menurunkan kinerja tubuh dalam melepaskan hormon insulin.

Nah untuk itu, buah apel baik dikonsumsi bagi orang-orang yang mempunyai penyakit diabetes agar tidak bertambah dan menjadi lebih seerius.

6.    Dapat Mencegah dan Mengobati Kanker


Manfaat dari buah buah apel ini juga, buah apel ini terdapat senyawa triterpenoids pada kulit apel, ini pernah di teliti dalam sebuah penelitian Cornell University, buah apel diketahui mampu menghambat sel kanker yang menimbulkan gejala kanker payudara, lever dan gejala kanker usus besar.

Selain itu, apel memiliki sejumlah zat yang dapat membantu mengurangi risiko kanker, termasuk aktivitas antimutagenik, aktivitas antioksidan, mekanisme anti-inflamasi, antiproliferatif dan proses apoptosis-inducing yang diterbitkan pada jurnal Planta Medica.

7.    Untuk Kesehatan Otak


Buah Apel telah terbukti dapat digunakan untuk melindungi sel-sel neuron yang dapat mencegah stres oksidatif yang disebabkan neurotoksisitas dan memainkan peran penting dalam mengurangi risiko gangguan neurodegenerative, seperti penyakit Alzheimer.

8.    Dapat Menurunkan Kolesterol


    Bagi sobat yang gemuk atau telah memiliki LDL yang tinggi, sebaikanya sobat  mengkonsumsi buah apel.

Karena Serat larut yang ditemukan dalam buah apel dapat mengikat lemak dalam usus, ini fungsinya untuk menurunkan kadar kolesterol yang ada pada tubuh kita.

9.    Dapat Membantu pencernaan


Apel merupakan buah yang kaya akan serat dan berbagai vitamin dan mineral yang mudah di cerna oleh tubuh, untuk itu, apel adalah salah satu jenis buah yang sangat sehat untuk pencernaan.

10.    Dapat Menyehatkan Jantung


Sebuah penelitian ekstensif telah menghubungkan asupan serat larut dengan penumpukan plak kolesterol di arteri.

Fenolik, senyawa yang ditemukan dalam kulit apel juga mencegah kolesterol yang masuk ke sistem dan memperkuat dinding arteri.

Ketika plak terbentuk di dalam arteri maka ia akan mengurangi aliran darah ke jantung, yang mengarah ke penyakit jantung koroner.

Plak ini dapat dibersihkan dengan bantuan serat larut yang ada pada apel.

11.    Mencegah Batu Empedu


Batu empedu terbentuk ketika ada terlalu banyak kolesterol dalam empedu sehingga ia cenderung mengeras.

Efek jangka pendeknya adalah sangat memungkinkan anda akan obesitas. Untuk mencegah batu empedu, dokter menyarankan diet tinggi serat untuk membantu anda mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

Buah Apel adalah sebagai salah satu buah super yang memiliki kandungan serat tinggi yang sangat baik untuk kesehatan.

12.    Mengatasi Diare dan Sembelit


Apakah Anda tidak bisa pergi ke kamar mandi “sulit bab” atau tidak bisa berhenti “diare” ? Didalam buah apel, ini terdapat Serat yang dapat membantu mengatasi kedua masalah tersebut.

Karena Serat ini juga dapat menyerap kelebihan air dari kotoran yang artinya dapat membantu anda dalam proses diare.

Baca juga Manfaat Dan Bahaya Mengkonsumsi Buah Belimbing

13.    Meningkatkan Sistem kekebalan tubuh manusia


Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Penelitian terbaru telah menemukan bahwa quercetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama ketika pikiran sedang stres.

Baca juga Manfaat dari buah Anggur dan Manfaat Dari Mengkonsumsi Air Putih

Nah sebagai penutup, saya rasa masih banyak lagi manfaat dan kegunaan dari buah apel, tapi Saya rasa hanya itulah yang bisa saya sampaikan pada teman – teman informasi tentang Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh, kalau sobat ada yang ingin menambah, silahkan tinggal kan komentar teman – teman.

sekian dari saya. Terima kasih karena sudah berkunjung Di Blog Ciri Khas, …. Jangan lupa di share yach teman – teman …

Postingan terkait:

"13 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

Informasi yang Terdapat Pada web ini hanya Bersifat informasi saja, tidak untuk menggantikan pendapat Ahli, Dokter, ataupun Profesional.

Silahkan beri komentar Anda Tentang artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi artikel, Terimakasih Atas Kunjungannya.